Selasa, 09 Oktober 2012

PSALMEN 19:7-14 &MARKUS 9:38-50


BAHAN SERMON JAMITA HKBP Pardomuan
PSALMEN 19:7-14
„Sun Denggan do Patik ni Tuhan i jala tau pasabam roha“


Patujolo:
Patik/HukumTaurat(Ibr“Thora”,Yun:nomos)lapatanna hukum,pengajaran,menunjukk an, memerintah. Dibagasan patik do tarida songon dia do hadirion dohot lomo niroha ni Debata mida angka jolma i, mansai bagas do na hinangham ni Patik ni Jahaowa. Hukum Taurat adalah suatu  petunjuk atas pengajaran hidup yang merupakan tuntutan Allah kepada manusia. Hukum Taurat adalah dasar kehidupan yang melindungi manusia. Hukum Taurat adalah sarana Allah untuk menyatakan dirinya kepada manusia atau umat Israel yang pertama. Hukum Taurat berisikan perintah dan larangan. Hukum Taurat memiliki sifat-sifat yang baik. Hukum Taurat bukanlah sebagai perantara Tuhan dengan manusia melainkan Yesuslah yang merupakan perantaraan tersebut
Pokok-pokok jamita:
1.      Puji ma Debata marhite angka na tinompaNa sude, ai marhite na tinompa ni Debata boi do idaon ni jolma hagogoon dohot huaso ni Debata.
2.      Fungsi/Lapatan ni patik ni Debata secara universal:Na sun denggan do patik ni Jahowa, didok marhite turpuk on adong onom lapatan ni patik ni Debata
a.       Pasabam roha : Taurat Tuhan itu Sempurna (Perfectio)-Menyegarkan Jiwa
b.      Mangalehon habisuhon:Peraturah Tuhan itu Teguh-Memberikan hikmat
c.       Mangalehon lasniroha :Titah TUHAN itu Tepat-Menyukakan hati, ai halak na mangahangoluhon patik ni Debata i ma halak na mian dibagasan Ibana, na denggan do Patik ni Debata jala nasa jolma na manghangoluhonsa dapota lasniroha
d.      Patiurhon parnidaan (penuntun hidup): Perintah TUHAN itu Murni-Membuat mata bercahaya, hata ni Tuhan i do na gabe sulusulu jala hatiuron asa margogo jolma i mardalan dibagasan dalan na tingkos, di dalan hangoluan i.
e.       Ngolu na marhabadiaon: Takut akan Tuhan itu Suci-Keabadian, hot do hata ni Debata, i do hadirion ni Debata jala laos i do dipangido Debata sian angka na porsea di ibana asa tongtong marhabiaran tu Ibana.Paulus mandok „Na huapoi ma hamu, ale angka dongan, marhitehite asi ni roha ni Debata: Pasahat hamu ma dagingmuna bahen pelean na mangolu, na badia, na hinalomohon ni Debata; i ma hadaulaton ni na marroha. Jala unang gabe sarombang hamu dohot portibi on; alai gabe imbaru ma hamu, dung muba pingkiranmuna, asa tau hamu manimbangi lomo ni roha ni Debata, i ma na uli, na hinalashonna dohot na sun denggan. (Rom 12:1-2)
f.       Mangalehon hasintongan dohot hatigoran: Hukum TUHAN itu Benar-Keadilan. Debata na sintong jala na tigor do Debata, jala tusi do hita tarjou laho mangulahon hasintongan dohot hatigoran. Filipi  4:8 ‚Angkup ni i, ale angka dongan, pingkiri hamu ma nasa parange na sintong, na daulat, na tigor, na bontor, na uli, na denggan begeon ro di sude na targoar haburjuon, na tau pujipujian!
Dihatindahon par Psalmen i do marhite turpuk on hinaarga ni patik ni Debata umarga sian mas, sian sere, jala tumonggi sian situak ni loba dohot tanggule.
3.      Fungsi/Lapatan ni patik ni Debata secara personal :
-          Gabe siparorot laho manjamothon ngolu ni jolma sian angka ulaon na maralo tu Debata
-          Gabe  dalan pasupasu/ bisa membawa orang mendapatkan upah (ganjaran) yang diinginkan.
-          Mangaradoti patik ni Debata gabe dalan laho mananda diri (batiniah)
-          Ala ni ma laho manghangoluhon patik ni Tuhan i ringkot mangido gogo sian Debata
4.      Sipahusorhusoron
a.       Boha do hita mangantusi tuntutan ni na mangulahon patik, hombar tu pandohan ni Tuhasn Jesus, ia patik manghamham haholongan tu Debata nang tu dongan jolma
b.      Siparorot do patik i dihit, i do ojahan etis dohot praktis, ai halak na mangaradoti patik gabe  mananda hahuraanganna, ulaon na ingkon siradotan, dohot sijamothonon, i ma angka na patut-na so patut, angka na hasea-na so denggan. Suang songon i do nang ringkot ni na mangulahon kewajiban moral maradophon dongan jolma.
c.       Ndang tujuan mananang dalan laho mandapot haluaon be patik i di halakn na porsea, alai patik i cara (etika) laho mangulahon holong ni roha songon hataridaan, respon holong ni roha ni Tuhan i.


BAHAN SERMON JAMITA PARTANGIANGAN
MARKUS 9:38-50


1.       Bahan khotbah partangiangan minggu yang lalu menekankan tentang:Tindakan rendah hati dengan menerima seorang anak kecil di dalam nama Kristus merupakan tindakan yang benar-benar agung. Kerelaan untuk mengambil kedudukan yang rendah sebagai pelayan inilah, bahkan melayani seorang anak kecil, merupakan tanda kebesaran yang sejati; sebab melakukan hal itu berarti melayani Kristus dan, melalui Dia, melayani Bapa. Termasuk di dalamnya ialah merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil (Mat 18:4*)
2.       Ay 38: Mungkin keinginan untuk mengubah pokok pembicaraan telah membuat Yohanes berbicara. Rupanya keterangan Yesus mengenai hal-hal yang dilakukan atas nama-Nya mengingatkan Yohanes tentang seorang pengusir setan yang pernah mereka lihat juga mempergunakan nama Yesus. Kami cegah orang itu. Mereka terus melarang pembuat mukjizat tak dikenal ini (bentuk waktu imperfect). Alasan mereka, ia bukan pengikut kita, menunjukkan suatu sikap yang pada dasarnya mementingkan diri sendiri, ketidaksediaan untuk menerima orang lain yang tidak termasuk kelompok mereka (sikap sektarianisme)
3.       Ay 39-40 Jangan kamu cegah dia. Secara harfiah, Berhentilah melarang dia. Yesus tidak mau bercekcok mengenai hal-hal kecil. Apabila orang itu mempergunakan nama Kristus dalam usaha yang sungguh-sungguh untuk menolong orang lain, maka dia tidak boleh dicegah. Suatu semangat terbuka yang seharusnya merupakan ciri khas umat Allah ditunjukkan di sini. Pertimbangan Tuhan kita ada dua. Pertama, orang semacam itu tidak akan mungkin segera berbalik menentang Kristus sesudah mengadakan mukjizat dalam nama-Nya. Alasan yang kedua ialah karena orang itu tidak melawan Kristus dan murid-murid-Nya, maka sampai tingkat tertentu dia ada di pihak mereka.
4.       Ay 41 Ayat ini menekankan lebih lanjut sikap terbuka (inklusif) yang ditunjukkan dalam Mrk 9:39,40*. Tidak seorang pun yang berusaha melayani Tuhan, tak peduli betapa remehnya pelayanan itu, akan disingkirkan oleh Kristus. Pentingnya prinsip ini tampak di dalam penggunaan kata sesungguhnya (amen), dan dalam ungkapan negatif ganda yang kuat yang dapat diterjemahkan,… tidak akan kehilangan upahnya.
5.       Ay 42 Pikiran yang terdapat di dalam ayat ini berkaitan dengan pikiran dalam Mrk 9:37* oleh istilah anak-anak kecil. Demikian pula, ayat Mrk 9:42-48* berkaitan karena berpusat di sekitar pengertian tentang berbagai penyesatan. Mungkin tindakan para murid menegur si pengusir setan yang tak dikenal itu (ay. Mrk 9:38*) telah menyinggung Kristus. Hal ini dapat menerangkan Kristus berbicara tentang penyesatan di sini. Iman si pengusir setan yang belum berkembang harus dikembangkan lebih lanjut dan bukan dihalangi. Kritikan tajam terhadap ketidakdewasaan rohani hanya akan membuat seseorang makin menjauh dari Tuhan. Menyesatkan. Istilah Yunani skandalizo- berarti menaruh sebuah perangkap atau jerat di jalan yang akan dilalui seseorang, sehingga membuat orang itu tersandung. Anak-anak kecil dapat dipahami secara harfiah sebagai mengacu kepada anak-anak kecil yang percaya, atau bisa mengacu kepada orang-orang yang kecil imannya atau yang kerohaniannya belum berkembang. Mungkin yang terakhir itulah yang dimaksudkan Kristus. Batu kilangan adalah batu besar datar yang diputar oleh seekor keledai dalam penggilingan gandum.
6.       Ay 43: Yesus beralih dari soal menyesatkan orang lain kepada soal menyesatkan diri sendiri. Mungkin saja seseorang menempatkan batu sandungan di jalan yang akan dilewatinya sendiri. Tidak diragukan lagi bahwa perintah untuk memenggal tangan yang menyesatkan bersifat kiasan dan bersifat hiperbol. Pengertian dari ayat ini ialah bahwa segala hal yang membuat seseorang terjatuh ke dalam dosa harus langsung disingkirkan. Ayat-ayat ini tidak boleh secara harfiah sebagai memerintahkan orang untuk hidup yang ekstrem. Harus diingat bahwa tempat dari dosa adalah jiwa, bukan organ tubuh jasmaniah tertentu. Masuk ke dalam hidup. Ungkapan yang sejajar dalam Mrk 9:47* ialah masuk ke dalam Kerajaan Allah. Istilah-istilah ini merupakan lawan kata neraka dan dipahami sebagai mengacu kepada hidup orang yang diselamatkan di dalam kerajaan kekal. Neraka merupakan terjemahan dari kata Yunani geenna yang merupakan peralihan dari kata Ibrani gĂȘ hinno-m, yang artinya "lembah Hinnom." Lembah ini terletak di barat daya Yerusalem dan dikutuk karena pernah merupakan tempat penyembahan dewa Molokh. Tempat itu kemudian menjadi tempat pembuangan sampah kota, di mana api terus berkobar, dan memusnahkan sampah itu menjadi abu. Sampah dan kotoran yang dibuang di situ juga pasti banyak berulat. Di dalam pemikiran Yahudi lembah itu menjadi lambang dari tempat penghukuman kekal.
7.       Ay 48 Bahasa ayat ini diambil dari Yes 66:24.. Ulat-ulat bangkai yang tidak mati merupakan kiasan yang diambil dari lembah Hinnom, di mana ulat-ulat itu bekerja terus tanpa berhenti. Yang dilukiskan adalah penyiksaan tanpa akhir dan kehancuran yang ada di neraka.
8.       Ay 49-50: Dengan mengambil garam, yang dalam Mrk 9:49* dipakai dalam hubungan dengan neraka, Yesus selanjutnya mengatakan bahwa para pengikut-Nya harus seperti garam, membiarkan pengaruh mereka dirasakan oleh dunia (bdg. Mat 5:13*). Mempunyai garam dalam dirimu. Kristus memerintahkan para murid untuk diresapi dengan pengaruh yang memurnikan ini. Untuk menjadi pengaruh yang baik, mereka sendiri harus memiliki kebaikan itu. Hidup berdamai. Kristus mengakhiri pembahasan itu dengan satu acuan terakhir kepada perdebatan tentang siapa yang paling besar sebagaimana tercatat dalam Mrk 9:34*. Kedua perintah memakai bentuk waktu sekarang, yang artinya memerintahkan untuk dilaksanakan terus-menerus.
Renungan:
1.      Bagaimana kita menghilangkan sikap eksklusif, sektarian, primordialisme, fanatisme yang ekstrim, tetapi membangun sikap yang terbuka, inklusif, hal ini sangat penting dalam hidup kita yang majemuk (plural)
2.      Hendaknya hidup kita tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain: segala hal yang membuat seseorang terjatuh ke dalam dosa harus langsung disingkirkan. Dosa akan selalu membawa hiduo kita pa kesengsaraan
3.      Pengikut Kristus hendaknya menjadi garam yang memberikan rasa, pengaruh, manfaat, melalui perbuatan yang baik terhadap sesama, sekecil apapun perbuatan baik akan sangat bermanfaat bagi kehidupan






Tidak ada komentar:

Posting Komentar