Jumat, 06 Juni 2014
Sijahaon:
Manogot:
Parjamita 5:1-19 Hesekiel
9:1-11
1.
Marende BE No. 6:1-2 PUJI JAHOWA NA SANGAP BL. 56
1. Puji Jahowa na sangap huhut marmulia,
hamu sude na parroha na ringgas na ria;
Marpungu be, marolopolop sude, hamu sude
manisia.
2. Puji Jahowa sigomgom sude parluhutan,
na
manogihon ho songon niiring ni tangan
dohot hosam songon hombar tu roham sai
diramoti ibana.
2.
Turpuk:Ul
Apostel 3:2, 8: Jadi diusung na mangusung ma sahalak na pangpang sian
hatutubuna; ganup ari do ditaruhon nasida ibana tu lambung pintu ni bagas joro
na margoar na uli, asa dipangido asiasi sian angka na bongot tu bagas joro i.
Dung i manigor hehe ma ibana, jongjong ma huhut mardalan, dung i bongot ma
ibana rap dohot nasida tu bagas joro i mardalan jala mirjahirjak huhut mamuji
Debata
SOLIDARITAS
HATORANGAN
Dipartingkian nuaeng on lam
ngali do ‘kepekaan ni jolma” laho manarihon angka na patut siurupan.
Sasintongna ndang holan na marumanghon hepeng, materi, hataridaan holong tu
dongan, alai ndang holan sebatas holan di roha sambing (simpati), alai naeng
umbagas sian i do ima mangkilalahon songon dia parniahan na nia ni dongan na
marsitaonon (empati). Dung jumpang roha si songon ni mangihut ma muse “pambahenan”
(tindakan, aksi). Diturpuk di baritahon do songon dia sahalak na pangpang sian
hatutubuna, ganup ari adong na manaruhon ibana tu bagas joro laho mangido
asiasi i. Luar biasa do perhatian dohot pambahenan na rade mangusung na
pangpang i ganub ari ditaruhon tu bagas joro. Di sada tingki dibereng si Petrus
ma na pangpang i mangido asiasi sian ibana, diboto si Petrus do ringkot do di
na pangpang i hepeng, alai dirajumi si Petrus do ummarga do hamamalum ni sahit
sian hepeng i. Ala ni di palum si Petrus ma na pangpang i mangasahon Goar ni
Tuhan Jesus, jala mintor malum ma tutu sahit ni na pangpang i, jala ala ni las
ni roha pola mirjakirjak ibana huhut mamuji Debata. Sian pambahenan ni si
Petrus i taidaa ma songon dia do huaso dohot holong ni Debata. Umbalga do dapot
na pangpag i sian na hinirim ni rohana. Alai sada sitiruon sian na pangpang
naung malum sian parsahitonnai i ma; di ingiot ibana do mamuji dohot mandok
mauliate tu Debata.
Hombar tusi do joujou ni turpuk on tu
hita, nungga tung tangkas pambahenan ni Debata dibagasan ngolunta. Keselamatan
dan panggilan pelayanan kita adalah pemberian Allah paling berharga yang tidak
pernah kita harapkan sebelumnya. Nyatakan syukur Anda melalui tindakan selalu
bersaksi dan bersaksi. Dipartingkian nuaeng godang do mangdopi sahit “na
pangpang” (lumpuh), boi doi secara ekonomi, secara psikologi ala ni tekanan,
marungkil ala ni parsahiton, dll. Alai boha do huria songon hapataran pamatang
ni Kristus mamboan “kesembuhan “ tu saluhut jolma, saluhut bangso. Tabaritahon
ma huaso ni Tuhan ni na tuk mangurupi hita boi malua sian ragam parungkilon i.
Alai dung tajalo asiasi sian Tuhan ni unang lupa hita mamuji dohot mandok
mauliate tu Debata.
3.
Tangiang Pangondianon
4. Marende No BE 123:1 ALE DONGAN NA SAROHA BL.180
1. Ale
dongan na saroha Manjalahi dame i
Dompak Jesus tapasada
Holong ni rohanta i
Ai Ibana do ulunta Hita
do ruasNa i.
Tuhan Jesus do gurunta
Hita siseanNa i.
5.
TANGIANG ALE AMANAMI
Senin; 12 Juni
2014
Manogot;
Parjamita 9:1-18 Bodari,
Hesekiel 12:1-16
1.
Marende BE No 363:14 Hamu Saluhut Harajaon
Ø Ho, Debatangku,
pujionku Patimbulonku sai tongtong
Mauliate ma rohangku
Di Ho dibaen basaM inon
Hamu sude pe, ale
dongan Dok ma mauliate i
Ai ndang he
marpansohotan Do denggan ni basaNa i.
2.
Turpuk:
Pangungkapon 3:8 Huboto do angka
ulaonmu. Antong, nunga hupadiri di jolom pintu naung mungkap, na so bolas
hinsuon ni manang ise. Ai otik pe gogom, diradoti ho do hatangku; ndang
disoadahon ho Goarhu
MANGASAHON
GOAR NI TUHAN NI DO HITA MARBARITA NAULI
HATORANGAN
Di tengah badai aniaya
yang gencar melanda, sidang jemaat di Filadelfia, yang kekuatannya tidak
seberapa itu, tetap menuruti firman Tuhan dan tidak menyangkal nama-Nya. Taat,
tabah, dan tekun menantikan Tuhan! Bahkan secara aktif mereka memberitakan
Injil dan menghantar jiwa-jiwa kepada Tuhan. Jemaat di bawah salib mengabarkan
salib dan kebangkitan!
Kristus, yakni Dia
“Yang Kudus, yang Benar, yang memegang kunci Daud” menghargai perjuangan sidang
jemaat tersebut. Ia berjanji akan melindungi mereka dari malapetaka yang akan
melanda seluruh bumi. Maksudnya, adalah bahwa malapetaka itu tidak akan
menghancurkan jemaat Filadelfia, meski menjadi kengerian bagi sekian banyak
umat manusia. Dalam pada itu Tuhan menegaskan bahwa Dialah yang membuka
kesempatan pekabaran Injil bagi jemaat Filadelfia di tengah-tengah gelombang
aniaya itu.
Di
tengah berkecamuknya aniaya, Dia berkarya sedemikian rupa sehingga saat-saat
seperti itu merupakan waktu dalam mana kebutuhan akan Injil semakin mendesak!
Nah, ketika “pinti” itu sudah dibuka-Nya, maka siapa pun tidak dapat menutup
“pintu pekabaran Injil” itu lagi. Tidak seorang pun dapat membungkam Injil.
Firman Allah adalah kabar baik bagi manusia berdosa itu. Sebab tidak ada satu
pun di alam semesta ini yang memiliki otoritas dan kekuatan yang dapat
menandingi Tuhan, Raja Gereja!
Tanggung
jawab Gereja dan orang percaya adalah terus memberitakan Injil selagi
kesempatan itu masih Tuhan berikan. Harga yang harus dibayar tentu ada, bahkan
sering kali teramat mahal, tetapi kuasa Tuhan senantiasa beserta (ayat 10), dan
sukacita mempersembahkan jiwa-jiwa kepada Tuhan bukan alang kepalang indahnya
(ayat 9b).
Renungkan: Memberitakan Injil juga merupakan tugas dan
tanggung jawab orang-orang Kristen saat ini. Karena itu mintalah kepada Tuhan
agar diberikan kepekaan untuk melihat kesempatan pemberitaan Injil yang Ia
berikan; bimbingan-Nya agar dapat menyaksikan naman-Nya kepada sesama kita, dan
penyertaan-Nya sehingga dengan penuh sukacita mempersembahkan jiwa kita
kepada-Nya.
3.
Tangiang Pangondinon
4.
Marende B.E. No 495:1 O Jesus sipangolu au.
1.
Maringan
do di surgo i, Amanta na sun gogo i,
Sai dirana pisian
i, sudena langka langkangki.
5.
TANGIANG ALE AMA NAMI
Rabu,
18 Juni
2014
Manogot:
Jesaya 1:21-31 Hesekiel
14:12-23
1. Marende B.E. No.
202 :1-2 HUHAHOLONGI HO
Ø Huhaholongi ho
gogongku Huhaholongi ho tongtong
Marhitehite
pambaenanku Nang sian nasa rohangkon
Ai
Ho do sumondangi au Ro di na mate au
Ø Huhaholongi ho
ngolungku Ai Ho do alealengki
Sai
naeng tongtong Ho pujionku Saleleng au sinondangMi
Holong
mamolin rohangki Di Ho o Jesuski.
2. 1 Kronika 29:9a
Jadi marlas ni roha be situan na torop i ala ringgas nasida margugu, ai sian
nasa rohana mangaringgas be margugu tu Jahowa
RAP
MANUMPAHI DI ULAON NI TUHAN I
HATORANGAN
Suatu pekerjaan besar tentu
membutuhkan sumber-sumber yang tidak kalah besar pula. Baik prasarana maupun
sumber daya manusia.Daud benar-benar serius melakukan berbagai persiapan untuk
pembangunan Bait Allah (1Taw 29:2). Ia tahu bahwa itu merupakan pekerjaan
besar. Di samping itu, Salomo, sebagai penerus yang kelak akan memimpin
pekerjaan itu pun masih muda dan belum berpengalaman (1Taw 29:1). Maka selain
meminta dukungan dari para pembesar Israel, Daud juga memotivasi mereka untuk
memberikan persembahan bagi Bait Allah (1Taw 29:5). Namun Daud bukan hanya bisa
bicara. Ia sendiri telah lebih dulu mempersembahkan hartanya (1Taw 29:3-5).Setelah
berbicara dengan para pembesar Israel, Daud berbicara kepada segenap jemaah
(1Taw 29:1). Fokus pembicaraan adalah dukungan keuangan untuk pembangunan Bait
Suci. Pidato Daud dibagi dalam 3 bagian: [1] Penjelasan kebutuhan (1Taw 29:1),
[2] Teladan pribadi Daud (1Taw 29:2-5a), dan [3] Tantangan Daud bagi jemaah
(1Taw 29:5b).
Ajakan Daud menyebabkan para
jemaah tergerak, dimulai dari para para pemimpin Israel (1Taw 22:6). Bagian ini
dapat dibagi 2 bagian lagi: [1] Tindakan persembahan (1Taw 22:6-8) dan [2]
Respons setelah persembahan (1Taw 22:9). Ada beberapa catatan penting di sini.
Pertama, disebutkan bahwa para kepala suku, kepala puak, para kepala pasukan,
dan para pemimpin pekerjaan yang memberikan persembahan. Ini mewakili seluruh
rakyat Israel. Kedua, mereka memberikan dengan sukarela (1Taw 22:6). Tindakan
ini tidak diwajibkan, dan para pemimpin Israel memberikan persembahan lebih
dari biasanya. Ketiga, jumlah persembahan sangat besar, mencakup logam-logam
berharga dan bahkan batu permata (1Taw 22:7-8). Dengan tindakan itu, jemaah dan
Daud bersukacita (1Taw 22:9). Mereka memberi dengan sukarela dan sepenuh hati
untuk Allah, dan ada keselarasan antara raja dan rakyatnya.
Renungkan:Marilah
kita memberikan persembahan yang terbaik bagi Allah, dan persembahan yang
terbaik itu ialah berikan diri Anda sendiri! Mungkin saja kita tidak bisa
memberi persembahan dalam jumlah besar. Namun jangan berpikir bahwa dengan atau
tanpa dukungan kita pun pelayanan dapat tetap berjalan. Itu bisa saja benar,
tetapi bukan itu masalahnya. Keterlibatan melalui persembahan adalah bukti
solidaritas yang membawa sukacita besar karena kita telah memuliakan Allah
melalui pemberian bersama. Karena itu cobalah mulai melihat pelayanan-pelayanan
yang memerlukan dukungan, dan tanyakan bagaimana Anda dapat terlibat di
dalamnya.
2. Marende No 697:1 Molo Ho do huihothon
1.
Molo
Ho do huihuthon dame sonang rohangki
Sai horas jala martua nasa hinophopMi.
Ho tongtong ihuthonongku, Jesus na
palua au.
Ho sambing do oloanhu ala nii martua
au.
3.
TANGIANG ALE AMANAMI
Selasa,
24 Juni 2014
Sijahaon:
Manogot Jesaya 4:1-6 Hesekial
17:1-24
1. Marende B.E No.12 :1-2
DIPUJI ROHANGKON DO HO BL. 15
1. Dipuji rohangkon do H,o Jahowa, Tuhanki.
Huhut hubaritahon do sude pambaenanMi.
2. Huboto,
Ho do mual ni na denggan sasude.
Dilehon Ho do sian i godang di hami be.
2.Turpuk:
Johannes 1:29 “ Torang ni arina i diida si Johannes ma Jesus ro tusi, jadi
didok ma: On do Birubiru ni Debata, na mamorsan dosa ni portibi on
Birubiru
ni Debata, na mamorsan dosa ni portibi on
HATORANGAN
Yesus adalah Anak Allah. Hal ini merupakan
pengakuan iman yang sangat penting. Namun, sering kita tidak mengerti dari mana
asal pengakuan iman tersebut dan apa maknanya. Yohanes memperkenalkan Yesus
kepada orang banyak sebagai Anak Domba
Allah yang menghapus dosa dunia. Menurut tradisi Perjanjian Lama, Yesus adalah
anak domba yang akan dikurbankan maka darahnya menjadi kurban penghapus dosa.
Meskipun Yesus akan datang setelah Yohanes, keberadaan-Nya adalah kekal (Yoh
1:30). Yohanes menjadi saksi bahwa Roh Tuhan turun ke atas Yesus seperti burung
merpati (ayat Yoh 1:32). Itu adalah tanda bahwa Yesuslah Anak Allah yang akan
membaptis manusia dengan Roh Kudus. Yohanes menunjukkan kelebihan Yesus
dibandingkan dengan dirinya. Baptisan Roh Kudus lebih berkuasa dibandingkan
dengan ritual baptisan air. Yesus, Anak Allah yang kekal superior dibandingkan
dengan Yohanes yang diutus untuk mendahului-Nya. Kalau begitu untuk apa Yesus
dibaptis oleh Yohanes? Untuk menyatakan kepada orang banyak bahwa Yesus adalah
Anak Allah (ayat 31,34). Di satu sisi, Anak Domba Allah datang untuk
dikurbankan dan dicurahkan darah-Nya, di sisi lain Yesus, Anak Allah bersifat
kekal dan pribadi yang diperkenan Allah untuk mencurahkan Roh-Nya. Yesus adalah
Allah sendiri yang telah rela menjadi anak domba yang dikurbankan demi
keselamatan manusia.
Pengalaman dan pengetahuan Yohanes yang utuh
tentang Yesus sebagai Anak Allah telah mendorongnya memberi kesaksian tentang
Dia. Bagaimanakah dengan kita? Banyak di antara kita yang sering bersaksi tentang
Yesus, tetapi sungguhkah kita mengenal Yesus sebagai Anak Allah? Ada juga di
antara kita yang merasa telah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang utuh
dengan Yesus, Anak Domba Allah, tapi sudahkah kita bersaksi tentang Dia? Dengan
memahami siapa dirinya dan siapa Kristus, Yohanes tahu bagaimana dia harus
bersikap dan apa yang harus dia lakukan bagi Kristus. Dia sadar bahwa dirinya
tidak lebih dari Kristus, Dia tahu bahwa dirinya harus bersaksi tentang
Kristus. Kita yang telah menerima anugerah keselamatan dari Kristus, kiranya
juga bersikap merendahkan diri di hadapan Tuhan. Nyatakanlah itu dengan
kesediaan untuk melayani Dia dan bersaksi bagi nama-Nya. Melalui kata,
tindakan, dan hidup kita, biarlah orang lain melihat bahwa penebusan Kristus
memberi dampak yang menyatakan kuasa dan kemuliaan-Nya di dalam hidup kita.
3.
Tangiang Pangondianon
4. Marende B.E No. 407:1 PANOTNOTI MA SILANG BL. 271.
1.
Panotnoti
ma silang ni Tuhanta I nama
Morsan sude dosami,
tinggangkon sude arsak ni rohami.
Pasesahon sude
dosami.So, jo,bereng I ! Panot-noti ma silang ni
Tuhanta I, ngolumi,
ngolungki sian i.
5.
TANGIANG ALE AMANAMI
Senin,
30 Juni
2014
Manogot:Jesaya
7:10-25 Bodaari:
Hesekiel 20:18-32
1.
Marende B.E. No. No.186:1 TONGTONG TUTU NA DENGGAN DO
Ø Jahowa do haposanki Na
mangapoi rohangku
Na patiurhon
dalanki Bulus dibaen langkangku
Sonang
tongtong Rohangkinon Binaen ni Debatangku PatikNa do lomongku
2.Turpuk: Al. Apostel 5:19 Alai
bornginna i diungkap surusuruan ni Tuhan i ma angka pintu ni hurungan i,
ditogihon ma nasida tu balian.
SAI DIUNGKAP TUHAN I DO DALAN
HATORANGAN
Bagaimana sikap seharusnya
gereja menghadapi penganiayaan? Adalah fakta di negara kita bahwa jumlah gereja
yang dibakar, dirusak, dan ditutup paksa terus bertambah setiap tahunnya. Izin
mendirikan tempat ibadah juga semakin sulit, apalagi dengan diberlakukannya SKB
dua menteri. Apakah hal-hal tersebut menjadi alasan bagi gereja untuk mengambil
sikap diam dan menyerah? Atau sebaliknya, maju terus memberitakan Injil karena
itulah panggilan Tuhan pada gereja.
Keadaan gereja perdana tidak jauh berbeda dari
situasi sekarang. Saat itu banyak pemimpin agama yang iri dengan keberhasilan
gereja perdana, terutama dalam hal memenangkan jiwa bagi Tuhan. Salah satunya
adalah kelompok Saduki yang dipelopori Imam Besar (ayat 17). Mereka melakukan
tindak kekerasan dengan menangkapi para rasul. Adakah tekanan yang begitu hebat
membuat gereja perdana dan para rasul bungkam? Tidak! Mereka tetap berani dan
lantang di muka umum memberitakan Injil Tuhan Yesus. Mengapa demikian? Pertama,
karena Tuhan sendiri yang membebaskan mereka melalui malaikat-Nya. Tangan Tuhan
menyertai mereka sehingga para musuh tidak berdaya. Kedua, Tuhan juga, melalui
malaikat pembebas, memerintahkan mereka agar tetap setia memberitakan Kristus,
firman hidup itu kepada orang banyak (ayat 20).
Banyak kesaksian dari anak-anak Tuhan pada
masa lampau maupun masa kini yang mengisahkan bagaimana penyertaan Tuhan telah
membuat mereka kuat dan berani untuk tetap mengabarkan Injil walau didera
penderitaan. Tidak selalu penyertaan itu berupa mukjizat kelepasan dari tangan
musuh. Kadang, anak-anak Tuhan diizinkan menghadapi penderitaan dan bahkan
kematian. Penyertaan Tuhan mem-buat mereka sanggup menderita dan berani
menghadapi maut. Yang jelas Tuhan menjanjikan mahkota kemuliaan bagi mereka
yang tetap setia dan tidak kendur mewartakan Kristus, Firman Hidup, itu untuk
semua orang ( 2Tim 4:2,8).
3. Tangiang Pangondianon
4. Marende B.E. No. 706:1 Godang ni pasu-pasu I
1.
Godang
ni pasu-pasu I di lehon Tuhanki,
Tarlobi asi-asiMi marhite anakMi.
Jaloma pujianki, Jesus Sipalua I,
Boi au bongot tu surgo I,
Marnida hasangaponMi.
5.
TANGIANG ALE AMANAMI