Senin, 28 April 2014

BIK BULAN JUNI 2014

Jumat, 06 Juni   2014
Sijahaon:
Manogot: Parjamita 5:1-19                                                                                                                  Hesekiel 9:1-11
1. Marende BE No. 6:1-2      PUJI JAHOWA NA SANGAP                 BL. 56
1.  Puji Jahowa na sangap huhut marmulia,
     hamu sude na parroha na ringgas na ria;
     Marpungu be, marolopolop sude, hamu sude manisia.
2.  Puji Jahowa sigomgom sude parluhutan,
      na manogihon ho songon niiring ni tangan
     dohot hosam songon hombar tu roham sai diramoti ibana.
2. Turpuk:Ul Apostel 3:2, 8: Jadi diusung na mangusung ma sahalak na pangpang sian hatutubuna; ganup ari do ditaruhon nasida ibana tu lambung pintu ni bagas joro na margoar na uli, asa dipangido asiasi sian angka na bongot tu bagas joro i. Dung i manigor hehe ma ibana, jongjong ma huhut mardalan, dung i bongot ma ibana rap dohot nasida tu bagas joro i mardalan jala mirjahirjak huhut mamuji Debata
SOLIDARITAS
HATORANGAN
Dipartingkian nuaeng on lam ngali do ‘kepekaan ni jolma” laho manarihon angka na patut siurupan. Sasintongna ndang holan na marumanghon hepeng, materi, hataridaan holong tu dongan, alai ndang holan sebatas holan di roha sambing (simpati), alai naeng umbagas sian i do ima mangkilalahon songon dia parniahan na nia ni dongan na marsitaonon (empati). Dung jumpang roha si songon ni mangihut ma muse “pambahenan” (tindakan, aksi). Diturpuk di baritahon do songon dia sahalak na pangpang sian hatutubuna, ganup ari adong na manaruhon ibana tu bagas joro laho mangido asiasi i. Luar biasa do perhatian dohot pambahenan na rade mangusung na pangpang i ganub ari ditaruhon tu bagas joro. Di sada tingki dibereng si Petrus ma na pangpang i mangido asiasi sian ibana, diboto si Petrus do ringkot do di na pangpang i hepeng, alai dirajumi si Petrus do ummarga do hamamalum ni sahit sian hepeng i. Ala ni di palum si Petrus ma na pangpang i mangasahon Goar ni Tuhan Jesus, jala mintor malum ma tutu sahit ni na pangpang i, jala ala ni las ni roha pola mirjakirjak ibana huhut mamuji Debata. Sian pambahenan ni si Petrus i taidaa ma songon dia do huaso dohot holong ni Debata. Umbalga do dapot na pangpag i sian na hinirim ni rohana. Alai sada sitiruon sian na pangpang naung malum sian parsahitonnai i ma; di ingiot ibana do mamuji dohot mandok mauliate tu Debata.
          Hombar tusi do joujou ni turpuk on tu hita, nungga tung tangkas pambahenan ni Debata dibagasan ngolunta. Keselamatan dan panggilan pelayanan kita adalah pemberian Allah paling berharga yang tidak pernah kita harapkan sebelumnya. Nyatakan syukur Anda melalui tindakan selalu bersaksi dan bersaksi. Dipartingkian nuaeng godang do mangdopi sahit “na pangpang” (lumpuh), boi doi secara ekonomi, secara psikologi ala ni tekanan, marungkil ala ni parsahiton, dll. Alai boha do huria songon hapataran pamatang ni Kristus mamboan “kesembuhan “ tu saluhut jolma, saluhut bangso. Tabaritahon ma huaso ni Tuhan ni na tuk mangurupi hita boi malua sian ragam parungkilon i. Alai dung tajalo asiasi sian Tuhan ni unang lupa hita mamuji dohot mandok mauliate tu Debata.


3. Tangiang Pangondianon
4. Marende No BE 123:1   ALE DONGAN NA SAROHA  BL.180   
1.     Ale dongan na saroha  Manjalahi dame i
    Dompak Jesus tapasada Holong ni rohanta i
    Ai Ibana do ulunta Hita do ruasNa i.
    Tuhan Jesus do gurunta Hita siseanNa i.

5. TANGIANG ALE AMANAMI


Senin;  12 Juni  2014
Manogot; Parjamita 9:1-18                                                                                  Bodari, Hesekiel 12:1-16
1. Marende BE No 363:14 Hamu Saluhut Harajaon
Ø  Ho, Debatangku, pujionku Patimbulonku  sai tongtong
Mauliate ma rohangku Di Ho dibaen basaM inon
Hamu sude pe, ale dongan Dok ma mauliate i
Ai ndang he marpansohotan Do denggan ni basaNa i.
2. Turpuk: Pangungkapon 3:8  Huboto do angka ulaonmu. Antong, nunga hupadiri di jolom pintu naung mungkap, na so bolas hinsuon ni manang ise. Ai otik pe gogom, diradoti ho do hatangku; ndang disoadahon ho Goarhu
MANGASAHON GOAR NI TUHAN NI DO HITA MARBARITA NAULI
HATORANGAN

 Di tengah badai aniaya yang gencar melanda, sidang jemaat di Filadelfia, yang kekuatannya tidak seberapa itu, tetap menuruti firman Tuhan dan tidak menyangkal nama-Nya. Taat, tabah, dan tekun menantikan Tuhan! Bahkan secara aktif mereka memberitakan Injil dan menghantar jiwa-jiwa kepada Tuhan. Jemaat di bawah salib mengabarkan salib dan kebangkitan!

 Kristus, yakni Dia “Yang Kudus, yang Benar, yang memegang kunci Daud” menghargai perjuangan sidang jemaat tersebut. Ia berjanji akan melindungi mereka dari malapetaka yang akan melanda seluruh bumi. Maksudnya, adalah bahwa malapetaka itu tidak akan menghancurkan jemaat Filadelfia, meski menjadi kengerian bagi sekian banyak umat manusia. Dalam pada itu Tuhan menegaskan bahwa Dialah yang membuka kesempatan pekabaran Injil bagi jemaat Filadelfia di tengah-tengah gelombang aniaya itu.
                                            Di tengah berkecamuknya aniaya, Dia berkarya sedemikian rupa sehingga saat-saat seperti itu merupakan waktu dalam mana kebutuhan akan Injil semakin mendesak! Nah, ketika “pinti” itu sudah dibuka-Nya, maka siapa pun tidak dapat menutup “pintu pekabaran Injil” itu lagi. Tidak seorang pun dapat membungkam Injil. Firman Allah adalah kabar baik bagi manusia berdosa itu. Sebab tidak ada satu pun di alam semesta ini yang memiliki otoritas dan kekuatan yang dapat menandingi Tuhan, Raja Gereja!
                                            Tanggung jawab Gereja dan orang percaya adalah terus memberitakan Injil selagi kesempatan itu masih Tuhan berikan. Harga yang harus dibayar tentu ada, bahkan sering kali teramat mahal, tetapi kuasa Tuhan senantiasa beserta (ayat 10), dan sukacita mempersembahkan jiwa-jiwa kepada Tuhan bukan alang kepalang indahnya (ayat 9b).
Renungkan: Memberitakan Injil juga merupakan tugas dan tanggung jawab orang-orang Kristen saat ini. Karena itu mintalah kepada Tuhan agar diberikan kepekaan untuk melihat kesempatan pemberitaan Injil yang Ia berikan; bimbingan-Nya agar dapat menyaksikan naman-Nya kepada sesama kita, dan penyertaan-Nya sehingga dengan penuh sukacita mempersembahkan jiwa kita kepada-Nya.
3. Tangiang Pangondinon
4. Marende B.E. No 495:1  O Jesus sipangolu au.

1.                    Maringan do di surgo i, Amanta na sun gogo i,
Sai dirana pisian i, sudena langka langkangki.

5. TANGIANG ALE AMA NAMI
Rabu, 18  Juni   2014
Manogot: Jesaya 1:21-31                                                                    Hesekiel 14:12-23
1. Marende B.E. No.  202 :1-2                               HUHAHOLONGI HO            
Ø  Huhaholongi ho gogongku Huhaholongi ho tongtong
                Marhitehite pambaenanku Nang sian nasa rohangkon
                Ai Ho do sumondangi au Ro di na mate au
Ø  Huhaholongi ho ngolungku Ai Ho do alealengki
                Sai naeng tongtong Ho pujionku Saleleng au sinondangMi
                Holong mamolin rohangki Di Ho o Jesuski.
2. 1 Kronika 29:9a Jadi marlas ni roha be situan na torop i ala ringgas nasida margugu, ai sian nasa rohana mangaringgas be margugu tu Jahowa
RAP MANUMPAHI DI ULAON NI TUHAN I
HATORANGAN

Suatu pekerjaan besar tentu membutuhkan sumber-sumber yang tidak kalah besar pula. Baik prasarana maupun sumber daya manusia.Daud benar-benar serius melakukan berbagai persiapan untuk pembangunan Bait Allah (1Taw 29:2). Ia tahu bahwa itu merupakan pekerjaan besar. Di samping itu, Salomo, sebagai penerus yang kelak akan memimpin pekerjaan itu pun masih muda dan belum berpengalaman (1Taw 29:1). Maka selain meminta dukungan dari para pembesar Israel, Daud juga memotivasi mereka untuk memberikan persembahan bagi Bait Allah (1Taw 29:5). Namun Daud bukan hanya bisa bicara. Ia sendiri telah lebih dulu mempersembahkan hartanya (1Taw 29:3-5).Setelah berbicara dengan para pembesar Israel, Daud berbicara kepada segenap jemaah (1Taw 29:1). Fokus pembicaraan adalah dukungan keuangan untuk pembangunan Bait Suci. Pidato Daud dibagi dalam 3 bagian: [1] Penjelasan kebutuhan (1Taw 29:1), [2] Teladan pribadi Daud (1Taw 29:2-5a), dan [3] Tantangan Daud bagi jemaah (1Taw 29:5b).

Ajakan Daud menyebabkan para jemaah tergerak, dimulai dari para para pemimpin Israel (1Taw 22:6). Bagian ini dapat dibagi 2 bagian lagi: [1] Tindakan persembahan (1Taw 22:6-8) dan [2] Respons setelah persembahan (1Taw 22:9). Ada beberapa catatan penting di sini. Pertama, disebutkan bahwa para kepala suku, kepala puak, para kepala pasukan, dan para pemimpin pekerjaan yang memberikan persembahan. Ini mewakili seluruh rakyat Israel. Kedua, mereka memberikan dengan sukarela (1Taw 22:6). Tindakan ini tidak diwajibkan, dan para pemimpin Israel memberikan persembahan lebih dari biasanya. Ketiga, jumlah persembahan sangat besar, mencakup logam-logam berharga dan bahkan batu permata (1Taw 22:7-8). Dengan tindakan itu, jemaah dan Daud bersukacita (1Taw 22:9). Mereka memberi dengan sukarela dan sepenuh hati untuk Allah, dan ada keselarasan antara raja dan rakyatnya.
Renungkan:Marilah kita memberikan persembahan yang terbaik bagi Allah, dan persembahan yang terbaik itu ialah berikan diri Anda sendiri! Mungkin saja kita tidak bisa memberi persembahan dalam jumlah besar. Namun jangan berpikir bahwa dengan atau tanpa dukungan kita pun pelayanan dapat tetap berjalan. Itu bisa saja benar, tetapi bukan itu masalahnya. Keterlibatan melalui persembahan adalah bukti solidaritas yang membawa sukacita besar karena kita telah memuliakan Allah melalui pemberian bersama. Karena itu cobalah mulai melihat pelayanan-pelayanan yang memerlukan dukungan, dan tanyakan bagaimana Anda dapat terlibat di dalamnya.
2. Marende No 697:1         Molo Ho do huihothon
1.                    Molo Ho do huihuthon dame sonang rohangki
Sai horas jala martua nasa hinophopMi.
Ho tongtong ihuthonongku, Jesus na palua au.
Ho sambing do oloanhu ala nii martua au.


3. TANGIANG ALE AMANAMI


Selasa, 24 Juni    2014
Sijahaon:
Manogot  Jesaya 4:1-6                                                                         Hesekial 17:1-24
1. Marende B.E No.12 :1-2  DIPUJI ROHANGKON DO HO  BL. 15
1.   Dipuji rohangkon do H,o Jahowa, Tuhanki.
        Huhut hubaritahon do sude pambaenanMi.
2.     Huboto, Ho do mual ni na denggan sasude.
        Dilehon Ho do sian i godang di hami be.

2.Turpuk: Johannes 1:29 “ Torang ni arina i diida si Johannes ma Jesus ro tusi, jadi didok ma: On do Birubiru ni Debata, na mamorsan dosa ni portibi on
Birubiru ni Debata, na mamorsan dosa ni portibi on

HATORANGAN
 Yesus adalah Anak Allah. Hal ini merupakan pengakuan iman yang sangat penting. Namun, sering kita tidak mengerti dari mana asal pengakuan iman tersebut dan apa maknanya. Yohanes memperkenalkan Yesus kepada  orang banyak sebagai Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. Menurut tradisi Perjanjian Lama, Yesus adalah anak domba yang akan dikurbankan maka darahnya menjadi kurban penghapus dosa. Meskipun Yesus akan datang setelah Yohanes, keberadaan-Nya adalah kekal (Yoh 1:30). Yohanes menjadi saksi bahwa Roh Tuhan turun ke atas Yesus seperti burung merpati (ayat Yoh 1:32). Itu adalah tanda bahwa Yesuslah Anak Allah yang akan membaptis manusia dengan Roh Kudus. Yohanes menunjukkan kelebihan Yesus dibandingkan dengan dirinya. Baptisan Roh Kudus lebih berkuasa dibandingkan dengan ritual baptisan air. Yesus, Anak Allah yang kekal superior dibandingkan dengan Yohanes yang diutus untuk mendahului-Nya. Kalau begitu untuk apa Yesus dibaptis oleh Yohanes? Untuk menyatakan kepada orang banyak bahwa Yesus adalah Anak Allah (ayat 31,34). Di satu sisi, Anak Domba Allah datang untuk dikurbankan dan dicurahkan darah-Nya, di sisi lain Yesus, Anak Allah bersifat kekal dan pribadi yang diperkenan Allah untuk mencurahkan Roh-Nya. Yesus adalah Allah sendiri yang telah rela menjadi anak domba yang dikurbankan demi keselamatan manusia.

 Pengalaman dan pengetahuan Yohanes yang utuh tentang Yesus sebagai Anak Allah telah mendorongnya memberi kesaksian tentang Dia. Bagaimanakah dengan kita? Banyak di antara kita yang sering bersaksi tentang Yesus, tetapi sungguhkah kita mengenal Yesus sebagai Anak Allah? Ada juga di antara kita yang merasa telah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang utuh dengan Yesus, Anak Domba Allah, tapi sudahkah kita bersaksi tentang Dia? Dengan memahami siapa dirinya dan siapa Kristus, Yohanes tahu bagaimana dia harus bersikap dan apa yang harus dia lakukan bagi Kristus. Dia sadar bahwa dirinya tidak lebih dari Kristus, Dia tahu bahwa dirinya harus bersaksi tentang Kristus. Kita yang telah menerima anugerah keselamatan dari Kristus, kiranya juga bersikap merendahkan diri di hadapan Tuhan. Nyatakanlah itu dengan kesediaan untuk melayani Dia dan bersaksi bagi nama-Nya. Melalui kata, tindakan, dan hidup kita, biarlah orang lain melihat bahwa penebusan Kristus memberi dampak yang menyatakan kuasa dan kemuliaan-Nya di dalam hidup kita.


3. Tangiang Pangondianon
4. Marende B.E No. 407:1 PANOTNOTI MA SILANG      BL. 271.                           
1.        Panotnoti ma silang ni Tuhanta I nama
Morsan sude dosami, tinggangkon sude arsak ni rohami.
Pasesahon sude dosami.So, jo,bereng I ! Panot-noti ma silang ni
Tuhanta I, ngolumi, ngolungki sian i.

5. TANGIANG ALE AMANAMI




Senin, 30  Juni   2014
Manogot:Jesaya 7:10-25                                                     Bodaari: Hesekiel 20:18-32

1. Marende B.E. No. No.186:1   TONGTONG TUTU NA DENGGAN DO
Ø  Jahowa do haposanki Na mangapoi rohangku
                Na patiurhon dalanki Bulus dibaen langkangku
                Sonang tongtong Rohangkinon Binaen ni Debatangku PatikNa do lomongku
2.Turpuk: Al. Apostel 5:19 Alai bornginna i diungkap surusuruan ni Tuhan i ma angka pintu ni hurungan i, ditogihon ma nasida tu balian.
                                            SAI DIUNGKAP TUHAN I DO DALAN
HATORANGAN

Bagaimana sikap seharusnya gereja menghadapi penganiayaan? Adalah fakta di negara kita bahwa jumlah gereja yang dibakar, dirusak, dan ditutup paksa terus bertambah setiap tahunnya. Izin mendirikan tempat ibadah juga semakin sulit, apalagi dengan diberlakukannya SKB dua menteri. Apakah hal-hal tersebut menjadi alasan bagi gereja untuk mengambil sikap diam dan menyerah? Atau sebaliknya, maju terus memberitakan Injil karena itulah panggilan Tuhan pada gereja.

 Keadaan gereja perdana tidak jauh berbeda dari situasi sekarang. Saat itu banyak pemimpin agama yang iri dengan keberhasilan gereja perdana, terutama dalam hal memenangkan jiwa bagi Tuhan. Salah satunya adalah kelompok Saduki yang dipelopori Imam Besar (ayat 17). Mereka melakukan tindak kekerasan dengan menangkapi para rasul. Adakah tekanan yang begitu hebat membuat gereja perdana dan para rasul bungkam? Tidak! Mereka tetap berani dan lantang di muka umum memberitakan Injil Tuhan Yesus. Mengapa demikian? Pertama, karena Tuhan sendiri yang membebaskan mereka melalui malaikat-Nya. Tangan Tuhan menyertai mereka sehingga para musuh tidak berdaya. Kedua, Tuhan juga, melalui malaikat pembebas, memerintahkan mereka agar tetap setia memberitakan Kristus, firman hidup itu kepada orang banyak (ayat 20).

 Banyak kesaksian dari anak-anak Tuhan pada masa lampau maupun masa kini yang mengisahkan bagaimana penyertaan Tuhan telah membuat mereka kuat dan berani untuk tetap mengabarkan Injil walau didera penderitaan. Tidak selalu penyertaan itu berupa mukjizat kelepasan dari tangan musuh. Kadang, anak-anak Tuhan diizinkan menghadapi penderitaan dan bahkan kematian. Penyertaan Tuhan mem-buat mereka sanggup menderita dan berani menghadapi maut. Yang jelas Tuhan menjanjikan mahkota kemuliaan bagi mereka yang tetap setia dan tidak kendur mewartakan Kristus, Firman Hidup, itu untuk semua orang ( 2Tim 4:2,8).
3. Tangiang Pangondianon
4. Marende B.E. No. 706:1    Godang ni pasu-pasu I
1.                    Godang ni pasu-pasu I di lehon Tuhanki,
Tarlobi asi-asiMi marhite anakMi.
Jaloma pujianki, Jesus Sipalua I,
Boi au bongot tu surgo I,
Marnida hasangaponMi.
5. TANGIANG ALE AMANAMI