Sabtu, 15 Maret 2014

BIK April - Mei 2014

Kamis, 06 April   2014
Sijahaon:
Ev: Hesekiel 37:1-14                                                       Ep: Rom 8:6-11
1. Marende BE No. 177:3                       NDADA  TARHATAON
Ø    Jesus do manaoni dosa ni sude
             Nunga digarari  do utangta be
             Nunga pola mate Tuhan Jesus i
             Paluahon hita sian dosa i.

DIPAHEHE JAHOWA DO HITA ASA UNANG MANDATE
2.HATORANGAN
Mungkinkah orang mati dihidupkan kembali? Bagi manusia memang mustahil, tetapi tidak ada yang mustahil bagi Allah. Pembaruan yang akan Allah lakukan terhadap umat-Nya bagai suatu hal yang mustahil. Bayangkan saja, waktu Yehezkiel menerima firman ini untuk disampaikan kepada umat di pembuangan, mereka sudah ada di situ sekitar sepuluh tahun! Segala harapan untuk bebas sudah sirna (Yeh 37:11b). Ibarat kematian, tidak ada harapan untuk hidup lagi. Namun justru ketika segalanya tidak bergantung pada manusia, karya Tuhan dinyatakan (Yeh 37:3)!
                Kebangkitan dari kematian ini berlangsung dalam dua tahap. Pertama, tulang-tulang yang berserakan bergabung, diikat dengan urat dan daging dan akhirnya dibungkus dengan kulit (Yeh 37:7-8). Jadilah sosok tubuh manusia yang utuh, tetapi belum ada kehidupan di dalamnya. Tahap kedua, nafas hidup dihembuskan kepada tubuh yang mati itu dan tubuh itu menjadi hidup (Yeh 37:9-10*). Apa yang bisa kita pelajari dari proses tersebut? Ketika firman Tuhan diberitakan, ada respons positif yang terjadi, tetapi hanya ketika Tuhan menghembuskan nafas kehidupan maka terjadilah kehidupan sejati. Bukankah itu proses yang terjadi pada penciptaan manusia pertama ( Kej 2:7)? Dengan ilustrasi yang berbeda, kebangkitan umat Tuhan diproklamasikan Tuhan sendiri (Kej 2:13-14). Dari kubur, umat Tuhan akan bangkit dan hidup. Roh Tuhan sendiri yang menghidupkan mereka.
Perikop ini bukan hendak mengajarkan doktrin kebangkitan melainkan hendak menegaskan bahwa hidup di dalam dosa adalah kematian. Hukuman dosa secara esensial adalah kematian karena lepas dari sumber hidup, yaitu Allah sendiri. Oleh karena itu lepas dari belenggu dosa sama dengan bangkit dari kematian. Hal itu tidak bisa dilakukan oleh manusia karena semua orang telah berdosa. Hanya kasih karunia Allah yang dapat menghidupkan kembali umat yang binasa oleh durhakanya.
Renungan: Kita perlu mewaspadai dampak-dampak kuasa dosa yang dapat menghancurkan sendi-sendi hidup, keluarga, pekerjaan, dan pelayanan kita. Namun, di balik semuanya itu, perlu disadari bahwa selalu ada harapan bagi orang percaya, sebab kuasa anugerah Tuhan yang memulihkan lebih besar dari kuasa dosa yang mematikan. Di tengah proses ini, kita membutuhkan firman Tuhan karena firman Tuhan adalah sumber kehidupan yang menyalakan semangat yang pudar, memberikan pengharapan dalam keputusasaan, dan memulihkan kehancuran.
3. Tangiang Pangondianon
4. Marende No BE435:1   
1.  Marolopoloptondingkiainaung  di  tobus Jesus i.
Hamusude, bege ma I, sailasrohangkumandok I    Sonangni ting ki I,
Dung jumpang Jesus Tuhanki !Tondina manga jari au,  tarbaenmarlas
Ni ro ha au !Sonangnitingki I, dung jumpang Jesus Tuhanki.
2.  Dihaolholongnarohangki, tungna so boi be mago i.
MataNa do manatap au, pinggolNatumangihon au. Sonang ni………….
5. TANGIANG ALE AMANAMI



Sabtu, 12 April  2014
Manogot; Poda 12:1-14                                                       Bodari, Jeremia 36:1-19

1. Marende B.E. No. No.186:1   TONGTONG TUTU NA DENGGAN DO
Ø  Jahowa do haposanki Na mangapoi rohangku
Na patiurhon dalanki Bulus dibaen langkangku
Sonang tongtong Rohangkinon Binaen ni Debatangku PatikNa do lomongku
2. Jamita: Efesus 4:26 Ia tarrimas hamu, unang ma mardosa! Unang ma sanga mate mata ni ari, so mintop rimasmuna
MOLO MURUK UNANG MA GABE MARDOSA
HATORANGAN
Paulus menginginkan agar jemaat Efesus berani tampil beda dalam kehidupannya. Tujuannya adalah agar mereka menjadi berbeda dengan orang di luar Kristus. Oleh karena itu Paulus memberikan beberapa penekanan, yaitu: [1] moralitas bagi kehidupan orang Kristen, di antaranya tidak berkata dusta, mampu mengendalikan diri dalam keadaan marah, tidak emosional, dan menjaga tutur kata sehingga tidak berkata kotor (Ef 5:25-31); [2] landasan kehidupan yang telah diletakkan oleh Kristus, yaitu kasih-Nya yang dalam untuk umat-Nya sehingga Ia rela menyerahkan diri sebagai persembahan kurban yang harum bagi Allah (Ef 5:2). Antong tapatuduhon ma ngolunta songon halak kristen na mangalehon tiruon dihata nang dipambahenan tu ganub jolma diabagasan holong ni roha.Paulus menandaskan kepada kita, bahwa persatuan dan persekutuan jemaat terbentuk, karena Kristus sendirilah yang memanggilnya. Kita telah dipersatukan dan persekutuan itu adalah unugerah Tuhan kepada kita. Persatuan, kesatuan maupun persekutuan tersebut perlu kita pelihara, perlu lebih dikukuhkan agar hal tersebut dapat terwujud. Kepada kita telah diberikan nasihat supaya dalam persekutuan itu kita menunjukkan sikap hidup yang harus kita lakukan, yakini menjaga sikap jangan terlanjur marah (harus ada kecerdasan emosional). Marah itu kebalikan dari sikp lemah lembuh dan sabar. Lemah lembut, artinya: Tidak suka bertengkar, tidak cepat emosi, menjauhi diri dari perselisihan yang membawa kita kepada perpecahan. Lemah lembut, dapat diartikan: (1) Seperti: Angin sejuk, dan (2) Obat mujarab. Sabar, artinya: Tabah, tekun, tahan uji karena keyakinan iman kita kepadaNya. Dalam kesabaran tersebutlah terkandung harapan masa depan. Sikap marah itu akana membawa pada konflik batin dan pada akhirnya menimbulkan rasa sakit hati, iri hati dan menjadi bibit perpecahan.

3. Tangiang Pangondinon
4. Marende B.E. No. 122:1-2                                IDA HINADENGGAN NI BL. 13
1.     Ida hinadengganniAngkanasaroha i
        Parpambaenannaburju Nang hatanape  tutu
2.     Saihushusuapna i Songonbungabunga i
        Angkanatinompa i Pajengkarhontano i.

5. TANGIANG ALE AMA NAMI










Jumat Agung, 18  April2014

Ev: Lukas 23:33-43                                                         Ep: Psalmen 22:2-12
1. MarendeB.E. No.202 :1-2                            HUHAHOLONGI HO            
Ø  Huhaholongi ho gogongku Huhaholongi ho tongtong
                          Marhitehite pambaenanku Nang sian nasa rohangkon
                          Ai Ho do sumondangi au Ro di na mate au
Ø  Huhaholongi ho ngolungku Ai Ho do alealengki
                          Sai naeng tongtong Ho pujionku Saleleng au sinondangMi
                          Holong mamolin rohangki Di Ho o Jesuski.
MATE KRISTUS ASA MANGOLU JOLMA I
HATORANGAN
Kematian Yesus bukanlah kematian yang sia-sia, yang dicari-cari atau pun konyol. Sebaliknya kematian-Nya memberikan makna dan tujuan baru bagi kehidupan manusia. Kematian-Nya pun mengungkapkan betapa berharganya jiwa manusia di mata-Nya.Ketika tergantung di kayu salib, para pemimpin Yahudi dan prajurit mengolok-olok ketidakmampuan-Nya menyelamatkan diri-Nya sendiri (Luk 23:35-37). Tindakan mereka itu hanya terpusat kepada keselamatan fisik. Yesus memang telah membuktikan bahwa Ia mampu membebaskan rakyat Yahudi dari berbagai masalah sosial seperti penyakit dan pangan. Namun mengapa sekarang Ia tidak berdaya dan tergantung di kayu salib? Jika demikian Ia bukanlah Mesias yang dinanti-nantikan.
 Yesus menegaskan bahwa tujuan-Nya datang ke dunia dan mati di kayu salib bukan untuk keselamatan manusia secara fisik. Kematian-Nya merupakan penggenapan Paskah yang selalu diperingati dan dirayakan bangsa Israel. Paskah pertama memang merupakan pembebasan bangsa Israel dari kekuatan Firaun. Namun sebetulnya peristiwa Paskah itu terdiri dari 2 tahapan. Sebelum mereka keluar dari negeri perhambaan, mereka telah dibebaskan atau diselamatkan terlebih dahulu dari murka Allah dengan darah anak domba. Kematian Kristus telah membebaskan umat manusia yang berdosa dari murka Allah (Luk 23:43). Kematian Kristus juga mendamaikan manusia dengan Allah yang ditandai dengan terbelahnya tabir Bait Allah (Luk 23:45). Semua itu tidak akan tercapai jika Kristus tidak datang ke dalam dunia dan mati.Kematian Yesus adalah karya-Nya yang terbaik buat manusia yang terburuk, agar mereka menerima anugerah yang terbesar yaitu keselamatan kekal. Kristen harus melakukan karya terbaik dan termulia bagi Allah, sebagai ungkapan terima kasih yang terbesar.
Molo marungkil jala marsitaonon pe hita di portibi on, taingot ma nunga mate Tuhan Jesus manghophop hita jolma pardosa. Ndang sadia dope na tinaonmu martimbanghon na tinaon ni Tuhan Jesus. Ala ni i:
a.            Tajalo jala tahangoluhon ma silang ni Tuhan Jesus na tau hangoluanta. Ai nunga patar haluaon di angka na porsea. Nunga patar hatuaon dohot hasangapon ni angka na marungkil ala Goar ni Tuhan Jesus Tuhanta i. ( 1 Petr 4: 14 – 19).
b.            Manongtong ma hita manjangkon Jesus, jala tapapatar ma panindangionta tu Ibana. Ala Ibana: Naung mate humonghop hita patupa hangoluanta.
c.             Gabe marngolu na imbaru ma hita manjalo jaminan las ni roha di nanidokNa i. “Sadarion do ho rap dohot Ahu di paradeiso”. Asa ndang be haleon Silang i di ngolunta, alai nunga gabe mahkota perdamaian di ngolu hajolmaonta rap dohot Tuhan Jesus.Tahangoluhon ma SilangNa i ganup ari, ala rade do Ibana manghophop hita asa di hita hangoluan sisaleleng ni lelengna i. Amen.
3.     Marende No 150:1-2 NDANG AU NAMPUNA AHU BL. 125
1.       Ndang au nampunaahuHulehondiringkon. TuTuhan i RajangkuSigomgomtano on
   Ai dibagasan Jesus au DiidaDebatangki Na pasonangkon au.
2.   Ndang au nampunaahu Dung mate Jesus i .Dihophop do tondingkuDisesadosangki
Tongtong ma hupasahat au MangunduktuTuhanku Na lambokroha i.
5. TANGIANG ALE AMANAMI

Kamis, 24 April   i 2014
Sijahaon:
Manogot  Poda 16:1-16                                                                 Bodari    Jeremia 40:1-16
1. Marende B.E No. 2:1  NAENG PUJIONKU HO, JAHOWA   BL.113
1.  Naengpujionku ho Jahowa, ai ho do Debatana tutu i.
SaisuruTondiParbadiatu au, asahupujigoarMi.
Marhitehite Jesus anakMi, asalomorohaM di endengki.
2.Johannes 21:18 Na tutu situtu do na hudok on tu ho: Andorang umposo dope ho, ho do mangkohosi dirim, laho manopot lomo ni roham; alai dung matua ho, surdukkononmu ma tanganmu, jadi hohosan ni na leban ma ho jala togihononna ma ho tu na so hinalomohon ni roham
DIPAIMBARU TUHAN NI
HATORANGAN
             Membangun suatu hal yang baru jauh lebih gampang dibandingkan dengan memperbaiki yang sudah rusak. Memperbaiki yang rusak, berarti mengerjakan suatu pekerjaan dua kali. Banyak waktu telah disia-siakan, banyak tenaga yang mubazir. Tetapi itulah yang dibuat Yesus. Untuk itu Yesus mengajukan satu pertanyaan yang sangat jelas dan tegas kepada Simon Petrus, anak Yohanes: "Apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada mereka ini?" Pertanyaan ini sangat penting untuk memulihkan kasih Petrus kepada Yesus setelah ia menyangkali-Nya tiga kali.Yesus telah menunjukkan perhatian dan pemeliharaan-Nya bagi para murid dengan menyiapkan hidangan pagi mereka. Namun, masih ada hal penting lain yang Dia ingin kerjakan. Sesudah menyaksikan kubur yang kosong, Petrus memang telah yakin bahwa Guru dan Tuhan-Nya telah bangkit. Tetapi, penyangkalannya terhadap Yesus sebanyak tiga kali berturut-turut pasti membuat dia ada dalam tindihan beban berat rasa bersalah. Bisa jadi juga itulah sebab mengapa Petrus dengan motif yang tidak jelas mengajak teman- temannya menjala ikan kembali. Kini sesudah melayani para murid dengan pemeliharaan-Nya, Tuhan Yesus mengkhususkan pelayanan pemulihan-Nya untuk Petrus.
             Percakapan Tuhan Yesus dengan Simon Petrus bukanlah percakapan biasa. Pertanyaan yang sama, tetapi yang dilontarkan sampai tiga kali oleh Tuhan Yesus dan dengan tekanan makna yang berbeda (Yoh 21:15,16,17), pasti akan menyentuh nurani Petrus secara mendalam. Pertanyaan tersebut tidak saja mengingatkan Petrus tentang tiga kali penyangkalan yang telah ia lakukan kepada Tuhan Yesus (Yoh 18:17,26,27*), tetapi juga menuntun dia untuk menyadari bahwa Dia tidak dapat setia dan mengasihi Tuhan hanya dengan mengandalkan kekuatan kodrat dirinya. Kasih adikodrati seperti yang ada pada Tuhan Yesus adalah kasih yang Tuhan tuntut darinya dan karena itu yang perlu ia peroleh dengan jalan bergantung penuh kepada Tuhan. Selain bertanya, Tuhan juga meresponi sebanyak tiga kali dalam bentuk penugasan “gembalakanlah domba- domba-Ku.” Matius dan Lukas mencatat bahwa ketika Petrus sadar telah menyangkali Yesus, ia pergi keluar dan menangis dengan sedih. Petrus terhukum oleh rasa bersalahnya. Sangat mungkin ia merasa tidak layak dan tidak berguna lagi. Namun, Tuhan Yesus memulihkannya. Pemulihan dari Tuhan tidak saja mengampuni, tetapi membongkar akar kesalahan, memperbarui, dan memperlengkapi agar orang kembali masuk ke dalam rencana Allah yang sempurna atasnya. Petrus dilayakkan kembali menjadi pemimpin dengan menyadari bahwa ia tidak boleh memimpin mengikuti suara hatinya sebab yang dipimpinnya adalah milik sang Gembala yang baik yang telah mati bagi mereka. Oleh sebab itu, Sesudah dipulihkan Tuhan, bersikaplah sebagai murid yang rendah hati dan mengandalkan kekuatan-Ny, Amen.
3.Tangiang Pangondianon
4.Marende B.E No. 202:1, 7  B.E. No. No. 202   HUHAHOLONGI HO               BL.102
1. Huhaholongi ho gogongkuHuhaholongi ho tongtong. Marhitehitepambaenanku Nang siannasarohangkon
Ai Ho dosumondangi au Ro di na mate au
7. HuhaholongiHo  tumpalhu Ho Debatangkuna tutu. ManangbehaparsorionkuIhuthononku Ho burju
Haholonganku Ho tongtong Nang tospehosangkon
5. TANGIANG ALE AMANAMI

Rabu, 30  April   2014
Manogot:Poda 18:13-24                                                                Bodari: Jeremia 44:15-30
1. Marende BE No 363:14 Hamu Saluhut Harajaon
Ø Ho, Debatangku, pujionku Patimbulonku  sai tongtong
      Mauliate ma rohangku Di Ho dibaen basaM inon
      Hamu sude pe, ale dongan Dok ma mauliate i
      Ai ndang he marpansohotan Do denggan ni basaNa i.
2. Yeremia 3:15 Jala lehononku tu hamu angka parmahan, hombar tu lomo ni rohangku, jadi marparbinotoan, jala marroha nasida marmahan hamu
PARMAHAN NA DENGGAN ROHA
HATORANGAN
Tidak mudah menjadi hamba Tuhan di tengah-tengah kedegilan umat. Tidak jarang hamba-hamba Tuhan justru tergelincir menjadi hamba umat, bahkan hamba fasilitas dan uang, dengan cara menjamu umat secara duniawi dengan berkedok rohani.Hanya oleh belas kasih Tuhan, Ia tidak selamanya menghukum umat-Nya sendiri. Sebaliknya Ia akan membangkitkan gembala-gembala setia yang mengabdi kepada-Nya (15). Tugas mereka adalah mengembalikan umat yang tercecer ke Yerusalem, untuk beribadah lagi kepada Tuhan (17-18). Melalui para gembala inilah Tuhan mendorong dan menghimbau umat-Nya untuk bertobat (21-22a).
 Hanya oleh kasih setia Allah yang tak pernah surut kepada umat-Nyalah, anugerah-Nya sekali lagi dicurahkan. Itu sebabnya, Yeremia mencoba mewakili umat yang degil ini untuk merespons dengan benar panggilan kasih Ilahi tersebut (22b). Sesungguhnya, ilah-ilah yang selama ini mereka sembah hanyalah kesia-siaan belaka. Mereka sama sekali tak berdaya menolong umat Tuhan. Hanya satu jalan, yaitu kembali kepada Tuhan. Kembali dengan rasa malu, menyesal, dan bersalah (25). Kembali karena kasih Tuhan tidak pernah surut, melainkan Ia terus-menerus mengulurkan tangan-Nya untuk merengkuh umat-Nya balik ke dalam pangkuan dan pelukan kehangatan kasih-Nya.
 Isi hati Allah yang terdalam sudah dicurahkan. Bukankah seharusnya kita, anak-anak Tuhan haru dan larut dalam perasaan sanubari-Nya? Mungkin kita dulu adalah orang yang berkhianat pada Allah, namun karena kasih-Nya sudah dinyatakan oleh darah Kristus, sehingga kita beroleh kehormatan lagi untuk menikmati belaian kasih Bapa. Maukah sekarang kita menjadi gembala-gembala pilihan Allah untuk menjangkau mereka yang masih tercecer.
Dalam hidup bergereja, ada yang disebut Gembala Jemaat, yaitu Parhalado, dalam keluarga, adalah Bapak dan Ibu sendiri. Yesus sendirilah Gembala bagi kita, dan kita sendirilah domba-dombaNya. Mari kita laksanakan tugas penggem-balaan kita menurut teladan yang telah diberikan Yesus Sang Gembala yang baik itu. 
Kita harus belajar dari Gembala yang baik itu. Ada tiga krakter, pola hidup seorang gembala yang harus kita lakukan dalam pengembangan pelayanan kawanan domba Allah. Sebagai gembala di tengah kehidupan keluarga, masyarakat dan Gereja Tuhan, Yesus memberi teladan bagi kita jemaatNya.
Ø      Tuhan Yesus melayani domba-dombanya dengan cara yang lembut, penuh kasih sayang untuk memelihara domba-dombaNya.
Ø      Mengutamakan pelayanan yang terindah demi kelang-sungan hidup kawanan domba itu. Dengan penuh perhati-an, kewaspadaan dan kasih karuniaNya.
Ø      Dia mau menggembalakan domba-dombaNya Selasa, 06 Mei   2014
Sijahaon:
Manogot: Poda 21:1-15                                                                                                                       Jeremia 48:25-47
1. Marende BE No. 6:1-2      PUJI JAHOWA NA SANGAP                 BL. 56
1.  Puji Jahowa na sangap huhut marmulia,
     hamu sude na parroha na ringgas na ria;
     Marpungu be, marolopolop sude, hamu sude manisia.
2.  Puji Jahowa sigomgom sude parluhutan,
      na manogihon ho songon niiring ni tangan
     dohot hosam songon hombar tu roham sai diramoti ibana.
2. Turpuk:Jesaya 7:11  Pangido sada tanda di ho sian Jahowa Debatam, pangido sian banua toru, manang sian banua ginjang sahali
POS MA ROHANTA DI TUHAN I
HATORANGAN

                Apa akibat bila seseorang menolak percaya Tuhan, padahal janji-Nya jelas dan nyata? Tuhan tidak pernah ingkar janji, tetapi menolak Tuhan berarti menolak penyertaan-Nya. Kadang cara terakhir Tuhan pakai untuk menyadarkan kita tentang perlunya bersandar pada Tuhan, yaitu dengan membiarkan kita mengalami dan merasakan hidup tanpa penyertaan-Nya. Saat kita harus berjuang sendirian menghadapi tantangan kehidupan, kita sadar bahwa hanya bersama Tuhan kita bisa menang terhadap pencobaan. Jadi jangan tunggu sampai Tuhan harus bertindak demikian keras baru kita mau bertobat.
                Apakah yang dipikirkan Ahas ketika ia memutuskan untuk meminta tolong kepada Asyur? Ketika itu Ahas dalam keadaan panik dan takut, sebab Aram dan Israel akan menyerang Yehuda. Karena ketakutannya itulah maka Ahas melakukan tindakan yang "rasional". Sebagai seorang kepala negara, ia harus memikirkan keselamatan bangsanya dan dirinya sendiri. Ia tidak bisa menunggu lagi karena Aram dan Israel akan segera menghancurkan Yerusalam dan Yehuda. Ia harus bertindak cepat, berpikir logis dan minta bantuan kepada Asyur. Harus, harus, harus! Kelihatannya Ahas sudah terjebak dengan situasi. Pada waktu itu, memang tidak gampang — Ahas diminta Allah untuk beriman. Dalam situasi krisis, bukankah beriman merupakan pilihan paling akhir yang akan diambil oleh seorang yang berpikir logis?
                Ahas diminta untuk memohon sebuah tanda. Sayang sekali, Ahas sudah menutup hatinya. Ia tidak akan mengubah keputusannya untuk meminta tolong kepada Asyur. Karena itu, Tuhan memberikan tanda meskipun Ahas tidak memintanya. Pemberian tanda ini merupakan sebuah demonstrasi yang dilakukan Allah untuk menentang Ahas. Allah ingin menunjukkan bahwa janji-Nya pasti terlaksana namun Ahas tetap buta. Tanda yang diberikan adalah akan lahirnya seorang anak sebagai simbol Imanuel, simbol bahwa "Allah beserta dengan kita [umat-Nya]." Namun, Ahas tetap keras hati. Maka, Allah menunjukkan bahwa Asyur akan memusnahkan Yehuda.
Renungan: Anda boleh merasa takut. Namun, ingat bahwa mendengarkan dan menaati Allah adalah tindakan paling logis yang dapat ditempuh!
3. Tangiang Pangondianon
4. Marende No BE 352:4BEHA MA PANJALONGKU  BL. 156
Ø  Tibu ma ro Ibana Ipe sai dungo ma
     Naung ro lumbalumbana Ipe tangihon ma
     Di buha siang ari Lao ma na holom i
     Dung i satongkin nari Tiur ma sasude

5. TANGIANG ALE AMANAMI


Senin;  12 Mei  2014
Manogot; Poda 23:17-35                                                                                                     Bodari, Jeremia 51:1-33
1. Marende BE No 363:14 Hamu Saluhut Harajaon
Ø  Ho, Debatangku, pujionku Patimbulonku  sai tongtong
Mauliate ma rohangku Di Ho dibaen basaM inon
Hamu sude pe, ale dongan Dok ma mauliate i
Ai ndang he marpansohotan Do denggan ni basaNa i.
2. Turpuk: Efesus 5:19 :Hatahon hamu ma sama hamu angka ende psalmen, angka ende pujipujian dohot ende partondion; endehon jala puji hamu ma Tuhan i di bagasan rohamuna
BERSUKUR
HATORANGAN
                Rasa syukur, adalah merupakan bagian yang integral dari sukacita yang diberikan Tuhan Yesus kepada kita. Ucapan syukur, adalah tanda rasa sukacita, tentang penyertaan Tuhan atas perjalanan hidup kita. Rasa syukur, itu harus mengalir dari tindakan dan perbuatan kita. Sebab rasa syukur itu adalah tanda kesukaan akan dekatnya kita dengan Allah yang setia memelihara perjalanan hidup kita. Rasa syukur itu, timbul dari pengenalan kita akan keselamatan yang diberikan Tuhan Yesus kepada kita, sehingga kita bersukacita dan berpengharapan akan pemeliharaan Allah.
                Hidup memang tidak mudah. Namun kalau kita menoleh ke belakang, menatap ke depan dan mengadah ke atas dengan beriman, maka hidup ini terasa indah. Kita jadi merasa bahwa hidup ini sungguh berharga. Buktinya Allah sendiri menghargai hidup kita. Ia menolong kita menapaki perjalanan hidup ini dengan tuntunanNya yang penuh cinta kasih untuk menyertai kita, selamat kepada tujuan.
                Merenung seperti ini, membuka mata kita untuk mengaku: Perjalanan hidup ini sebetulnya sangat indah. Kita harus dapat merasakan, bahwa hidup ini patut disyukuri. Hidup itu, sungguh berharga, pakailah semaksimal mungkin untuk memuji dan memuliakan Allah.
                Bagaimana kita memakai hidup ini semaksimal mungkin untuk memuji dan memuliakan Allah? Buanglah segala dosa, jangan sampai ada hari-hari kita yang menjadi sia-sia, karena kita hanya bermalas-malas, tidak peduli pada kehendak Allah, tidak memberi isi dan makna kepada hari-hari kita. Jangan sampai ada hari yang menjadi rusak karena kita mewarnainya dengan rasa benci, iri atau cuma memikirkan diri sendiri. Jangan sampai ada hari yang terlewat tanpa sukacita.
Ø      Semua orang yang mengenal Dia, akan menyatakan: Besarlah nama Tuhan dan sangat terpuji Allah kita. Tuhan telah melakukan perkara besar bagi kita dengan melakukan “Perkara besar”. Ia telah bertindak mengasihi umatNya, dan tindakanNya itu akan menumbuhkan sukacita di tengah kehidupan umat percaya.
Ø      Orang yang terus-menerus melakukan kehendak Allah dan mencariNya setiap waktu, tentu akan dapat membawa kebahagian dan perdamaian dan penyembahan yang benar di hadapan Allah. Kita sekarang telah memperoleh sikap baru, dimana kita akan lebih setia, hidup sesuai dengan kehendak Allah. 
Ø      Mari kita buahkan hari-hari hidup kita menjadi berkat bagi semua orang, sebab dengan demikian kita dapat mem-buahkan kebahagiaan, perdamaian di alam sekitar kita. Sebab Tuhan telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersuka cita.
Ø      Untuk itu: Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah Bapa kita.Dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Tuhan. Amin. 
3. Tangiang Pangondinon
4. Marende B.E. No. 257:3. 257   RAJA NA TUMIMBUL  BL. 210
Ø  O ale JahowaHutundalhonhamiDosadohotjeanami.TondidohotdagingHupasahathamiTutanganmuTuhanami.Sada do i ma Ho SioloannamiPasangaponnami.

5. TANGIANG ALE AMA NAMI
MINGGU, 18  Mei2014
Ev: Ulaon Apostel 7:54-60                                                                                   Ep: Psalmen 31:2-6+16-17
1. MarendeB.E. No.202 :1-2                                  HUHAHOLONGI HO            
Ø  Huhaholongi ho gogongku Huhaholongi ho tongtong
                Marhitehite pambaenanku Nang sian nasa rohangkon
                Ai Ho do sumondangi au Ro di na mate au
Ø  Huhaholongi ho ngolungku Ai Ho do alealengki
                Sai naeng tongtong Ho pujionku Saleleng au sinondangMi
                Holong mamolin rohangki Di Ho o Jesuski.
RAP DOHOT KRISTUS DI PARADESO
HATORANGAN
Seakan belum cukup umat Tuhan menyalibkan Yesus, kini mereka menambah dosa dengan membunuh seorang murid Tuhan. Kisah martir perdana ini menunjukkan satu hal penting. Manusia berdosa tidak berdaya memerdekakan diri mereka sendiri. Hanya anugerah Allah yang bisa melepaskan mereka dari belenggu dosa. Di mata Allah dan juga gereja Tuhan, kematian Stefanus bukan merupakan kekalahan melainkan kemenangan. Itu sebabnya Stefanus mendapatkan peneguhan bahwa saat-saat genting musuh hendak menerkam, ia melihat kemuliaan Allah dan Yesus yang berdiri di samping kanan Allah (ayat 56). Ungkapan \’ Yesus berdiri\’ bisa dipahami sebagai suatu penghargaan kepada Stefanus yang rela mati demi menyatakan kebenaran Allah. Menghadapi kematiannya, Stefanus menunjukkan kebesaran hati seperti yang diperlihatkan oleh Tuhannya, yaitu mengampuni musuh (Luk 23:34).
                Tiap penderitaan yang Tuhan izinkan terjadi pada umat-Nya sebagai bagian dari pikul salib selalu mendatangkan kemajuan bagi kerajaan-Nya. Injil bertambah mahsyur, dan hamba-hamba Tuhan sejati dibangkitkan untuk menjadi agen-agen Injil Allah. Mungkin Anda adalah salah satunya! Bagian firman Tuhan yang baru saja kita baca ini merupakan salah satu kisah yang paling mengharukan. Ada beberapa hal yang membuat kisah ini begitu menyayat hati. Pertama, pembunuhan ini dilakukan atas nama Tuhan. Mereka beranggapan bahwa Stefanus menghujat Allah maka, selayaknyalah ia dihukum rajam. Kedua, pada saat meregang nyawa, Stefanus masih sempat berdoa agar Tuhan tidak menanggungkan dosa ini atas para pembunuhnya. Keduanya mengakui berbuat atas nama Tuhan, tetapi berbeda motivasi. Orang Yahudi mengkambinghitamkan Tuhan untuk melampiaskan kebencian mereka, dan melahirkan pembunuhan. Sedangkan Stefanus mengalami ini karena keyakinannya akan kebenaran sejati yaitu Yesus Kristus, melahirkan pengampunan.
                Di mata manusia, kematian Stefanus adalah peristiwa tragis karena tidak seharusnya terjadi. Namun, di mata Tuhan kematian Stefanus tidak tragis dan tidak sia-sia. Kematian Stefanus adalah bagian dari rencana Allah yang tidak sepenuhnya kita pahami namun sekurangnya bisa kita mengerti kendati hanya sebagian. Pada saat Stefanus dirajam, ada seorang pemuda yang menyaksikan kebrutalan para pembunuh itu, namanya Saulus, yang belakangan kita kenal sebagai Paulus. Di kemudian hari Paulus menjadi Stefanus yang baru, sebagai pengikut Kristus yang merisikokan hidupnya demi Yesus Tuhan. Seperti Stefanus, Paulus pun pernah dilempari batu; Paulus memahami makna menderita dan mati bagi Kristus sebab ia pernah melihat kematian Stefanus yang mulia.
Renungan: Apa yang tidak seharusnya terjadi mungkin adalah tangan Allah yang sedang memindahkan kita ke dalam rencana-Nya.
2. Marende No 128:1-2       DITANDA DEBATANTA  BL. 162
Ø  DitandaDebatanta Na di Ibana i. Na metmetnangnabalga Di nasabangso i. NdangmagoloasonNa Nang sadasian i. Ditogu  dosudenaTuhasonangan i.  Ditogu do sudenaTuhasonangan i
Ø  Ditanda do nasidaDibaenporsea do. Nasida di hataNaNaungtunasidaro. I do hangoluanNa I do guruNa i
Laos i do sinjatanaMangalodosa i. Laos i do sinjatanaMangalodosa i

3. TANGIANG ALE AMANAMI


Sabtu, 24 Mei 2014
Sijahaon:
Manogot  Poda 29:1-13                                                                                        Bodari    Jakobus 5:12-20
1. Marende B.E No.12 :1-2  DIPUJI ROHANGKON DO HO  BL. 15
1.   Dipujirohangkon do H,oJahowa, Tuhanki.
        Huhuthubaritahon do sudepambaenanMi.
2.     Huboto, Ho do mualninadenggansasude.
        Dilehon Ho do sian i godang di hami be.

2.Turpuk:Mateus9:22 Dung i humusor ma Jesus, dibereng ma ibana, laos ninna ma: Pos ma roham, ale inang, haporseaonmi do na pangoluhon ho! Dung i hipas ma boruboru i olat ni na sangombas
PORSEA MA HITA DI HUASO NI TUHAN NI
HATORANGAN
Bagi Matius, Mesias mempunyai kuasa atas hidup dan matinya manusia. Kuasa itu tampak pada Tuhan Yesus ketika Ia menyembuhkan wanita yang sudah dua belas tahun mengalami pendarahan dan membangkitkan anak kepala rumah ibadat (Mat 9:18-25). Mereka sama-sama datang kepada Tuhan Yesus dan mendapat pertolongan. Tuhan Yesus berkuasa atas kematian dan penyakit yang 12 tahun tidak tersembuhkan. Ini membuktikan bahwa Dia adalah Mesias yang mereka tunggu.
             Hanya dengan terbuka kepada karya Yesus, seseorang akan menerima pembaruan hidup sepenuhnya. Bila kita menolak percaya bahwa kuasa-Nya ada dan dapat kita alami, maka kita akan seperti orang Farisi yakni tetap tinggal buta walaupun di sekeliling kita banyak mukjizat terjadi. Atau kita akan seperti orang banyak yang tidak mengalami apa-apa saat perempuan yang sakit pendarahan itu disembuhkan. Atau kita seperti para peniup seruling dan orang banyak yang menertawakan Yesus, mereka tidak melihat kuasa-Nya dinyatakan! Hanya waktu kita memakai kaca mata iman, kuasa-Nya yang dahsyat menjadi nyata.
             Yesus memiliki kuasa mutlak atas segala sesuatu yang ada, yang sudah ada maupun yang akan ada. Tidak satu kondisi pun yang dapat membatasi Yesus untuk melaksanakan kehendak-Nya. Semua mukjizat itu bersumber dari Pribadi Yesus yang berkuasa. Anugerah Tuhan Yesus sudah tersedia bagi semua umat manusia. Dia rindu menolong kita semua. Dia mau membebaskan dan mengangkat beban yang membuat manusia menderita di dunia ini. Dari kisah ini kita belajar, bahwa semua itu tidak otomatis dapat dinikmati manusia. Anugerah tidak diobral begitu saja, tetapi diberikan kepada orang yang sungguh-sungguh haus dan merindukannya. Kita patut meneladani tindakan-tindakan iman yang berani dari kepala rumah ibadat, dari perempuan penyakit pendarahan, orang buta yang tidak berhenti berseru dan mengikut Yesus, juga dari sahabat-sahabat si bisu yang dirasuk setan. Langkah-langkah iman inilah yang menyebabkan mereka menikmati anugerah Tuhan Yesus. Iman yang menyelamatkan adalah ketaatan kepada Tuhan Yesus, Amen.
3. Tangiang Pangondianon
4. Marende B.E No. 202:3, 4                 HUHAHOLONGI HO              BL.102
Ø  Tung so jumolo Ho hutanda Ro di nahinauliMi
Tung so jumolo Ho huida  Hoartanasumurung i
Na marsak au huhuttungkiDibahenotongki
Ø  Na lilu au huhutmapitungUmbaenna so hutanda Ho
Na sorat au dibaenhuusungSudepardosaonku do
Alai nuaengmananda do Rohangkinon di Ho

5. TANGIANG ALE AMANAMI




Jumat, 30  Mei   2014
Manogot:Poda 31:1-9                                                                          Bodaari: Hesekiel 3:22-27

1. Marende B.E. No. No.186:1   TONGTONG TUTU NA DENGGAN DO
Ø  Jahowa do haposanki Na mangapoi rohangku
                Na patiurhon dalanki Bulus dibaen langkangku
                Sonang tongtong Rohangkinon Binaen ni Debatangku PatikNa do lomongku
2.Turpuk:Mateus  9:13 Alai laho ma hamu mangguruhon na nidok ni hata on: "Asi ni roha do huhalomohon, ndada pelean!" Ai ndada ro Ahu laho manjou angka partigor, asa dipauba rohana, angka pardosa do
                                            DISESA DO DOSANTA ALA ASI NI ROHANA
HATORANGAN
Orang Parisi mencela Yesus yang bergaul dengan orang-orang berdosa. Apalagi, Ia memanggil Matius si pemungut cukai menjadi murid-Nya. Matius pasti tidak pernah menduga, dirinya yang disisihkan dan dibenci oleh masyarakat, diterima dan dikasihi Yesus. Berita ini adalah berita yang sungguh luar biasa, yang harus disebarkan oleh semua orang percaya. Betapa banyak orang putus harapan, sesat, merasa diri tak berguna, dibuang bahkan dibenci masyarakat. Merasa gagal, karena tidak mampu mengejar kesalehan dan kebenaran dengan kekuatan diri sendiri. Mereka mencoba berbuat amal dan kebajikan untuk mencari berkat dan keselamatan dari Allah. Usaha ini seperti menambal baju tua dengan kain baru dan mengisi kantong anggur lama dengan air anggur baru.Perbuatan yang sia-sia dan mustahil.
                   Orang Farisi tidak dapat menerima Yesus makan bersama dengan pemungut cukai dan orang berdosa lain. Bagi mereka dan masyarakat Yahudi pada umumnya, pemungut cukai punya dosa tiga rangkap. Dianggap pengkhianat bangsa karena mau menjadi antek-antek penjajah dengan memungut pajak dari bangsanya untuk kepentingan bangsa penjajah. Dalam pandangan Taurat, ia seorang yang najis (Im 20:5). Ia se-orang yang bergaul dengan orang-orang berdosa (Im 20:10) sehingga patut dikucilkan oleh orang-orang Yahudi yang mengaku saleh. Ketika Yesus masuk ke rumah Matius dan makan bersama-sama dengan kelompok orang berdosa, Ia dianggap sudah mencederai kehormatan pemimpin Yahudi. Tujuan Yesus jelas, Ia datang untuk memanggil orang berdosa pulang. Maka ketika orang-orang seperti Matius merespons panggilan Yesus, sesungguhnya Kerajaan Surga sedang ditegakkan!
                   Terhadap orang Farisi yang mengkritik sikap-Nya mengundang Matius, Tuhan Yesus balik mengkritik mereka. Mereka tidak mengerti hakikat undangan Tuhan Yesus. Tuhan Yesus mengundang Matius karena Ia mengasihi orang berdosa dan ingin menyelamatkannya (Mat 9:13). Sikap orang Farisi ini menunjukkan bahwa mereka tidak merasa perlu mengikut Tuhan Yesus. Oleh karena itu, mereka tetap tinggal sebagai orang berdosa.
                   Peringatan Yesus ini juga berlaku bagi kita. Kita harus berhati-hati agar tidak memaksakan ajaran-ajaran Yesus ke dalam pola berpikir kita, karena Ia adalah Tuhan. Ia mempunyai hak mutlak untuk menentukan cara hidup kita. Jangan pernah mencoba memaksakan ajaran Yesus agar sesuai dengan prasangka-prasangka yang kita miliki. Marilah kita tunduk kepada-Nya, membuka hati dan pikiran, agar pengajaran Yesus menyatakan kepada kita jalan dan cara yang baru untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan.Tuhan Yesus menerima kita apa adanya, bahkan sudah mati bagi kita agar kita hidup. Tugas kita sekarang adalah mewartakan kabar baik kepada semua orang yang sama tidak layaknya dengan kita, Amen.
3. Tangiang Pangondianon
4. Marende B.E. No. 357:2    AI BEASA DI BALIAN ?   BL. 177
2.  Iluilu ni matangku Do hupangan sai tongtong
     Ala sai didok musungku Tung di dia Debatam ?
     Jala maras rohangki Mingot parmasuhonki
     Ro di girgir ni endengku  Lao tu joro ni Tuhanku.
5. TANGIANG ALE AMANAMI
Sabtu, 31  Mei   2014
Manogot:Poda 31:10-31                                                                      Bodaari: Hesekiel 4:1-17

1. Marende B.E. No. No.186:1   TONGTONG TUTU NA DENGGAN DO
Ø  Jahowa do haposanki Na mangapoi rohangku
                Na patiurhon dalanki Bulus dibaen langkangku
                Sonang tongtong Rohangkinon Binaen ni Debatangku PatikNa do lomongku
2.Turpuk:2 Samuel 7:21 Ala ni hatam, jala hombar tu roham dibahen Ho saluhut halongangan na bolon on, laho pabotohon angka i tu naposomon
HALONGANGAN DO NA BINAHEN NI DEBATA
HATORANGAN

Kehidupan kerohanian seorang Kristen dapat diukur melalui kehidupan doanya. Yang dimaksud di sini bagaimana doa itu dipanjatkan, sungguh-sungguh berkualitas dan diperkenan oleh Tuhan. Dalam bacaan kita hari ini, kita akan melihat doa Daud dan belajar untuk meningkatkan kualitas doa kita.

Pertama, doa Daud mengandung unsur kontras (2Sam 7:18-21). Ia membedakan dirinya yang begitu kecil dengan Yahweh yang begitu agung. Setelah mendengar perkataan-perkataan Natan sebelumnya, Daud tidak dapat menahan diri untuk merasa kagum karena Daud mengakui bahwa ia tidak berjasa sedikit pun untuk mendapatkan posisinya yang sekarang. Semuanya adalah belas kasihan Allah.

Kedua, doa Daud mengandung unsur doksologi atau pujian yang memuliakan Allah (2Sam 7:22-24). Kesadaran Daud tidak membuatnya menjadi kelu dan bisu, namun justru membuatnya mengagungkan Allah, bahwa Yahweh tidak bisa dibandingkan dengan allah-allah lainnya. Hal ini sekaligus juga membuat Israel sebagai bangsa yang khusus karena Allahnya khusus. Bangsa Israel perlu juga berdoa seperti Daud berdoa, merayakan kebesaran dan kebaikan Yahweh.

Ketiga, sikap Daud tidak minder atau malu di hadapan Allah. Setelah ia menaikkan pujiannya, Daud meneruskan dengan permohonan (2Sam 7:25-29). Allah memang tidak perlu memberikan anugerah-Nya yang begitu besar kepada Daud. Namun, Daud berharap agar janji Tuhan tersebut ditepati selama-lamanya. Doa yang berani ini adalah respons yang pantas setelah ia mendengarkan firman Tuhan yang disampaikan Natan sebelumnya. Seperti leluhurnya, Yakub (Kej 32:26), Daud tidak akan membiarkan Allah pergi sebelum ia mendapatkan berkat-Nya. Dengan demikian, di dalam doa ini, Daud makin memahami siapa dirinya dan siapa Allah yang disembahnya.

 Renungkan: Belajarlah hari ini untuk mengontraskan diri Anda dengan Allah, memuji kebesaran dan kasih-Nya, dan memohon dengan berani agar janji pemeliharaan-Nya bagi hidup Anda terwujud.


3. Tangiang Pangondianon
4. Marende B.E. No.          275  O JESUS TUHANKI    BL. 245
1.  O Jesus Tuhanki  HoSiparmonang i  Raja tongtong
Ndangnamargogo au Molo so Ho di au
I pedongani au Di tano on.

5. TANGIANG ALE AMANAMI
 atas kerela-anNya sendiri, serta mau memberikan nyawaNya untuk kepentingan hidup domba-dombaNya. Memang jelas, inilah keunikan Gembala yang baik itu.
4.     Marende B.E. No. 357:2                 AI BEASA DI BALIAN ?   BL. 177
2.  Iluilu ni matangku Do hupangan sai tongtong. Ala sai didok musungku Tung di dia Debatam ?
     Jala maras rohangki Mingot parmasuhonki. Ro di girgir ni endengku  Lao tu joro ni Tuhanku

5. TANGIANG ALE AMANAMI