Topik: Tua i halak na daulat maroha
Patujolo: Pada
dasarnya manusia memiliki potensi sikap yang baik, dan juka sikap yang buruk,
adong keinginan lahiriah dan batiniah (hagiot pardangingon dohot partondion).
Dilehon Debata do tu hita partingkian, kesempatan asa boi mangolu hita gabe
huria na nabadia, huria na marojahan tu lomo ni Tuhan ni (manusia rohani:pneumatikoi).
Marhite turpuk on dipaingot Ap Paulus do huria Korint laho pajamothon dohot
manjagahon arga ni haporseaon dohot hasadaon nasida dibagasan Kristus, i
marhite sikap ngolu:
1. Unang
pangasahon habisuhon ni portibion, kita harus menuju
arah baru manusia spiritual(1-4) meninggalkan kedagingan/dosa, Pertumbuhan
rohani datang ketika kita diubahkan oleh firman Tuhan, menjauhi dosa.
v Paulus mengkritik jemaat korintus yang mengganggap
diri orang bijak namun mereka tidak dewasa secara rohani karena tidak ampu
menerima hikmat Allah. Selama ada masih kecemburuan dan perselisihan nereka
masih manusia duniawi, sebab inti dari dientitas Krsten adalah kesatuan di
dalam Kristus
v Dalanna asa boi; ingkon olo hita paubahon hadirionta, sian
Kristen susu gabe Kristen makanan keras, sian kristen parroha daging gabe
Kristen partondi (1-4) Ingkon adong proses pertumbuhan rohani hombar tu partingkian
(1-2), menjadi dewasa secara rohani. Hata ni Debata do na margogo paulihon
ngolunta ( 2 Tim 3:16)
v Tapadao ma pangiburuon dohot
parsalisian (3-5) na boi patubuhon konflik,
parbadaan, sikap meng adu domba, sikap
“membandingbandingkan”. Ndang adong na tapangsahon diadopan ni Tuhan i, Holan
saguru di Tuhan i do saluhutna. Molo boi pe jolma mangula di portibion, ai
Debata do namanompa portibion, molo boi pe jolma manaburhon boni, ai Debata do
namanompa i saluhutna. Tudos tu si do dibahen si Palus di angka na mangula di
ulaon ni Tuhan , laos songon ni ma sikap naeng tarida di halak Kristen diganub
angka ulaon na be.
2. Unang
adong na mamintori diri sumurung ibana sian dongganna(sikap elitis, namun kekanakkanakan), jangan mengidolakan oknum manusia(jangan
mau membandingbandingkan orang lain, gereja kita dengan yang lain): alai sarupa do hita di adopan ni
Tuhan i gabe pangula ni Tuhan i (Diakonoi)[1]. Dilehon Debata do tu hita ragam ni
angka talenta (1 Kor 12, Ef 4:11), potensi, alai naeng ma tapangke i laho pasangaphon
Tuhan i, mamuji Tuhan pasangaphon Tuhan i. Didok si Paulus ”Ai dongan pangula
ni Debata do hami; hauma ni Debata, bagas ni Debata do anggo hamu( Theou sunergoi, theou gergion, theou oikodome)[2].
Kita adalah rekan kerja Allah/hanya alatNya, Kita adalah ladang Allah, Kita adalah bangunan Allah, intinya adlah Kita
adalah milik Tuhan. Dan di dalam Dia, kita saling
memiliki satu dengan yang lain.Prinsipnya kita harus menjaga kesatuan (Ef
4:1-7). Allah melakukan pekerjaanNa dengan kita, dan tanpa kita, pekerjaan itu
tidak selesai. Kita membutuhkan satu
dengan yang lain, kita tidak bisa bekerja dengan sendirian, kita harus memiliki
pertolongan satu sama lain, oleh sebab itu kita jangan menyudutkan atau
menyepelekan kelemahan dan kekurangan
orang lain,karena itu akan menimbulkan konflik/perpecahan[3]:
Sikap mau menerima kelebihan dan kelemahan sesama adalah bukti dari sikap orang
Kristen (huria naung matoras). Di dalam gereja tidak ada yang perlu di
tokohkan, tidak ada yang paling berjasa.
3. Unang adong parbolatbolanton(fasionalisme,seperti filsuf Yunani yang memiliki pengikut masing2), Pamatang
ni Kristus do hita. Sada do ojahan ni
ngolunta i ma Kristus Jesus Tuhan I, kita harus
fokus kepada Allah (5-9). Allah yang memberi pertumbuhan(kata
kerja imperpect tense, tindakan yang terus menerus), manusia hanya melakukan/ikit terlibat saja, namun buahnya hanya Tuhan
yang menentukan. Ala ni unang masipatimbo dirina hita, marasingasing pe hita asa masitupahan
do, taingot ma Kristus do ajahan ni
parsaoranta. Tajamothon ma asa unang ala ni parasingan, peberdaan pilihan dan
pendapat gabe mambahen hita marbolatbolat. Antong taehahi ma asa huria na matoras
hita, huria lam tang, asa togu hadasaonta.
4. Dengan menggunakan analogi bangunan,
maka kita semua rekan sekerja Tuhan.
Saat kita fokus pada Tuhan, maka segala sesuatu kita lihat dalam hubungan
dengan Tuhan. Kita memili fungsi, dan talenta yang berbeda namun tujuannya
adalah sama, menghasilkan panen yang berlimpah. Kita harus melawan harga diri kita, merendahkan diri dan meningglaja
dosa dan fokus pada Tuhan, dan saat itulah kita benar2 bertumbuh.
[1] Kata yunani
diakonein
artinya: melayani meja,melayani kebutuhan2 fisik Diakonoi
yang dberi tanggungjawab tertentu oleh Tuhan.
[2] Oikodome
dari kata dasar bahasa Yunani oikos dan doma. Oikos: semua manusia
satu keluarga, keluarga Allah, Gereja, satu banga, satu groub. Doma artinya,
sebuah bangunan, rumah, sebuah tempat meditasi danberdoa. (dari kata oikos
tersebutlah muncul kata ekologi-ekonomi-oikumene), oikeoi: penghuni rumah
tangga. Kata tersebut mengandung makna membangun persekutuan (komunitas),
membangun persekutuan mencakup semuan orang termasuk di dalam oikodame (kata
kerja). Oikudame adalah pembangunan yag terus menerus dari oikos sebagai satu
keseluruhan. Agar semua mendapat pemulihan, baik yang menderita, dan saling
berbagi satu dengan yg lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar