Kamis, 16 Mei 2013

JAMITA/KHOTBAH MInggu; 19 Mei 2013: YOHANNES 14:15-26




Yohannes 14:15-26                                           
KASIH DAN KETAATAN
Pendahuluan
Makna Kedatangan Roh Kudus menegaskan kepada Kita bahwa Allah senantiasa asa menyertai orang-orang percaya melalui RohNya, Ia selalu Immanen, selalu hadir, kapada saja, dimana saja untuk menolong, membantu, menyertai orang-oranag percaya, supaya orang percaya  dapat berpikir, bertidak, berbuat sesuai dengan dengan kehendak Tuhan dan dimampukan untuk melawan segala keinginan-keiginan daging yang bertendatngan dengan keinginan Roh.
Tafsiran Ayat:
14:15  Tas entolas tas emas teresete:  Nats ini menekankan tentang KETAATAN, kasih tidak terpisahkan dari hidup dalam ketataan (bnd. 1 Yoh 5:3). Ketaan kepada Tuhan akan menjawab doa kita pada Tuhan, dan Ia berjanji menyertai kita dengan RohNya.
14:16 : Tuhan Yesus akan mengutus Roh penghibur(parakletos) bagi yang mengasihi Dia. Istilah parakletos diartkan seseorang yang yang memberikan pertolongaan, bantuan alam membela perkara seseorang dalam pengadilan, sebagai penolong, mediator, yanag senantiasa mendapingi, berada sangat dekat dan hidup bersamasama. Artinya Roh Allah akan senatiasa asa meneyertai umatnya sepanjang zama ( Mat 28:20), dan Yesus menjadi pengantara kita pada Bapa ( 1 Yoh 2:1)
14:17 to pnemua tes aletheias:  Disini Yesus menggambarkan bahwa Roh Kudus berfungsi sebagai Roh Kebenaran, Roh yang senantiasa memmapukan para murid untuk menyatakan kebenaran, namun dunia tidak mengenal Dia dan tidak menerima Dia, hanya orang yang percaya, yang hidup di dalam Tuhanlah yang mengenal Dia. Orang-orang percaya pasti senantiasa asa mengenal kehendakn Tuhan dan melakukannya, orang-orang percaya pasti senantiasa melihat perbuatan dan karya Tuhan di dalam hidupnya.
14:18 : Ayat ini menegaskan tentang penyertaan Tuhan bagi orang percaya, Tuhan tidak akan pernah membiarkan orang percaya sebagai yatim-piatu, Oleh sebab itu kenaikan Yesus Ke surge bukanlah perpisahan kepada Murid tetapi Tuhan Yesus menyediakan tempat di Surga bagi orang-oranag percaya ( Yoh 14:3).
Yesus akan dating kelak (parousia) untuk memberikan upah bagi orang percaya (bnd. Wah 22:12-17).
14:19: Ayat ini menegaskan bahwa hidup di dalam Yesus berarti Hidup di dalam keabadian, Hidup kekal itu telah dimulai pada masa kini, dan hidup kekal itu akan dinyatakan pada masa yang akan datang.
14:20 : Nats ini menegaskan tentang parousia, dimana kehidupan orang percaya dipersatukan dalama kehidupan yang abadi.
14:21: Ayat ini kembali menegaskan tentang ketaatan sebagai respon kasih kepada Tuhan. Orang yang mengasihi Tuhan akan hidup dalam ketaatan dan yang tidak percaya tidak menuruti perintahNya. (ay 22-24).
14:26 : Rok Kudus berfungsi untuk mengajari orang percaya untuk melakukan apa yang benar dan berkenan kepada Tuhan.
Renungan:
1.       Di tengah zaman yang semakin semarah dengan hiruk pikuk roh-roh zaman: Individualisme, egoisme, hedonisme, fenomena social: premanisme (Gang Motor), alkoholisme, terorisme, dan sebagainya, firman Tuhan mengingatkan kita agar kita senantiasa menyerahkan hidup kita kepada Tuhan, hidup dalam firmanNya, hidup dalam perintahNya sebagai tanda kita mengasihi Tuhan.
2.       Dalam hidup ini kesulihan, masalah pasti senantiasa ada dalam hidup kita, bagaimana kita meyakini dan senantiasa berharap kepada Tuhan, biarlah Roh Tuhan yang berdiam dalam hati kita, mengajari kita melakukan dan berbuat sesuai dengan kehendakNya.
3.       Hidup dalam dunia ini adalah fana, sementara, namun di dunia ini kita belajar dan berpengharapan pada hidup yang abadi, hidup dalam Kristus adalah Hidup dalam keabadian, hidup keabadian itu telah dimulai sejak kini, oleh sebab tetaplah hidup dalam firman Tuhan, karena hidup dalam Tuhan akan memampukan kita untuk melakukan apa yang terbaik, apa ayanag berkena kepada BAPA kita, bukan apa yang berkenan bagi DUNIA ini.