Jumat, 17 Februari 2023

1 Timotius 6:6-9

 


Topik: Ibadah Disertai Rasa Syukur

1.      Tujuan utama kita dalam hidup adalah “marhadaulaton” atau “mamora dipartondion? Apakah kita mengutamakan Tuhan atau uang? Sai jumolo ma lului hamu….( Mat 6:33).

v Asa boi hita malua sian hagiothagiot mammon di portibion, ingkon tajalahi do ngolu namarhadaulaton.

v Kita bisa kehilangan uang, pekerjaan, itu biasanya, namun jika kehilangan iman kita kehilangan segalanya. Jangan biarkan uang yang mengatur hidup kita, biarkanlah uang membantu kita menjalakan hidup dengan lebih baik.

v Sikap hidup orang percaya ada dalam sikap "perjuangan iman yang baik." sebab "ada keuntungan besar dalam kesalehan dikombinasikan dengan kepuasan" (6:6), dan merekomendasikan "kebenaran, kesalehan, iman, cinta, ketekunan, kelembutan" yang akan membawa kepada hidup yang kekal (6:11- 12). Kata "kepuasan"[1] istilah Yunani autarkeia , yang menyampaikan konsep Stoic yang penting untuk tidak terganggu oleh keadaan eksternal.

v Kita kaya dan miskin adalah hasil dari pemikiran dan sikap perbuatan kita (Napoleon), sebab kita punya waktu yang sama 24 Jam. Orang bisa kaya, karena saat tidurpun mereka dapat menghasilkan uang.

v Tidak ada yang salah dengan (orang) yang memiliki kekayaan, yang salah datang dari kekayaan yang dimilikinya (Bill Graham)

2.      Asa boi malua hita sian hagiot ni mammon[2] na di portibion, ingkon tahangoluhon do roha na mandok mauliate, manghasabamhonn na adong. Orang yang tidak bersukur akan sulit untuk merasa puas, atau bahagia. Halak na boi manghasabamhon na adong ido halak na mora.

v Kekayaan tidak harus memiliki banyak harta, tapi memiliki sedikit keinginan (Epictetus). Kekayaan bukanlah miliknya yang memilikinya, namun milik orang yang menikmatinya (Benjami Pranklin)

v Uang hanyalah alat, yang membawa kita kemana kita inginkan, tetapi uang tidak bisa menggantikan kita sebagai pengemudi.

3.      Jangan hanya fokus pada hal yang pana[3], namun fokus pada hal yang kekal

4.      Kita harus belajar hidup sederhana, sebab kesederhanaan adalah inti dari kebahagiaan.  Hal yang besar itu adalah hal yang sederhana (Kasih, keadilan, harapan, tugas, kebebasan)

v Kita harus membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Molo lam godang naeng tahirim gabe lam tamba do arsakta. Ido umbahen didok nabisuk: Kekayaan terbesar adalah ketika kita miskin keinginan. Orang yang menginginka  seidkit ornaag lebih bahagia. Orang tidak kaya jika tidak bisa menikmati hartanya.

v Cara menuju bahagia, bagaiman menjaga hati bebas dari kebencian, tidak kawatir, hidup sederhana, berharap sedikit memberi banyak.

 



[1] “Kesalehan” menerjemahkan kata Yunani eusebeia dan juga bisa berarti “agama,” “kesalehan,” atau “pengabdian.” Itu sering digunakan dalam konteks ibadah Yunani-Romawi. Kesalehan telah direkomendasikan kepada Timotius dalam 4:7-8: “Latihlah dirimu dalam kesalehan, karena, meskipun latihan fisik ada nilainya, kesalehan itu berharga dalam segala hal, karena mengandung janji baik untuk hidup sekarang maupun untuk hidup yang akan datang. Perlu dicatat bahwa secara khusus kasih, ketekunan, dan kelembutan menggambarkan perilaku yang berlawanan dengan bagaimana Paulus, sebelum pertobatannya, bertindak ketika mengejar para pengikut Yesus Kristus. Kemudian dia adalah “seorang penghujat, seorang penganiaya, dan seorang yang suka melakukan kekerasan” (1 Timotius 1:13); sekarang dia percaya pada kuasa Kristus untuk pelayanannya (1 Timotius 1:12). Oleh karena itu, Paulus sendiri adalah contoh yang baik dari perilaku yang pantas bagi orang Kristen; yaitu, dia adalah contoh kehidupan yang memberikan kekayaan yang sejati dan abadi.

[2] Istilah Yunani untuk "kekayaan" yang digunakan Yesus adalah mammonas ; itu diterjemahkan dari bahasa Aram dan menunjukkan barang-barang duniawi, namun dalam arti yang menghina. Dalam perkataan Yesus yang tegas, “mamon” muncul sebagai “allah palsu” yang menghalangi penyembahan yang benar dari Allah yang sejati.

[3] Hal ini juga membantu untuk merenungkan hubungan kekayaan materi dan politik dalam konteks Kekaisaran Romawi selama abad pertama Masehi. Sebagian besar, kekayaan hanya dapat diperoleh melalui kerja sama yang berkelanjutan dengan pemerintahan Romawi. Oleh karena itu, mereka yang kaya biasanya mendukung sistem yang menindas sebagian besar penduduk demi keuntungan segelintir orang di pusat Kekaisaran.

1 Samuel 10:6-13

 

I. Patujolo

Debata do raja na mangatasi saluhut na tinompaNa, ndang adong huaso na asing dungkon ni Debata. Dipillit jala diparmudumudu Debata do angka naposoNa gabe parhitean laho patulushon sangkapNa, isara ni si Samuel, si Daud nang si Saul pe, alai saluhutnai laho patulushon lomoniroha dohot sangkap ni Debata. Hababangkit si Saul gabe raja marhite na dimiahi si Samuel, ima patuduhon dijou Debata do saluhut angka jolma laho patimbulhon harajaonNa  marhite angka naposaNa. Dipangke Debata do si Samuel laho mamiahi si Saul gabe raja, laos diigohi Tondi ni Debata do roha ni si Saul (10:1), lapatanna molo dimiahi patuduhon hatandian, hasurungan, partalian na dimiahi asa gabe ulaula ni Debata laho mamelehon dirina songon angka panurirang, malim dohot raja. Dung miahi si Samuel di Saul dipatobohon do ruhutruhut dohot tanda sihangoluhonon si Saul hombar tu hata ni Debata.

II. Hatorangan Turpuk

1.      Tondi ni Jahowa marhuaso paubahon hadiron huhut mandongani (ay 6-7). Dipabotohon si Samuel do tu si Saul paboa songgopon ni Jahowa do ibana ido patuduhon posniroha tu si Saul paboa parhitean ni Debata do si Samuel. Dilehon Debata do angka tanda namasa dohot na naeng masa asa marbisuk si Saul laho patupahon lomoniroha hombar tu sangkap ni Debata. Songon pandonganion ni Debata tu si Saul suang songon ni do pandonganion ni Debata tu angka na porsea. Didongani Debata do angka naposoNa mangulahon parsuruaonNa molo mian dibagasan hadaulaton.(pat, Ulaon Apostel 1:8, Yohanes 14:15-17)

2.      Tondi ni Jahowa mangajari asa marhaunduhon (ay 8). Parsuruan si Samuel tu si Saul asa tuat tu Gilga laho patupahon pelean situtungon dohot hamauliateon, lapatanna patuduhon parsombaon dohot mandok mauliate tu Debata jala patuduhon haunduhon, jala saluhutna ingkon diulahon marhite parsuruon ni Debata. Somalna adong huaso (otoritas absolut ni raja), alai marhite tona ni si Samuel asa dipaima ibana, ido patuduhon ingkon marguru tu pandok ni Debata do siulahononhon. Nang pe si Saul nungga bangkit gabe raja, alai ingkon hombar tu lomoniroha ni Debata do siulahononna, ala ni ma didok si Samuael asa pitu ari lelengna ibana paimahon. Lapatanna Tondi ni Jahowa ima tondi namangajari jolmai asa marhaunduhon.

3.      Tondi ni Jahowa paimbaruhon roha dohot patupa halongangan (ay-9-13). Hataridaan mananda Debata ima jumpang hamubaon niroha, songon parjumpangan si Saulus dohot Tuhani gabe marhamubaon niroha. Marhite Tondi ni Tuhan i gabe margogo si Saul manurirangi, gabe torop do longang jala sungkunsungkun marnida jala umbege panurirangon si Saul (10-13). Ndang hea si Saul di jou gabe panurirang alai gabe boi ibana manurirangi, lapatanna manang ise pe boi do dipangke Debata gabe ulaulaNa, ido umbahen didok :Tudoshon aek ni angka sunge do roha ni raja di bagasan tangan ni Jahowa, tung tu sandok lomo ni rohana do ditogutogu.(Poda 21:1). Margogo do Tondi ni Debata margogoihon saluhut angka naposaNa laho patupahon ulaon na na dengan diportibion. Ala  ni ma ingkon pos rohanta dipanjouon ni Debata hombar tu parsuruonNa di ganub ulaonta.

III. Sipahusohusoron

Marhite topik Jamita: Jangkon ma Tondi Parbadia, alani:

1.      Hasasaor ni Tondi Porbadia paingothon hita dipandonganion, pangaramotion ni Debata namanontong marhite huriaNa. Uju tardidi hita talapati doi nungga diurasi hita gabe jolma naimbaru laho mamboan haimbaruon, jala tarjou do hita manghangoluhon hamalimon na raja.  Halak naung manjanghon Tondi parbadia i do na margogo mangulahon parbue ni Tondi.

2.      Saluhut angka na porsea naung tarpilit gabe hamalimon na raja (1 Tess 1:4, 1 Pet 2:9. Dibahen i, taharinggashon sian nasa gogo, manurdukkon denggan ni parange di bagasan haporseaon i, habisuhon di bagasan parange na denggan, ala ni rade ma hita tinogihon ni Tondi ni Debata, angka i do anak ni Debata.

3.      Lam tajamothon ma ngolunta sian elaela ni tondi ni zaman on asa unang tarela hita tu hagiot ni portibion. Torop do nueng jolma tarela tu ngolu self-interest (egosentris) ndang Theosentris, pangontak ni  “spritualitas postmodern” na mangasahon gogo dohot pingkiran ni jolam jala ndang marhaposan tu hasintongan dohot huaso ni Debata. Ingkon manongtong do huria paboahon barita haluaon huhut mamboan haimbaruon partondion (transformasi rohaniah) marhite huaso ni Tondi porbadia laho pauliulihon haulion parange dohot roha dohot mangalo nasa hajahaton na patubu parungkilon ni jolma. Holan huaso ni Tondi Porbadia do na tuk margogoihon hita tu hamubaon niroha, ala ni marhaunduhon ma hita asa margogo hita patupahon parsuruaon ni Tuhani.

1 Korintus 3:1-9

 


Topik: Tua i halak na daulat maroha

Patujolo: Pada dasarnya manusia memiliki potensi sikap yang baik, dan juka sikap yang buruk, adong keinginan lahiriah dan batiniah (hagiot pardangingon dohot partondion). Dilehon Debata do tu hita partingkian, kesempatan asa boi mangolu hita gabe huria na nabadia, huria na marojahan tu lomo ni Tuhan ni (manusia rohani:pneumatikoi). Marhite turpuk on dipaingot Ap Paulus do huria Korint laho pajamothon dohot manjagahon arga ni haporseaon dohot hasadaon nasida dibagasan Kristus, i marhite sikap ngolu:

1.       Unang pangasahon habisuhon ni portibion, kita harus menuju arah baru manusia spiritual(1-4) meninggalkan kedagingan/dosa, Pertumbuhan rohani datang ketika kita diubahkan oleh firman Tuhan, menjauhi dosa.

v  Paulus mengkritik jemaat korintus yang mengganggap diri orang bijak namun mereka tidak dewasa secara rohani karena tidak ampu menerima hikmat Allah. Selama ada masih kecemburuan dan perselisihan nereka masih manusia duniawi, sebab inti dari dientitas Krsten adalah kesatuan di dalam Kristus

v  Dalanna asa boi; ingkon olo hita paubahon hadirionta, sian Kristen susu gabe Kristen makanan keras, sian kristen parroha daging gabe Kristen partondi (1-4) Ingkon adong proses pertumbuhan rohani hombar tu partingkian (1-2), menjadi dewasa secara rohani. Hata ni Debata do na margogo paulihon ngolunta ( 2 Tim 3:16)

v  Tapadao ma pangiburuon dohot parsalisian (3-5) na boi patubuhon konflik, parbadaan, sikap meng adu domba,  sikap “membandingbandingkan”. Ndang adong na tapangsahon diadopan ni Tuhan i, Holan saguru di Tuhan i do saluhutna. Molo boi pe jolma mangula di portibion, ai Debata do namanompa portibion, molo boi pe jolma manaburhon boni, ai Debata do namanompa i saluhutna. Tudos tu si do dibahen si Palus di angka na mangula di ulaon ni Tuhan , laos songon ni ma sikap naeng tarida di halak Kristen diganub angka ulaon na be.

2.       Unang adong na mamintori diri sumurung ibana sian dongganna(sikap elitis, namun kekanakkanakan), jangan mengidolakan oknum manusia(jangan mau membandingbandingkan orang lain, gereja kita dengan yang lain): alai sarupa do hita di adopan ni Tuhan i gabe pangula ni Tuhan i (Diakonoi)[1]. Dilehon Debata do tu hita ragam ni angka talenta (1 Kor 12, Ef 4:11), potensi, alai naeng ma tapangke i laho pasangaphon Tuhan i, mamuji Tuhan pasangaphon Tuhan i. Didok si Paulus ”Ai dongan pangula ni Debata do hami; hauma ni Debata, bagas ni Debata do anggo hamu( Theou sunergoi, theou gergion, theou oikodome)[2]. Kita adalah rekan kerja Allah/hanya alatNya, Kita adalah ladang Allah, Kita adalah bangunan Allah, intinya adlah Kita adalah milik Tuhan. Dan di dalam Dia, kita saling memiliki satu dengan yang lain.Prinsipnya kita harus menjaga kesatuan (Ef 4:1-7). Allah melakukan pekerjaanNa dengan kita, dan tanpa kita, pekerjaan itu tidak selesai. Kita  membutuhkan satu dengan yang lain, kita tidak bisa bekerja dengan sendirian, kita harus memiliki pertolongan satu sama lain, oleh sebab itu kita jangan menyudutkan atau menyepelekan  kelemahan dan kekurangan orang lain,karena itu akan menimbulkan konflik/perpecahan[3]: Sikap mau menerima kelebihan dan kelemahan sesama adalah bukti dari sikap orang Kristen (huria naung matoras). Di dalam gereja tidak ada yang perlu di tokohkan, tidak ada yang paling berjasa.

3.       Unang adong parbolatbolanton(fasionalisme,seperti filsuf Yunani yang memiliki pengikut masing2), Pamatang ni Kristus do hita. Sada do ojahan ni ngolunta i ma Kristus Jesus Tuhan I, kita harus fokus kepada Allah (5-9).  Allah yang memberi pertumbuhan(kata kerja imperpect tense, tindakan yang terus menerus), manusia hanya melakukan/ikit terlibat saja, namun buahnya hanya Tuhan yang menentukan.  Ala ni unang masipatimbo dirina hita, marasingasing pe hita asa masitupahan do, taingot ma Kristus do ajahan ni parsaoranta. Tajamothon ma asa unang ala ni parasingan, peberdaan pilihan dan pendapat gabe mambahen hita marbolatbolat. Antong taehahi ma asa huria na matoras hita, huria lam tang, asa togu hadasaonta.

4.       Dengan menggunakan analogi bangunan, maka kita semua rekan sekerja Tuhan. Saat kita fokus pada Tuhan, maka segala sesuatu kita lihat dalam hubungan dengan Tuhan. Kita memili fungsi, dan talenta yang berbeda namun tujuannya adalah sama, menghasilkan panen yang berlimpah. Kita harus melawan harga diri kita, merendahkan diri dan meningglaja dosa dan fokus pada Tuhan, dan saat itulah kita benar2 bertumbuh.   

 



[1] Kata yunani diakonein artinya: melayani meja,melayani kebutuhan2 fisik Diakonoi yang dberi tanggungjawab tertentu oleh Tuhan.

[2] Oikodome dari kata dasar bahasa Yunani oikos dan doma. Oikos: semua manusia satu keluarga, keluarga Allah, Gereja, satu banga, satu groub. Doma artinya, sebuah bangunan, rumah, sebuah tempat meditasi danberdoa. (dari kata oikos tersebutlah muncul kata ekologi-ekonomi-oikumene), oikeoi: penghuni rumah tangga. Kata tersebut mengandung makna membangun persekutuan (komunitas), membangun persekutuan mencakup semuan orang termasuk di dalam oikodame (kata kerja). Oikudame adalah pembangunan yag terus menerus dari oikos sebagai satu keseluruhan. Agar semua mendapat pemulihan, baik yang menderita, dan saling berbagi satu dengan yg lain.

1 Orang yang berkonflik adalah sebuah kekalahan (1 Kor 6:1-9). Konflik akan selalu ada, jika tidak memiliki pemimpin yang berhikmat (1 Kor 6:4). Atasi konflik secara kristiani (1 Kor 1:10). Atasi konflik secepatnya (Poda 17:14)perli sikap menahan diri dan kepala dingin (Poda 17:27)

 

Heber 12:18-29

 


Ibadah yang berkenan kepada Tuhan

Holan marhite asiniroha sambing do jolmai taruli haluan dibagasan Jesus(bindu 11), ala ni ma dipamanat diparlojongon ni haporseaon asa tangkas marojahan tu Jesus ojahan ni haporseaon i (12:1-3). Laos dipaingot huriai asa benget manaon haporsuhon molo songgop pangunjunon gabe dalanmai lam papitahon hapolinon haporseaon, mangolu dibagasan holong dohot habadioan (12:4-13), mangolu dibagasan ulaon na denggan paulihon huria i (14-17), laos dipaingot parasingan pangantusion Dolok Sinai dohot Dolok Sion (18-24), dan nasehat beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut (25-29)

1.       Ibadah kita bukan orientasi fisik-duniawi(Sinai) namun Rohani-Sorgawi (Sion). Transisi dari Musa kepada Yesus menandai transisi dari prinsip usaha manusia ke prinsip anugerah. Harus memilih antara hadiah, duniawi, kerajaan Yahudi (Gunung Sinai) dengan kuil duniawinya, atau kerajaan abadi yang dijanjikan Tuhan (Gunung Sion). Orang-orang Kristen Ibrani ini tergoda untuk kembali ke unsur-unsur pengemis dari hukum, dan menempatkan diri mereka di bawah perbudakan untuk menghindari sedikit ketidaknyamanan, celaan dan penganiayaan. Untuk mendorong mereka, kontras antara hukum dan kasih karunia, Gunung Sinai dan Sion, sekarang disajikan. PL bersifat fisik dan duniawi; PB bersifat rohani dan surgawi. PL membuat jarak antara Allah yang kudus dan orang-orang berdosa. PB mengundang kita untuk tinggal di kota Allah yang hidup melalui darah Yesus. Artinya Jika kita percaya pada darah Yesus, kita tidak datang pada kengerian hukum, tetapi pada sukacita PB.

v  Kedua gunung itu sebagai symbol konstruksi teologis, dua cara memahami hubungan dengan Tuhan, kontras antara PL yang diberikan oleh Allah kepada Musa di Gunung Sinai dan PB tentang kasih karunia melalui darah Mesias yang dicurahkan. orang-orang Yahudi tidak dapat menyentuh Gunung Sinai atau mereka akan mati, yang juga merupakan gambaran dari kuasa Hukum yang menempatkan manusia di bawah "kutukan", tetapi "Kristus menebus kita dari kutukan Hukum." (Gal 3:13) Dengan kata lain, Sinai tidak memberikan kekuatan untuk mengalahkan kuasa dosa. menarik pelajaran spiritual yang jelas bahwa Sinai bukanlah jalan menuju kehidupan tetapi jalan menuju kematian. Memelihara Hukum tidak ada orang yang dapat dibenarkan dan tidak ada orang yang dibenarkan yang dapat dikuduskan dengan mencoba menaati Hukum (lih Gal 3:2-3). Hukum itu baik, karena dapat menuntun jiwa yang rendah hati kepada kasih karunia. Namun perbandingan bahwa sistem Kristen jauh lebih unggul dalam segala hal daripada sistem Yahudi. Ayat 19: Hukum itu tidak dapat menyelamatkan manusia. Hukum menguasai kita, membunuh kita. Setiap orang berdosa yang berdiri di kaki Sinai dilumpuhkan oleh ketakutan. Kata "menyentuh" di sini adalah thiggano "menyentuh, menangani." Ini menyiratkan sentuhan atau genggaman yang mempengaruhi objek. Dalam bahasa Yunani klasik sering digunakan untuk menyentuh atau memegang benda suci yang mungkin dinodai oleh orang yang meletakkan tangannya di atasnya. Di sini, menyentuh gunung, berarti mencemarkannya.

v  Ibadah bukan menakutkan namun membebaskan. Perbedaan antara hukum (Gunung Sinai) dan Injil (Gunung Sion),  mengingat saat orang Israel mengalami pengalaman di Gunung Sinai yang begitu gelap dan badai sehingga mereka bersembunyi ketakutan (Kel 20:18-19). Bagi mereka, kehadiran Tuhan, bahkan dalam anugerah hukum-Nya yang penuh kasih, terasa gelap dan menakutkan. Ini karena, sebagai orang berdosa, orang Israel tidak dapat hidup sesuai dengan standar Allah. Dosa mereka menyebabkan mereka berjalan dalam kegelapan dan ketakutan (Ibrani 12:18-21). Tapi Tuhan adalah cahaya; di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan (1 Yoh 1:5). Dalam Ibrani 12, Gunung Sinai melambangkan kekudusan Allah dan kehidupan lama ketidaktaatan kita, sementara keindahan Gunung Sion melambangkan anugerah Allah dan kehidupan baru orang percaya di dalam Yesus, "perantara dari perjanjian baru" (ay. 22-24). Siapa pun yang mengikuti Yesus “tidak akan pernah berjalan dalam kegelapan, tetapi akan memiliki terang kehidupan” (Yoh 8:12)

v  Orang Yahudi mengenal terompet, karena terompet digunakan untuk menyatakan perang, mengumumkan waktu dan musim khusus, dan untuk mengumpulkan orang- orang dalam perjalanan (Bil 10). Di Kekaisaran Romawi, terompet digunakan untuk mengumumkan kedatangan orang besar. Ketika Tuhan memberikan Hukum kepada Israel, peristiwa itu didahului oleh tiupan terompet. Ada suara dari Sion; ada suara yang menggelegar di atas kepala rombongan malaikat yang tak terhitung banyaknya. Suara Tuhan penuh keagungan, dan sangat nyaman bagi “kumpulan anak-anak sulung” (Ibr 12:23), yang mengenal suara sukacita. Suara Tuhan berbicara tentang kehidupan, pengampunan, rekonsiliasi, penerimaan, sukacita, kebahagiaan abadi!. Dalam Injil, kita memiliki jaminan bahwa hubungan kita dengan Hakim Sinai aman karena darah Yesus terus berbicara lebih baik tentang kita. Agar didorong untuk mengejar kehidupan kekudusan dan ketekunan (23-24).

2.       Ibadah yang berkenaan adalah memahami persekutuan secara universal bukan parsial. Dalam Yesus kita memiliki hak istimewa dan kemuliaan ibadah. Dia menyatakan bahwa kita telah datang ke “Yerusalem surgawi[1], ke kumpulan malaikat yang tak terhitung banyaknya, ke majelis umum dan gereja anak sulung” (12:22-23). Penulis tidak mengatakan, "Kamu akan datang," seolah-olah dia sedang menggambarkan beberapa pengalaman masa depan di sisi lain kematian. Kami adalah bagian dari persekutuan universal sekarang. Ketika kita beribadah, kita berkumpul dengan orang-orang percaya dari semua bangsa—dengan semua yang menyanyikan pujian yang sama, membaca Alkitab yang sama, dan merendahkan diri di hadapan Tuhan yang sama. Kita menyembah Tuhan bersama para malaikat (Wahyu 5:12). Apakah kita bertemu dengan segelintir atau dengan ratusan, mari bergabung dengan rombongan besar para malaikat dan rekan-rekan seiman kita di seluruh dunia dalam mengangkat hati kita dalam pujian.

3.       Ibadah yang berkenaan adalah hidup dalam ketaatan, mempersiapkan diri, menyembahNya dengan takut akan Tuhan  sebab Allah yang kita sembah Allah seperti Api yang menghukum orang yang tidak patuh.  (25-29). Peringatan PB jauh lebih intens karena berkat PB jauh lebih intens. Berkat-berkat dari PL adalah duniawi, fisik, dan materi. Namun, berkat dari PB bersifat surgawi, rohani, dan kekal. Hal yang yang didunia ini tidak akan bertahan, semua bisa terguncang (ekonomi, jabatan, kesehatan, dll), namun Tuhan membawa kita pada hal yang kekal yang tidak tergoyahkan. Inventasikan hidup kita untuk yang kekal.



[1] Israel memahami Yerusalem  menjadi  simbol  dari  semua  yang  memulihkan.  Dalam  Yudaisme  bait  kedua,  orang  Yahudi  kadang-kadang  berbicara  tentang  "Yerusalem  baru" ,  yang  surgawi,  sempurna.  Demikian  pula  dalam  PB.  Paulus  dapat  berbicara  tentang  “Yerusalem  yang  di  atas” (Gal.  4:26),  Yerusalem  Baru  turun  dari  surga  (Wahyu  21). Kedua,  jika  orang  Kristen  telah  “datang”  ke  “Yerusalem  surgawi”  ini. Artinya  menjadi  orang  Kristen  kita  telah  bergabung  dengan  perkumpulan  orang-orang  yang  “berkumpul”  di  hadapan  hadirat  Allah  yang  hidup.  Kewarganegaraan  kita  ada  di  surga;  nama  kita  tertulis  di  surga.  Kami  bergabung  dengan  kumpulan  ribuan  malaikat  yang  tak  terhitung  jumlahnya  di  sekitar  takhta.  Singkatnya,  kita  telah  “datang  kepada  Allah,  hakim  semua  manusia”;  kita  telah bergabung  dengan  "roh  orang  benar  yang  disempurnakan" (Ibr.  12:23).  Di  atas  segalanya,  kita  telah  datang  “kepada  Yesus,  perantara  perjanjian  baru” (12:24).  Inilah  visi  utama  tentang  apa  artinya  menjadi  “gereja  anak-anak  sulung”  yang  berkumpul  (Ibr.  12:23).

Ayub 12:13-25


Topik: Debata Haroroan ni gogo dohot Bisuk/Allah sumber kekuatan dan Hikmat

Kitab Ayub bukan semata berbicara tentang penderitaan, namun tujuannnya adalah bagaimana cara Tuhan mervolusi pemikiran kita tentang Tuhan dan cara dia mengatur dunia. Kita tidak hanya berbicara tentang keadilan, tapi kita harus percaya pada hikmah Tuhan, dengan hikmat Tuhan iman kita juga akan melihat Tuhan yang adil. Kita tidak akan mampu mengevaluasi keadilan Tuhan, karena kita mahluk terbatas. Jadi hal yang utama adalah bukan membahas mengapa orang benar menderita, tapi tentang hal kebenaran. Kita perlu merubah konsep tentang Tuhan dan pemahaman tentang kebijakan Tuhan perlu dirubah.

Selalu ada orang yang menilai hidup kita dan bahkan menghakimi hidup kita, sebagaimana teman Ayub (Elifas,  Bildan dan Zopar). Bisa saja orang yang mengasihi memberikan nasehat yang salah karena pemahaman yang sempit akan Tuhan, apakah kita berbuat dosa buat teman kita..? Pesan dan makna teks ini adalah:

1.       Kita harus sadar bahwa manusia adalah insan yang terbatas namun Allah adalah tanpa batas, hikmat Allah tidak terselami. Bila kita selalu “merasa benar”, merasa lebih dari orang lain maka kita bisa jatuh pada kesombongan.  Hati adalah pusat kerendahan hati namun pikiran menjadi sumber kesombongan. Kesombongan penghalang kebijaksanaan, kesombongan membunuh rasa ingin tahu dan banyak perkataan tapi tidak ada perbuatan.

a.       Sulit kita memahami secara rasional kenapa orang yang jujur dan saleh menderita. Teman Ayub melihat penderitaan dari sudut pandang manusia, bukan dari  rencana Tuhan. Hati hati jangan sampai ide-ide menunjukkan kesombongan

b.       Semakin dekat kita dengan Tuhan, mungkin  main banyak ejekan yang kita hadapi

2.       TUHAN PEMEGANG KENDALI, Dia perkasa dan berkuasa. Kita harus mengakui bahwa Kuasa Allah tak terhingga(Maha kuasa), jika Tuhan berkehendak:(ay 16-25)

a.       Tuhan mampu mempermalukan orang menyombongkan jabatanya

b.       Mempermalukan orang yang mengandalkan kepintarannya

c.       Tuhan akan menghakimi orang tidak melakukan keadilan(Hakim)

d.       Tuhan akan membuka kebenaran ditengah kegelapan kejahatan

e.       Kuasa Tuhan itu sangat dasyat, Tuhan menghancurkan dalam sekejeb dan memulihkan keadaan suatu bangsa.

Renungan

1.       Hati-hati dengan ide-ide teman kita, teman bisa mengcewakan kita tapi tuhan tidak apakah membuat kita menjadi pribadi mendekatkan pada Tuhan atau menjaukan kita.  Kita harus sadar bahwa kita adalah mahluk terbatas, namun kita memiliki Allah yang tanpa batas. Apa yang benar menurut kita belum tentu benar bagi Tuhan. Biarkan Roh Kudus bekerja dalam hidu kita.

2.       Jangan melihat hidup di dunia ini dengan kaca mata manusia semata. Jangan pernah menyombongkan diri, sebab apapun yang kita miliki itu hanya sementara/fana. Hati-hati dalam memberi nasehat, bisa saja apa yang kita sampaikan adalah salah bukan kebenaran.

3.       Tidak ada murid yang tidak menguji Ujian, dan dari ujian itu akan diperoleh hasil. Demikian gambaran hidup orang beiriman akan menjalani ujian kehidupan.  Dalam hidup ini ada cukup banyak alasan membuat kita jatuh pada sikap keputusasaan (mandele, mandate), namun bagi orang percaya harus mengakui sungguh sangat banyak sekali alasan bagi kita untuk tidak menyerah dan tidak pernah putus asa. Hidup dan cara hidup Ayub menjadi teladan iman bagi kita bagaimana kita bertahan dalam penderitaan. Kehidupan Ayub juga akan menjadi semangat, motivasi, teladan iman kita saat ini.

4.       Hidup bukan hanya kita lihat secara fisik, namun secara rohani.  

Jakobus 3:13-18


Topik: Habisuhon Nasian Ginjang/Hikmat dari atas

Hal fenomena saat ini meningkatkan kejahatan, timbul dari rasa iri, cemburu, akhirnya melakukan kejahatan. Iman yang tidak menghasilkan perubahan hidup yang nyata(kebajikan) adalah iman yang mati, tidak bernilai (Yak 2:17)[1]. Konteks Surat Yakobus jemaat mengalami berbagai macam pencobaan, Yakobus menekankan sikap sukacita dan ketekunan dan meminta hikmat dari Tuhan (Yak 1:5). Artinya hanya hikmat Tuhan melahirkan sukacita dan ketekunan. Harus ada bukti iman, jangan munafik, lain dibibir lain dihati. Iman itu harus kongkrit. Salah satu buktinya adalah hidup dalam hikmat dan perdamaian dalam komunitas Kristen (3:1-4:12). Adong dua habisuhon jala pantas maroha sian banua ginjang dohot habisuhon sian portibion.

1.      Hikmat dari Tuhan, habisunon nabadia: Wisdom of God, chokmah:pengetahuan (Ibr.daat) dan pemahaman (Ibr.binah),  sophia; Artinya pengetahuan dan pemahaman didasarkan pada iman kepada Tuhan/takut akan Tuhan. Pengkotbah mengajarkan iman sangat penting untuk menemukan makna hidup. Hidup yang bermakan adalah takut akan Tuhan. Maka kebijaksanaan adalah kunci menerima sukacita dalam menghadapi pencobaan. Kerendahan hati adalah jalan menuju kebijaksanaan. Halambohon, habisuhon na sian ginjang i, sandok na bontor do i, olo mardame, lambok, pangoloi, gok asi ni roha dohot parbue hadengganon, dao sian hagangguon nang pangansion

v  Yesus mengajarkan bahwa iman adalah perpektif hidup yang memiliki tujuan(Ketika terjadi penderitaan kita harus melihat apa tujuan Tuhan, bukan mencari penyebabnya). Kita harus memahmi penderitaan dengan iman (Yak 1:5-6)

v  Orang yang berhikmat menikmati hidup sebuah perjalanan dan bukan melihat hidup ini sebagai sebuah kompetisi

v  Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.(1 Kor 13:4)

v  Hikmat dari Allah membawa kita menjadi pribadi yang takut akan Tuhan, muaranya percaya pada Yesus, sebagai hikmah Allah. (1 Kor 1:24)

v  Orang yang memiliki hikmat Allah akan menunjukkan dalam cara mereka hidup (ay 13)

2.      Bisuk sian roha ni jolma, sian sibolis, ima pangiburuon dohot hatongkaron disi ma hagaoron dohot sandok ulaon hajahaton.(persahabatan dengan dunia, hikmat duniawi mengarah pada kecemburuan, egois)

v Orang yang iri tidak pernah merasa bahagia, kecemburuan adalah penyakit, kita hanya menghitung berkat orang lain, bukan apa yang kita miliki. Jika kita cemuru, iri, benci, maka hati kita yang berubah jadi tidak tenang, bukan orang lain.

v Hati yang mulia adalah tidak cemburu. Orang yang Cemburu, iri adalah seperti kalajengking yang mebalikan sengatan beracun ke dirinya sendiri.

v  Kebencian itu ibarat meinum racun dan berharap orang lain mati.

v  Membandingkan itu adalah sikap bodoh, sebab semua orang itu unik dan tidak ada bandingannya. Maka jangan pernah membandingkan diri anda dengan yang lain

v  Cemburu itu menyusahkan orang lain tapi menyiksa diri sendiri. Cemburu itu adalah nafsu yang paling jahat, ibu yang melahirkan tragedi dan pembunuhan



[1] Surat Yakobus ditulis di Yerusalem (44/62 M), ditujukan kepada 12 Suku Isarel diaspora di seluruh Yudea, Samaria, dampak pembunuhan Stefanus banyak yang melarikan diri(mengunsi), mencari tempat aman. Awal gereja mulamula, takkala semakin banyak orang percaya dari non Yahudi, menimbulkan juga polemic, apakah menyesuaikan diri dengan Yudaisme.