Jumat, 24 Mei 2013

KHOTBAH MINGGU; 26 Mei 2013: Yohannes 16:12-15




ROH Kudus yang memimpin kepada KEBENARAN

Nats ini adalah bagian dari perkataan Yesus takkala mau berpisah dengan Murid2Nya (14-16) yang disampaikan pada jamuan makan yang terakhir (13:1). Yesus sangat memahami pergumulan batin yang dialami oleh para muridNya karena mereka belum memahami misi Yesus yang sesungguhnya. Namun Yesus mengatakan bahwa kepergiannya ke Sorga adalah untuk menyediakan tempat bagi orang percaya padaNya (14:2), dan Dia juga berjanji akan datang kelak. Kepergian Yesus sesungguhnya bukan berarti kealpaan akan kehadirannya, namun Dia akan mengutus Roh KUDUS  untuk menyertai murid2Nya.  Kehadiran ROH=Parakletos yang diterjemahkan sebagai "Penghibur" (KJV), "Advokat" (NEB, JB, NRSV), dan "Konselor" (RSV). Istilah parakletos sangat unik dala Injil Yohannes karena pengertian Parakletos  memiliki artinya yang sangat luas, parakletos bias sebagai saksi, juru bicara, penghibur, dana penolong.
Peranan parakletos memiliki fungsi yang lebih dalam yakni media untuk berkomunikasi bagi orang percaya (14:16-17, 26; 15:26; 16:13, 14), dan juga sebagai hakim yang menginsafkan dosa (16:8-11).


Renungan:
Pengutusan Roh Kudus menegaskan bawah Allah senantiasa hadir, dimana saja, kapan saja, tidak dibatasi oleh tempat dan waktu,
1.      Dalam nats ini Yesus menegaskan bahwa bagi orang percaya masih banyak lagi rahasia yang akan disingkapkan Allah. Orang percaya adalah orang yang telah menerima kasih karunia Allah, yang telah dibenarkan olehNya, dengan demikian hidup yanag telah dibenarkan oleh Tuhan senantiasa hidup dalam perngharapan, sabar dalam penderitaan, tahan Uji dalam segala pergumulan hidup yang dihadapi.
2.      Roh Kudus akan memampukan orang percaya untuk menghadapi pergumulan dan tantangan karena ImanNya. Jika Roh Kudus ada dalam diri orang percaya, maka kita akan merasakan bagaimana Roh akan membukakan hati kita agar kita tidak lagi hidup dalam perbuatan-perbuatan dosa, kita akan memampukan kita untuk melakukan apa yang benar, dan menuntu kita untuk hidup dalam buah-buah Roh (Gal 5:22)
3.      Roh Kudus akan mengajari dan membimbing mereka, demikian halnya dengan kita ada zaman sekarang.
4.      Roh Kudus akan menuntun Hidup orang percaya, sebagaimana Allah menuntun umatnya dalam perjalanan padang Gurun, dengan api pada malam hari, dan dengan embun pada siang hari. Demikian juga para murid akan dituntun untuk mengetahui kebenaran. Yakni kebenaran yang memampukan mereka untuk melakukan dan mengatakan/bersaksi, dan menuntun mereka kepada hidup yanag benar (1 Yoh 2:27). Roh Kudus akan menyingkapkan rahasian kebenaran yang tidak dapat disingkapkan oleh logika manusia, Roh Kudus akan memperlihatkan bagi orang percaya hal-hal yang terjadi pada masa yang akan datang (Kis 11:28; 20:23;21:11), Roh Kudus Kudus menyngkapkan rahasia/penglihatan hl-hal yanag akan datang didunia ini sebagaimana yang dialami oleh Yohannes pembaptis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar