Minggu, 13 Oktober 2013

BIK Nopember 2013

Rabu, 06  Nopember     2013
Manogot: 2 Kronika 23:7-13                                                                                                Bodari: 2 Tess 1:3-10
1. Marende BE. No. 15:4  Aut Na Saribu Hali Ganda 
Ø  Mauliate ma rohangku di Ho o Debata tongtong
dibaen sude denggan basamu naung nilehonmu di au on
ai dipatongon ho tongtong sude na ringkot di au on    
Mateus 18 :6 Alai na manggasipi sada sian na metmet on, angka na porsea di Ahu, dengganan ma ginantungkon losung batu tu rungkungna, laho mangalonongkon ibana tu laut na umbagas i
Unang Hita Manggasipi
HATORANGAN
Marsiadu do jolma nuaeng manggulut angka hamoraon, hasangapon, ala ni do sai tubu angka persaingan na mansai hebat nuaeng on. Ai mangihuthon cara pandang ni portibion molo nungga mamora jolma, timbo pangkat, I do kunci kesuksesan, jala torop do jolma menghalalkan segala cara asal ma dapot na pinarhagiot ni roha. Torop do jolma sai na mangigil asa diparsangapi jolma ibana, asa di puji ibana, ujungna gabe ditengahon ma dirina molo adong  na binahenna. Roha dohot sisongon I do gabe mambahen jolma gabe ginjang rohana. Dipatudos Jesus do marhite turpuk on asa marroha songon dakdanak angka siseanna asa boi bongot tu harajaon ni Debata lapatanna nasa na mangihuthon Tuhan Jesus ingkon serep marroha. Hombar tusi ma di turpuk on dipatolhas Tuhan Jesus  asa unang adong na manggasipi halak na metmet, lapatanna sipadaoon do roha na manusai halak na pogos, halak na so mardihadiha, angka na porsea tu Tuhan i. Ai ndang dihalomohon Debata angka na jungkat marroha, angka na mambahen gabe targasip dongan, ai mangkorhon dosa do pangalahoi, jala upa ni na mangulahon I ma hamatean. Antong tapasiding ma nasa roharoha na mangambati halak laho mananda Tuhan I, alai maroha ma hita songon roha ni dakdanak, na bulus, jujur, tulus, ai roha si songon I do na di halomohon Tuhan I.  
3. Tangiang Pangondianon
4. Marende  BE No. 376:1 ISE NA DI PINTU I.   BL. 251
1.        Ise na di pintu I? Ungkap ma! Na jot –jot manutuk i. Ungkap ma?
Ai di pintu ni rohaM jongjong do nuaeng Rajam, Jesus Kristus
Tuhan mi.Ungkap ma!
2.        Bege soaraNa I! Ungkap ma,jala loas masuk i. Loas ma!
Ungkap ma, jala loas masuk I, Loas ma! Asa bongot jesus I!
Mambaen las ni rohami, Salelenglelengna i. Loas ma!


5. TANGIANG ALE AMANAMI


                                                                        Selasa; 12  nopember  2013
Sijahaon:
2 Kronika 25:1-6                                                                    Bodari 2 Tess 3:6-15
1.
1. Marende  No. B.E . 467:1    Asi ni rohaM hupuji.              
Ø  Asi ni rohaM hupu ji ala Ho manobus au. Di paIas Ho rohangku, ga-be soranganMu
Au. IngananMu rohanami. TondiMi manggohi i. Pangke dohot ngolunami gabe ulaulaMi.

Mika 7:9 Usungonku do rimas ni Jahowa, ai dompak ibana do ahu mardosa, paima dibadahon ibana badangku, jala maruli uhum ahu dibahen. Sai toguonna do ahu sogot tu hatiuron, idaonku do hatigoranna
Mangkirim ma hita di Tuhan i
HATORANGAN

 Adong dua macam rumang ni halak na mardosa. Parjolo, halak na mardosa alai ndang olo ibana mananda dosana/tidak mau menyadari keberdosaannya jala ndang olo ibana paubahon rohana. Paduahon, halak pardosa alai ditanda dosana jala olo ibana paubahon rohana dan mau berbalik kepada Allah. Anggo bangso Israel masuk tu horong na parjolo do, alai anggo si Mikha masuk tu horong na apaduahon i. Mikha sadar bahwa ia patut menerima kemarahan Tuhan (9). Orang saleh juga akan menderita ketika masyarakat yang bobrok dimana ia tinggal menjadi porak poranda. Walaupun ia tidak ikut serta dalam kejahatan masyarakat, ia tetap harus memikul tanggung jawab tertentu atas apa yang telah terjadi di dalam masyarakat.
Mikha menerima semua yang menimpanya sebagai suatu keadilan. Ia tidak putus harapan pada saat orang di sekitarnya mencemooh dia karena amarah Tuhan yang sedang menimpanya. Ia tidak takut sekalipun ia jatuh dan duduk dalam kegelapan. Ia hidup di dalam zaman dimana bangsanya di ambang kehancuran. Masyarakat Israel yang korup akan segera dihancurkan dan mereka yang masih hidup akan diangkut sebagai tawanan ke negara Asyur. Segala sesuatu di sekitar Mikha tampaknya hancur berantakan. Sangat sulit bagi Mikha untuk percaya bahwa suatu hari kelak pagar tembok kotanya akan dibangun kembali dan wilayah negaranya akan menjadi lebih luas (11). Namun ia tetap yakin bahwa Allah sang Hakim Agung akan menjadi pengacara dia dan membela perkaranya dan bangsanya. Pada akhirnya ia akan menang bersama Tuhan. Kemurahan Allah dan kesadaran Mikha sebagai orang berdosa yang membutuhkan anugerah pengampunan-Nya akan menjadikan ia orang yang menang karena Tuhan. Ia tidak hanya akan menerima pengampunan dari Allah namun para musuhnya pun nantinya akan mengakui kebenarannya (12).
Marhite turpuk on di jouhon do tu hita asa manongtong porsea, satia jala mangkirim tu Debata atik pe lam godang angka hamaolon na taadopi. Lam godang nueang tabege barita angka na korupsi, perampokan, pembunuhan, ketidakadilan, dohot lan angka na asing. Alai sada na sai tahaporseai, tongtong do mangula Debata di portibion marhite huriana, ala ni manahan ma hita di parungkilon i, dijou do hita songon si Mikha  na mangkirim tu asi ni roha ni Tuhan i, jala toguonna do hita sogot tu hatiuron, idaonku do hatigoranna.
3. Tangiang Pangondianon
4. Marende B.E. No 214:1-2                                 SONANG DI LAMBUNG JESUS    BL.161
1. Sonang di lambung Jesus Sonang na ro tusi
    Unang be ho mabiar Lao mandapothon i

      Tongtong dijouhon Jesus Sai ro ma ho tu Au

      Tadingkon haholomon Jala haposi Au

      Sonang di lambung Jesus Sonang na ro tusi
      Unang be ho mabiar Lao mandapothon i
2. Sonang di lambung Jesus Rap hita lao tusi
      Inganan na ummuli Do di lambungNa i 
      Ai nunga diparade hasonanganta i
      Asa marhasonangan Na ro tu Jesus i
      Sonang di lambung Jesus Rap hita lao tusi
Inganan na ummuli Do di lambungNa
5. TANGIANG ALE AMANAMI



                                                                   
                                                                    Seni, 18 Nopember  2013
Manogot: 2 Ktonika 26:1-8                                                                  Bodari  1 Timoteus 1:8-11
1. Marende  B.E. No. No. 9  HUPUJI HOLONG NI                               
1.   Hupuji holong ni rohaMu, o Tuhan Jesus, Rajangki.
      tu Ho hulehon ma tondingku, ai i do  pinangidoMi.
     Huhalupahon ma diringku, mamingkir holong ni rohaMu.
Johannes 6:56 Manang ise na manganhon dagingku jala manginum mudarhu, i do na mian di bagasan Ahu jala Ahu di bagasan ibana
Roti Hangoluan
HATORANGAN

Persis seperti nenek moyang mereka yang hanya menggerutu, berdebat, dan tidak percaya dalam peristiwa manna demikian juga sikap orang-orang Yahudi ini terhadap Yesus. Meski mereka ingin menjadikan-Nya raja dan mengakui Dia sebagai nabi, tetapi sikap dan cara mereka bertanya jauh berbeda dengan pengakuan tersebut. Masalah mereka adalah pernyataan Yesus bahwa Ia adalah roti yang turun dari surga (Yoh 6:41*). Apalagi setelah Yesus menyimpulkan ajaran-Nya dengan tantangan agar orang makan daging-Nya yang memberikan hidup (Yoh 6:51*).
Mereka sudah menikmati roti dan ikan pemberian Tuhan Yesus, namun mereka tidak menerima Tuhan Yesus sebagai anugerah Allah Bapa bagi mereka. Pertanyaan bagaimana yang mereka ajukan menunjukkan bahwa cara berpikir mereka sama seperti Nikodemus dan perempuan Samaria yang terpaku pada hal-hal lahiriah. Tuhan menandaskan lebih jauh siapa sesungguhnya Ia dan apa saja yang Ia akan karuniakan. Ia akan membangkitkan manusia pada akhir zaman. Ini menegaskan otoritas Ilahi-Nya (Yoh 6:47*), yang jauh melampaui para nabi yang pernah mendengar Allah sebab Ia sudah melihat Allah (Yoh 6:45-46*). Ia bisa memberi hidup kekal, yaitu hidup yang jauh lebih penting dan hakiki daripada hidup sementara yang ditopang oleh makanan jasmani.
Setiap orang yang percaya kepada Kristus adalah orang yang menerima ajaran Bapa di dalam hatinya. Ajaran yang dimaksud adalah firman Tuhan yang didengar dan dipahami. Keyakinan kepada Yesus memberikan makna bahwa seseorang sudah tiba pada tahap dikenyangkan, dipuaskan oleh Roti Hidup. Tuhan Yesus dalam firman-Nya mengatakan bahwa siapa yang percaya padaNya akan memperoleh hidup kekal.
Sakramen Perjamuan Kudus. Apa yang Tuhan maksud ketika Ia berkata, " …  makan daging-Ku  …  minum darah-Ku  … ?" Iman kepada Kristus adalah respons aktif seseorang yang menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamatnya. Iman ini mempercayai bahwa darah dan tubuh Kristus telah tercurah bagi manusia untuk menyelamatkan manusia dari hukuman kekal. Darah yang tercurah dan tubuh yang terkoyak di kayu salib ini menjadi satu-satunya sumber dan alasan mengapa Kristen hidup di segala zaman. Sakramen ini mengingatkan kita pada kematian dan pengorbanan Kristus. Mengikuti Sakramen berarti mempersegar iman percaya kita kepada-Nya.

3. Tangiang Pangondianon
4. Marende B.E. No 198:1      AUT UNANG HO   BL. 46
1.   Aut unang Ho jambarhu ale Jesus
 Aut so mudarMu mangondihon ahu
 Tung na tu dia  nama au pardosa Marhaporusan?
5. TANGIANG ALE AMANAMI





Minggu, 24 Nopember  2013
Sijahaon:
Ev: 1 Tess 4:13-18                                                                                                Ep: Pang 7:9-17

1. Marende  B.E. No. No. 9  HUPUJI HOLONG NI                               
1.   Hupuji holong ni rohaMu, o Tuhan Jesus, Rajangki.
      tu Ho hulehon ma tondingku, ai i do  pinangidoMi.
        Huhalupahon ma diringku, mamingkir holong ni rohaMu.


Pangapulion Dibagasan Kristus
HATORANGAN

 Gereja perdana memiliki keyakinan yang tidak tergoyahkan dan pasti, bahwa sebentar lagi Kristus segera akan kembali. Bahkan ada yang berkeyakinan sebelum mereka meninggal dunia Kristus sudah datang kembali. Pengharapan ini: [1] membuat mereka kuat dan tegar dalam masa-masa penganiayaan; [2] mewarnai semangat dan keberanian mereka dalam bersaksi dan melayani; [3] mendorong dan menyegarkan kehidupan mereka, sehingga mereka memiliki iman yang teguh di tengah badai.
Namun jemaat Tesalonika mempunyai pertanyaan mengenai nasib saudara- saudara mereka yang telah meninggal lebih dahulu. Mereka berduka karena mengira saudara-saudara mereka itu tidak akan bertemu dengan Kristus lagi (1Tes 4:13*). Paulus menjawab pertanyaan mereka dengan mengatakan bahwa baik yang sudah lebih dahulu meninggal maupun yang masih hidup ketika Kristus datang, kedua-duanya akan bertemu dengan-Nya dan tinggal bersama-Nya selama-lamanya (1Tes 4:14-17*). Tersirat dari teks ini bahwa Paulus memberikan penghiburan dan kekuatan kepada jemaat Tesalonika, bahwa tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih Kristus, mati atau hidup semuanya kita alami karena Kristus, dengan Kristus, melalui Kristus dan bersama-sama Kristus.
Agama Kristen adalah agama pengharapan. Itulah sebabnya Kristen penuh dengan optimisme Injil. Ia memproklamirkan nilai-nilai yang kreatif dan positif. Kekristenan menekankan anugerah bukan dosa, pengampunan bukan hukuman, kasih sayang bukan penghakiman, kemenangan bukan kekalahan, hal-hal yang abadi bukan yang temporal. Pusat dari semua pengharapan ini adalah Kristus yang bangkit. Ia hidup sekarang, memberikan inspirasi, membebaskan dan menyelamatkan.
Tak seorang pun tahu apa yang akan terjadi di masa depan, apalagi yang akan terjadi sesudah kematian. Oleh karena itu banyak orang takut menghadapi kematian. Orang Kristen di Tesalonika malah merasa dukacita karena beberapa dari mereka telah mati. Firman Tuhan memang mengajarkan bahwa kematian adalah upah dosa dan sesudah kematian akan datang penghakiman. Jadi wajarlah bila timbul perasaan ngeri dan duka seperti itu. Namun untuk orang yang beriman dalam Kristus, sebenarnya ada kebenaran lain yang bisa memberikan kepastian dan kesukaan. Tuhan kita Yesus, telah mati dan telah bangkit (1Tes 4:14). Orang yang mati dalam Tuhan tidak mengalami kengerian hukuman Allah, tidak juga kehilangan kesempatan untuk berjumpa dengan Tuhan saat Dia datang kembali. Orang yang mati dalam Tuhan akan bertemu Tuhan (1Tes 4:14, bdk. Fil. 1:23). Dan ketika Tuhan datang kedua kali, orang beriman yang sudah mati akan dibangkitkan dan beroleh tubuh kebangkitan (1Tes 4:16*, bdk.1Kor 15:52).
Pengharapan mulia. Banyak orang termasuk Kristen yang takut berpikir tentang akhir zaman. Kejadian utama pada akhir zaman, yaitu kedatangan Tuhan Yesus Kristus kedua kali, adalah pengharapan utama dan mulia dalam iman Kristen. Mengapa? Karena Ia akan turun dari surga ( 1Kor 15:16), berarti kita tidak hanya beriman dan berharap tetapi berjumpa langsung muka dengan muka. Lebih lagi, kita akan diubah menjadi baru seutuhnya. Tubuh kita akan diubah sehingga tubuh dan roh kita akan serasi penuh dengan kemuliaan surgawi dalam langit dan bumi baru yang akan Tuhan ciptakan ulang kelak. Lalu sesudah itu kita akan bersama-sama dengan Dia selama-lamanya. Betapa indah pengharapan tersebut. Itulah pengharapan yang pasti yang memberikan kepastian bagi kehidupan kita kini.
Yesus Kristus sudah bangkit untuk selama-lamanya. Itulah Injil pengharapan, tentang Yesus yang hidup, yang selalu memberikan kita kekuatan.Kita sedang menjalani momen-momen sejarah yang makin jelas menyaksikan bahwa Kristus adalah Raja.

4. Marende No B.E. No. 636:1-2          Jesus do Raja bolon I
        1.             Jesus do Raja bolon i. Sigomgom nasa na adong
Hot do harajaonna I, Nang pe marujung tano on.
2.        Tangiang nang pujian I manaek tu habangsaNa I
Mansai hushus goarNa I binahen ni pelean I

5. TANGIANG ALE AMANAMI




                                                                        Sabtu, 30  Nopember  2013
Sijahaon:
Manogot: 2  Kronika 30:10-19                                                             Bodari 1 Timoteus 4:13-16
1. Marende  No. B.E . 467:1    Asi ni rohaM hupuji.
Asi ni rohaM hupu ji ala Ho manobus au. Di paIas Ho rohangku, ga-be soranganMu
Au. IngananMu rohanami. TondiMi manggohi i. Pangke dohot ngolunami gabe ulaulaMi.           

Pangungkapon 21:6 Laos didok ma tu ahu: Nunga saut! Ahu do Parjolo jala Parpudi, Bonana jala Ujungna. Lehononku ma tu na mauas sian mual aek hangoluan i, so pola tuhoron
AEK HANGOLUAN
HATORANGAN
Manang boha pe arsak ni rohanta di portibi on, hadir do Debata ganup tingki marnida hita, marnida angka na masa di ngolunta, mangula do Ibana pahothon panghirimon nang haporseaonta di Ibana: Molo dung sahat hita tu HUTA NABADIA i, marlas ni roha ma hita rap dohot Ibana: Ai apusan ni Debata ma nasa ilu-ilu sian matanta, ndang adong be hamatean nang arsak ni roha; nang angguk-angguk, nang na hansit i, ndang disi be; ai nunga salpu na parjolo i. Akulah yang Awal. Sebelum sejarah kebudayaan manusia dimulai, Allah telah ada. Banyak perdebatan di dalam aliran pemikiran manusia tentang siapakah Allah itu. Dalam hubungannya dengan Trinitas banyak orang mulai mempertanyaan eksistensi Allah.  Akulah yang awal. Membawa pemikiran kita untuk meyakini dengan pasti bahwa Tuhan Yesuslah pemegang kendali seluruh sejarah dunia. Tidak ada yang perlu ditakuti. Tidak ada yang perlu dicemaskan. Tidak ada yang dapat memisahkan kita dengan kasih Kristus yang abadi dan kekal. Kalau Kristus yang awal, berarti Dia tahu persis arah dunia ini. Dia tahu persis kapan dunia ini akan berakhir. Dia tahu persis ke mana ciptaan-Nya dan segala yang ada di dalamnya. Inilah pengharapan yang tidak mengecewakan. Akulah yang Akhir. Tuhan Yesus tidak hanya berada di awal sejarah umat manusia. Artinya Allah juga berada diakhir sejarah hidup dan peradaban manusia. Allah tidak hanya berada di awal peradaban manusia, tetapi juga di akhir peradaban budaya manusia. Dengan bahasa sederhana kita dapat berkata "akhir dunia ini berada di tangan Allah." Bukan di tangan para ilmuwan, bukan di tangan para intelektual yang hebat sekalipun, juga bukan di tangan para rohaniwan.  Akhir dunia ini berada di tangan Allah. Tidak ada manusia manapun di dunia yang mampu menghalangi rencana Allah tersebut. Lehonon ni Tuhan i ma tu angka na mauas sian mual aek hangoluan i, so pola tuhoron. Mulai sian Padan na robi dope, nunga dipangido Debata tu bangsoNa, namandok: “O sude hamu angka namauas, ro ma hamu tu aek on! Jala hamu angka na so marhepeng, ro ma hamu manuhor, mamonggoli dohot manganhon! Sai ro ma hamu manuhor anggur dohot susu, unang pola marhepeng manang mar-panuhor”. (Jes 55: 1). Jala dipabotohon dope, jea na binahen ni bangsoNa: Ditadingkonnasida do Debata natargoar mual ni hangoluan, laho mangkali dinasida sumur-sumur, na so marisi aek”. (Jeremia 2: 13).  Didok Tuhan Jesus: “Alai namanginum aek silehononKi, na so tupa mauas bei ro di saleleng ni lelengna. Ai anggo aek silehononki, gabe mual do i di bagasan ibana, namabaor sahat ro di hangoluan sisaleleng-lelengna”. (Joh 4: 10, 14). Tema kehausan maradophon Debata, boi do i jahaonta di Psalm 42: 2 – 3; 36: 9; 63: 2.
Diondolhon turpuk on Setiap orang yang hendak minum air kehidupan boleh datang dan mengambilnya secara cuma-Cuma. Hal ini  merupakan ajakan kepada setiap orang yang ingin beroleh keselamatan untuk datang bersama-sama dengan Roh dan orang percaya untuk mendapatkan air kehidupan, artinya keselamatan yang cuma-cuma.

               
3. Tangiang Pangondianon
4. Marende BE No 356:1-2                                   NA MALUNGUN  DO ROHANGKU  BL. 179
1.  Na malungun do rohangku Tu Ho, o Debatangki
        Ho do na hinaposanku Jala haporusanki
        Sasude na ro tu Ho Ndang tarurak bahenonMu
        Nasa na manoisi Ho I do na pailaonMu.
2.  Pabotohon ma dalanmu Dohot bogasMi di au
     Asa i ihuthononku Ale Tuhan togu au
     Sian dalan na ture Dohot tu hasintonganMu

5. TANGIANG ALE AMANAMI