Rabu, 06 Nopember 2013
Manogot: 2 Kronika 23:7-13 Bodari:
2 Tess 1:3-10
1. Marende BE. No. 15:4 Aut Na
Saribu Hali Ganda
Ø Mauliate
ma rohangku di Ho o Debata tongtong
dibaen sude denggan
basamu naung nilehonmu di au on
ai
dipatongon ho tongtong sude na ringkot di au on
Mateus
18 :6 Alai na manggasipi sada sian na metmet on, angka na porsea di Ahu,
dengganan ma ginantungkon losung batu tu rungkungna, laho mangalonongkon ibana
tu laut na umbagas i
Unang Hita Manggasipi
HATORANGAN
Marsiadu do jolma nuaeng manggulut
angka hamoraon, hasangapon, ala ni do sai tubu angka persaingan na mansai hebat
nuaeng on. Ai mangihuthon cara pandang ni portibion molo nungga mamora jolma,
timbo pangkat, I do kunci kesuksesan, jala torop do jolma menghalalkan segala
cara asal ma dapot na pinarhagiot ni roha. Torop do jolma sai na mangigil asa
diparsangapi jolma ibana, asa di puji ibana, ujungna gabe ditengahon ma dirina
molo adong na binahenna. Roha dohot
sisongon I do gabe mambahen jolma gabe ginjang rohana. Dipatudos Jesus do
marhite turpuk on asa marroha songon dakdanak angka siseanna asa boi bongot tu
harajaon ni Debata lapatanna nasa na mangihuthon Tuhan Jesus ingkon serep
marroha. Hombar tusi ma di turpuk on dipatolhas Tuhan Jesus asa unang adong na manggasipi halak na
metmet, lapatanna sipadaoon do roha na manusai halak na pogos, halak na so
mardihadiha, angka na porsea tu Tuhan i. Ai ndang dihalomohon Debata angka na
jungkat marroha, angka na mambahen gabe targasip dongan, ai mangkorhon dosa do
pangalahoi, jala upa ni na mangulahon I ma hamatean. Antong tapasiding ma nasa
roharoha na mangambati halak laho mananda Tuhan I, alai maroha ma hita songon
roha ni dakdanak, na bulus, jujur, tulus, ai roha si songon I do na di
halomohon Tuhan I.
3.
Tangiang Pangondianon
4. Marende BE
No. 376:1 ISE NA DI PINTU I. BL. 251
1.
Ise na di pintu I? Ungkap
ma! Na jot –jot manutuk i. Ungkap ma?
Ai di pintu ni rohaM jongjong do nuaeng
Rajam, Jesus Kristus
Tuhan mi.Ungkap ma!
2.
Bege soaraNa I! Ungkap
ma,jala loas masuk i. Loas ma!
Ungkap ma, jala loas masuk I, Loas ma! Asa
bongot jesus I!
Mambaen las ni rohami, Salelenglelengna i.
Loas ma!
5.
TANGIANG ALE AMANAMI
Selasa; 12 nopember 2013
Sijahaon:
2 Kronika
25:1-6 Bodari
2 Tess 3:6-15
1.
1. Marende No.
B.E . 467:1 Asi ni rohaM
hupuji.
Ø Asi
ni rohaM hupu ji ala Ho manobus au. Di paIas Ho rohangku, ga-be
soranganMu
Au.
IngananMu rohanami. TondiMi manggohi i. Pangke dohot ngolunami gabe ulaulaMi.
Mika 7:9
Usungonku do rimas ni Jahowa, ai dompak ibana do ahu mardosa, paima dibadahon
ibana badangku, jala maruli uhum ahu dibahen. Sai toguonna do ahu sogot tu
hatiuron, idaonku do hatigoranna
Mangkirim ma hita di Tuhan i
HATORANGAN
Adong dua macam rumang ni halak na mardosa.
Parjolo, halak na mardosa alai ndang olo ibana mananda dosana/tidak mau
menyadari keberdosaannya jala ndang olo ibana paubahon rohana. Paduahon, halak
pardosa alai ditanda dosana jala olo ibana paubahon rohana dan mau berbalik
kepada Allah. Anggo bangso Israel masuk tu horong na parjolo do, alai anggo si
Mikha masuk tu horong na apaduahon i. Mikha sadar bahwa ia patut menerima
kemarahan Tuhan (9). Orang saleh juga akan menderita ketika masyarakat yang
bobrok dimana ia tinggal menjadi porak poranda. Walaupun ia tidak ikut serta
dalam kejahatan masyarakat, ia tetap harus memikul tanggung jawab tertentu atas
apa yang telah terjadi di dalam masyarakat.
Mikha
menerima semua yang menimpanya sebagai suatu keadilan. Ia tidak putus harapan
pada saat orang di sekitarnya mencemooh dia karena amarah Tuhan yang sedang
menimpanya. Ia tidak takut sekalipun ia jatuh dan duduk dalam kegelapan. Ia
hidup di dalam zaman dimana bangsanya di ambang kehancuran. Masyarakat Israel
yang korup akan segera dihancurkan dan mereka yang masih hidup akan diangkut
sebagai tawanan ke negara Asyur. Segala sesuatu di sekitar Mikha tampaknya hancur
berantakan. Sangat sulit bagi Mikha untuk percaya bahwa suatu hari kelak pagar
tembok kotanya akan dibangun kembali dan wilayah negaranya akan menjadi lebih
luas (11). Namun ia tetap yakin bahwa Allah sang Hakim Agung akan menjadi
pengacara dia dan membela perkaranya dan bangsanya. Pada akhirnya ia akan
menang bersama Tuhan. Kemurahan Allah dan kesadaran Mikha sebagai orang berdosa
yang membutuhkan anugerah pengampunan-Nya akan menjadikan ia orang yang menang
karena Tuhan. Ia tidak hanya akan menerima pengampunan dari Allah namun para
musuhnya pun nantinya akan mengakui kebenarannya (12).
Marhite
turpuk on di jouhon do tu hita asa manongtong porsea, satia jala mangkirim tu
Debata atik pe lam godang angka hamaolon na taadopi. Lam godang nueang tabege
barita angka na korupsi, perampokan, pembunuhan, ketidakadilan, dohot lan angka
na asing. Alai sada na sai tahaporseai, tongtong do mangula Debata di portibion
marhite huriana, ala ni manahan ma hita di parungkilon i, dijou do hita songon
si Mikha na mangkirim tu asi ni roha ni
Tuhan i, jala toguonna do hita sogot tu hatiuron, idaonku do hatigoranna.
3. Tangiang
Pangondianon
4. Marende B.E. No 214:1-2 SONANG DI LAMBUNG JESUS BL.161
1. Sonang di lambung
Jesus Sonang na ro tusi
Unang be ho mabiar Lao mandapothon i
Tongtong dijouhon Jesus Sai ro ma ho tu Au
Tadingkon haholomon Jala haposi Au
Sonang
di lambung Jesus Sonang na ro tusi
Unang
be ho mabiar Lao mandapothon i
2. Sonang di lambung
Jesus Rap hita lao tusi
Inganan na ummuli Do di lambungNa i
Ai nunga diparade
hasonanganta i
Asa marhasonangan Na ro tu Jesus i
Sonang di lambung Jesus
Rap hita lao tusi
Inganan na ummuli Do di lambungNa
5.
TANGIANG ALE AMANAMI
Seni,
18 Nopember 2013
Manogot: 2
Ktonika 26:1-8 Bodari 1 Timoteus 1:8-11
1. Marende
B.E.
No. No. 9 HUPUJI HOLONG NI
1. Hupuji
holong ni rohaMu, o Tuhan Jesus, Rajangki.
tu Ho hulehon ma tondingku, ai i do pinangidoMi.
Huhalupahon ma diringku, mamingkir holong ni rohaMu.
Johannes
6:56 Manang ise na manganhon dagingku jala manginum mudarhu, i do na mian di
bagasan Ahu jala Ahu di bagasan ibana
Roti Hangoluan
HATORANGAN
Persis
seperti nenek moyang mereka yang hanya menggerutu, berdebat, dan tidak percaya
dalam peristiwa manna demikian juga sikap orang-orang Yahudi ini terhadap
Yesus. Meski mereka ingin menjadikan-Nya raja dan mengakui Dia sebagai nabi,
tetapi sikap dan cara mereka bertanya jauh berbeda dengan pengakuan tersebut.
Masalah mereka adalah pernyataan Yesus bahwa Ia adalah roti yang turun dari
surga (Yoh 6:41*). Apalagi setelah Yesus menyimpulkan ajaran-Nya dengan
tantangan agar orang makan daging-Nya yang memberikan hidup (Yoh 6:51*).
Mereka sudah menikmati roti dan ikan
pemberian Tuhan Yesus, namun mereka tidak menerima Tuhan Yesus sebagai anugerah
Allah Bapa bagi mereka. Pertanyaan bagaimana yang mereka ajukan menunjukkan
bahwa cara berpikir mereka sama seperti Nikodemus dan perempuan Samaria yang
terpaku pada hal-hal lahiriah. Tuhan menandaskan lebih jauh siapa sesungguhnya
Ia dan apa saja yang Ia akan karuniakan. Ia akan membangkitkan manusia pada
akhir zaman. Ini menegaskan otoritas Ilahi-Nya (Yoh 6:47*), yang jauh melampaui
para nabi yang pernah mendengar Allah sebab Ia sudah melihat Allah (Yoh
6:45-46*). Ia bisa memberi hidup kekal, yaitu hidup yang jauh lebih penting dan
hakiki daripada hidup sementara yang ditopang oleh makanan jasmani.
Setiap
orang yang percaya kepada Kristus adalah orang yang menerima ajaran Bapa di
dalam hatinya. Ajaran yang dimaksud adalah firman Tuhan yang didengar dan
dipahami. Keyakinan kepada Yesus memberikan makna bahwa seseorang sudah tiba
pada tahap dikenyangkan, dipuaskan oleh Roti Hidup. Tuhan Yesus dalam
firman-Nya mengatakan bahwa siapa yang percaya padaNya akan memperoleh hidup
kekal.
Sakramen Perjamuan Kudus. Apa yang
Tuhan maksud ketika Ia berkata, " … makan daging-Ku
… minum darah-Ku … ?" Iman kepada Kristus adalah
respons aktif seseorang yang menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamatnya. Iman
ini mempercayai bahwa darah dan tubuh Kristus telah tercurah bagi manusia untuk
menyelamatkan manusia dari hukuman kekal. Darah yang tercurah dan tubuh yang
terkoyak di kayu salib ini menjadi satu-satunya sumber dan alasan mengapa
Kristen hidup di segala zaman. Sakramen ini mengingatkan kita pada kematian dan
pengorbanan Kristus. Mengikuti Sakramen berarti mempersegar iman percaya kita
kepada-Nya.
3. Tangiang Pangondianon
4.
Marende B.E. No 198:1 AUT UNANG HO
BL. 46
1. Aut
unang Ho jambarhu ale Jesus
Aut so mudarMu mangondihon ahu
Tung na tu dia
nama au pardosa Marhaporusan?
5.
TANGIANG ALE AMANAMI
Minggu, 24 Nopember 2013
Sijahaon:
Ev: 1 Tess
4:13-18 Ep:
Pang 7:9-17
1. Marende B.E. No. No. 9
HUPUJI HOLONG NI
1. Hupuji
holong ni rohaMu, o Tuhan Jesus, Rajangki.
tu Ho hulehon ma tondingku, ai i do pinangidoMi.
Huhalupahon
ma diringku, mamingkir holong ni rohaMu.
Pangapulion
Dibagasan Kristus
HATORANGAN
Gereja perdana memiliki keyakinan yang tidak
tergoyahkan dan pasti, bahwa sebentar lagi Kristus segera akan kembali. Bahkan
ada yang berkeyakinan sebelum mereka meninggal dunia Kristus sudah datang
kembali. Pengharapan ini: [1] membuat mereka kuat dan tegar dalam masa-masa
penganiayaan; [2] mewarnai semangat dan keberanian mereka dalam bersaksi dan
melayani; [3] mendorong dan menyegarkan kehidupan mereka, sehingga mereka
memiliki iman yang teguh di tengah badai.
Namun jemaat Tesalonika mempunyai
pertanyaan mengenai nasib saudara- saudara mereka yang telah meninggal lebih
dahulu. Mereka berduka karena mengira saudara-saudara mereka itu tidak akan
bertemu dengan Kristus lagi (1Tes 4:13*). Paulus menjawab pertanyaan mereka
dengan mengatakan bahwa baik yang sudah lebih dahulu meninggal maupun yang
masih hidup ketika Kristus datang, kedua-duanya akan bertemu dengan-Nya dan
tinggal bersama-Nya selama-lamanya (1Tes 4:14-17*). Tersirat dari teks ini
bahwa Paulus memberikan penghiburan dan kekuatan kepada jemaat Tesalonika,
bahwa tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih Kristus, mati atau hidup
semuanya kita alami karena Kristus, dengan Kristus, melalui Kristus dan
bersama-sama Kristus.
Agama Kristen adalah agama
pengharapan. Itulah sebabnya Kristen penuh dengan optimisme Injil. Ia
memproklamirkan nilai-nilai yang kreatif dan positif. Kekristenan menekankan
anugerah bukan dosa, pengampunan bukan hukuman, kasih sayang bukan penghakiman,
kemenangan bukan kekalahan, hal-hal yang abadi bukan yang temporal. Pusat dari
semua pengharapan ini adalah Kristus yang bangkit. Ia hidup sekarang,
memberikan inspirasi, membebaskan dan menyelamatkan.
Tak seorang pun tahu apa yang akan
terjadi di masa depan, apalagi yang akan terjadi sesudah kematian. Oleh karena
itu banyak orang takut menghadapi kematian. Orang Kristen di Tesalonika malah merasa
dukacita karena beberapa dari mereka telah mati. Firman Tuhan memang
mengajarkan bahwa kematian adalah upah dosa dan sesudah kematian akan datang
penghakiman. Jadi wajarlah bila timbul perasaan ngeri dan duka seperti itu.
Namun untuk orang yang beriman dalam Kristus, sebenarnya ada kebenaran lain
yang bisa memberikan kepastian dan kesukaan. Tuhan kita Yesus, telah mati dan
telah bangkit (1Tes 4:14). Orang yang mati dalam Tuhan tidak mengalami
kengerian hukuman Allah, tidak juga kehilangan kesempatan untuk berjumpa dengan
Tuhan saat Dia datang kembali. Orang yang
mati dalam Tuhan akan bertemu Tuhan (1Tes 4:14, bdk. Fil. 1:23). Dan ketika
Tuhan datang kedua kali, orang beriman yang sudah mati akan dibangkitkan dan
beroleh tubuh kebangkitan (1Tes 4:16*, bdk.1Kor 15:52).
Pengharapan mulia. Banyak orang
termasuk Kristen yang takut berpikir tentang akhir zaman. Kejadian utama pada
akhir zaman, yaitu kedatangan Tuhan Yesus Kristus kedua kali, adalah
pengharapan utama dan mulia dalam iman Kristen. Mengapa? Karena Ia akan turun
dari surga ( 1Kor 15:16), berarti kita tidak hanya beriman dan berharap tetapi
berjumpa langsung muka dengan muka. Lebih lagi, kita akan diubah menjadi baru
seutuhnya. Tubuh kita akan diubah sehingga tubuh dan roh kita akan serasi penuh
dengan kemuliaan surgawi dalam langit dan bumi baru yang akan Tuhan ciptakan
ulang kelak. Lalu sesudah itu kita akan bersama-sama dengan Dia selama-lamanya.
Betapa indah pengharapan tersebut. Itulah pengharapan yang pasti yang
memberikan kepastian bagi kehidupan kita kini.
Yesus Kristus sudah bangkit untuk
selama-lamanya. Itulah Injil pengharapan, tentang Yesus yang hidup, yang selalu
memberikan kita kekuatan.Kita sedang menjalani momen-momen sejarah yang makin
jelas menyaksikan bahwa Kristus adalah Raja.
4. Marende No B.E. No. 636:1-2 Jesus do Raja bolon I
1. Jesus
do Raja bolon i. Sigomgom nasa na adong
Hot do harajaonna I, Nang pe marujung tano on.
2.
Tangiang
nang pujian I manaek tu habangsaNa I
Mansai hushus goarNa I binahen ni pelean I
5. TANGIANG ALE AMANAMI
Sabtu,
30 Nopember
2013
Sijahaon:
Manogot: 2 Kronika
30:10-19 Bodari
1 Timoteus 4:13-16
1.
Marende No. B.E .
467:1 Asi ni rohaM hupuji.
Asi
ni rohaM hupu ji ala Ho manobus au. Di paIas Ho rohangku, ga-be soranganMu
Au.
IngananMu rohanami. TondiMi manggohi i. Pangke dohot ngolunami gabe ulaulaMi.
Pangungkapon 21:6 Laos
didok ma tu ahu: Nunga saut! Ahu do Parjolo jala Parpudi, Bonana jala Ujungna.
Lehononku ma tu na mauas sian mual aek hangoluan i, so pola tuhoron
AEK HANGOLUAN
HATORANGAN
Manang boha
pe arsak ni rohanta di portibi on, hadir do Debata ganup tingki marnida hita,
marnida angka na masa di ngolunta, mangula do Ibana pahothon panghirimon nang
haporseaonta di Ibana: Molo dung sahat hita tu HUTA NABADIA i, marlas ni roha
ma hita rap dohot Ibana: Ai apusan ni Debata ma nasa ilu-ilu sian matanta,
ndang adong be hamatean nang arsak ni roha; nang angguk-angguk, nang na hansit
i, ndang disi be; ai nunga salpu na parjolo i. Akulah yang Awal. Sebelum sejarah kebudayaan manusia dimulai, Allah
telah ada. Banyak perdebatan di dalam aliran pemikiran manusia tentang siapakah
Allah itu. Dalam hubungannya dengan Trinitas banyak orang mulai mempertanyaan
eksistensi Allah. Akulah yang awal.
Membawa pemikiran kita untuk meyakini dengan pasti bahwa Tuhan Yesuslah
pemegang kendali seluruh sejarah dunia. Tidak ada yang perlu ditakuti. Tidak
ada yang perlu dicemaskan. Tidak ada yang dapat memisahkan kita dengan kasih
Kristus yang abadi dan kekal. Kalau Kristus yang awal, berarti Dia tahu persis arah
dunia ini. Dia tahu persis kapan dunia ini akan berakhir. Dia tahu persis ke
mana ciptaan-Nya dan segala yang ada di dalamnya. Inilah pengharapan yang tidak
mengecewakan. Akulah
yang Akhir. Tuhan Yesus tidak hanya berada di awal
sejarah umat manusia. Artinya Allah juga berada diakhir sejarah hidup dan
peradaban manusia. Allah tidak hanya berada di awal peradaban manusia, tetapi
juga di akhir peradaban budaya manusia. Dengan bahasa sederhana kita dapat
berkata "akhir dunia ini berada di tangan Allah." Bukan di tangan
para ilmuwan, bukan di tangan para intelektual yang hebat sekalipun, juga bukan
di tangan para rohaniwan. Akhir dunia
ini berada di tangan Allah. Tidak ada manusia manapun di dunia yang mampu
menghalangi rencana Allah tersebut. Lehonon ni
Tuhan i ma tu angka na mauas sian mual aek hangoluan i, so pola tuhoron. Mulai sian Padan na robi dope, nunga dipangido Debata tu
bangsoNa, namandok: “O sude hamu angka
namauas, ro ma hamu tu aek on! Jala hamu angka na so marhepeng, ro ma hamu
manuhor, mamonggoli dohot manganhon! Sai ro ma hamu manuhor anggur dohot susu,
unang pola marhepeng manang mar-panuhor”. (Jes 55: 1). Jala dipabotohon
dope, jea na binahen ni bangsoNa: Ditadingkonnasida do Debata natargoar mual ni
hangoluan, laho mangkali dinasida sumur-sumur, na so marisi aek”. (Jeremia 2:
13). Didok Tuhan Jesus: “Alai namanginum aek silehononKi, na so tupa
mauas bei ro di saleleng ni lelengna. Ai anggo aek silehononki, gabe mual do i
di bagasan ibana, namabaor sahat ro di hangoluan sisaleleng-lelengna”. (Joh
4: 10, 14). Tema kehausan maradophon Debata, boi do i jahaonta di Psalm 42: 2 –
3; 36: 9; 63: 2.
Diondolhon turpuk
on Setiap orang yang hendak minum air
kehidupan boleh datang dan mengambilnya secara cuma-Cuma. Hal ini merupakan ajakan kepada setiap orang yang
ingin beroleh keselamatan untuk datang bersama-sama dengan Roh dan orang
percaya untuk mendapatkan air kehidupan, artinya keselamatan yang cuma-cuma.
3. Tangiang
Pangondianon
4. Marende BE No 356:1-2 NA MALUNGUN DO ROHANGKU BL. 179
1. Na malungun do
rohangku Tu Ho, o Debatangki
Ho do na hinaposanku Jala haporusanki
Sasude
na ro tu Ho Ndang tarurak bahenonMu
Nasa na manoisi Ho I do na pailaonMu.
2. Pabotohon ma dalanmu Dohot bogasMi di au
Asa i
ihuthononku Ale Tuhan togu au
Sian dalan na
ture Dohot tu hasintonganMu
5. TANGIANG ALE AMANAMI