BAHAN SERMON JAMITA HKBP Pardomuan
PSALMEN 19:7-14
„Sun Denggan do Patik ni Tuhan i jala
tau pasabam roha“
Patujolo:
Patik/HukumTaurat(Ibr“Thora”,Yun:nomos)lapatanna
hukum,pengajaran,menunjukk an, memerintah. Dibagasan patik do tarida songon dia
do hadirion dohot lomo niroha ni Debata mida angka jolma i, mansai bagas do na
hinangham ni Patik ni Jahaowa. Hukum Taurat adalah suatu petunjuk atas pengajaran hidup yang merupakan
tuntutan Allah kepada manusia. Hukum
Taurat adalah dasar kehidupan yang melindungi manusia. Hukum Taurat adalah sarana Allah untuk menyatakan dirinya kepada
manusia atau umat Israel yang pertama. Hukum
Taurat berisikan perintah dan larangan. Hukum
Taurat memiliki sifat-sifat yang baik. Hukum
Taurat bukanlah sebagai perantara Tuhan dengan manusia melainkan Yesuslah yang
merupakan perantaraan tersebut
Pokok-pokok
jamita:
1.
Puji ma Debata marhite angka na tinompaNa sude, ai
marhite na tinompa ni Debata boi do idaon ni jolma hagogoon dohot huaso ni
Debata.
2.
Fungsi/Lapatan ni patik ni Debata secara universal:Na
sun denggan do patik ni Jahowa, didok marhite turpuk on adong onom lapatan ni
patik ni Debata
a. Pasabam roha : Taurat Tuhan itu Sempurna (Perfectio)-Menyegarkan Jiwa
b.
Mangalehon
habisuhon:Peraturah Tuhan itu Teguh-Memberikan hikmat
c.
Mangalehon
lasniroha :Titah TUHAN itu Tepat-Menyukakan hati, ai halak na
mangahangoluhon patik ni Debata i ma halak na mian dibagasan Ibana, na denggan
do Patik ni Debata jala nasa jolma na manghangoluhonsa dapota lasniroha
d.
Patiurhon parnidaan (penuntun hidup):
Perintah TUHAN itu Murni-Membuat mata bercahaya, hata ni Tuhan i do na gabe
sulusulu jala hatiuron asa margogo jolma i mardalan dibagasan dalan na tingkos,
di dalan hangoluan i.
e.
Ngolu na
marhabadiaon: Takut akan Tuhan itu Suci-Keabadian, hot do hata ni Debata, i do
hadirion ni Debata jala laos i do dipangido Debata sian angka na porsea di
ibana asa tongtong marhabiaran tu Ibana.Paulus mandok „Na huapoi ma hamu, ale
angka dongan, marhitehite asi ni roha ni Debata: Pasahat hamu ma dagingmuna
bahen pelean na mangolu, na badia, na hinalomohon ni Debata; i ma hadaulaton ni
na marroha. Jala unang gabe sarombang hamu dohot portibi on; alai gabe imbaru
ma hamu, dung muba pingkiranmuna, asa tau hamu manimbangi lomo ni roha ni
Debata, i ma na uli, na hinalashonna dohot na sun denggan. (Rom 12:1-2)
f.
Mangalehon
hasintongan dohot hatigoran: Hukum TUHAN itu Benar-Keadilan. Debata na sintong
jala na tigor do Debata, jala tusi do hita tarjou laho mangulahon hasintongan
dohot hatigoran. Filipi 4:8 ‚Angkup ni
i, ale angka dongan, pingkiri hamu ma nasa parange na sintong, na daulat, na
tigor, na bontor, na uli, na denggan begeon ro di sude na targoar haburjuon, na
tau pujipujian!
Dihatindahon par Psalmen i do marhite turpuk on hinaarga ni patik ni
Debata umarga sian mas, sian sere, jala tumonggi sian situak ni loba dohot
tanggule.
3.
Fungsi/Lapatan ni patik ni Debata secara
personal :
-
Gabe siparorot laho manjamothon ngolu ni jolma sian
angka ulaon na maralo tu Debata
-
Gabe dalan pasupasu/ bisa membawa orang
mendapatkan upah (ganjaran) yang diinginkan.
-
Mangaradoti patik
ni Debata gabe dalan laho mananda diri (batiniah)
-
Ala ni ma laho
manghangoluhon patik ni Tuhan i ringkot mangido gogo sian Debata
4.
Sipahusorhusoron
a. Boha do hita mangantusi tuntutan ni na mangulahon
patik, hombar tu pandohan ni Tuhasn Jesus, ia patik manghamham haholongan tu
Debata nang tu dongan jolma
b. Siparorot do patik i dihit, i do ojahan etis dohot
praktis, ai halak na mangaradoti patik gabe
mananda hahuraanganna, ulaon na ingkon siradotan, dohot sijamothonon, i
ma angka na patut-na so patut, angka na hasea-na so denggan. Suang songon i do
nang ringkot ni na mangulahon kewajiban moral maradophon dongan jolma.
c. Ndang tujuan mananang dalan laho mandapot haluaon be
patik i di halakn na porsea, alai patik i cara (etika) laho mangulahon holong
ni roha songon hataridaan, respon holong ni roha ni Tuhan i.
BAHAN SERMON
JAMITA PARTANGIANGAN
MARKUS
9:38-50
1.
Bahan khotbah
partangiangan minggu yang lalu menekankan tentang:Tindakan rendah hati dengan
menerima seorang anak kecil di dalam nama Kristus merupakan tindakan yang
benar-benar agung. Kerelaan untuk mengambil kedudukan yang rendah sebagai
pelayan inilah, bahkan melayani seorang anak kecil, merupakan tanda kebesaran
yang sejati; sebab melakukan hal itu berarti melayani Kristus dan, melalui Dia,
melayani Bapa. Termasuk di dalamnya ialah merendahkan diri dan menjadi seperti
anak kecil (Mat 18:4*)
2.
Ay 38: Mungkin
keinginan untuk mengubah pokok pembicaraan telah membuat Yohanes berbicara.
Rupanya keterangan Yesus mengenai hal-hal yang dilakukan atas nama-Nya
mengingatkan Yohanes tentang seorang pengusir setan yang pernah mereka lihat
juga mempergunakan nama Yesus. Kami cegah orang itu. Mereka terus melarang
pembuat mukjizat tak dikenal ini (bentuk waktu imperfect). Alasan mereka, ia
bukan pengikut kita, menunjukkan suatu sikap yang pada dasarnya mementingkan
diri sendiri, ketidaksediaan untuk menerima orang lain yang tidak termasuk
kelompok mereka (sikap sektarianisme)
3.
Ay 39-40 Jangan kamu cegah dia. Secara harfiah, Berhentilah melarang dia. Yesus tidak
mau bercekcok mengenai hal-hal kecil. Apabila orang itu mempergunakan nama
Kristus dalam usaha yang sungguh-sungguh untuk menolong orang lain, maka dia
tidak boleh dicegah. Suatu semangat terbuka yang seharusnya merupakan ciri khas
umat Allah ditunjukkan di sini. Pertimbangan Tuhan kita ada dua. Pertama, orang
semacam itu tidak akan mungkin segera berbalik menentang Kristus sesudah
mengadakan mukjizat dalam nama-Nya. Alasan yang kedua ialah karena orang itu
tidak melawan Kristus dan murid-murid-Nya, maka sampai tingkat tertentu dia ada
di pihak mereka.
4.
Ay 41 Ayat ini menekankan lebih lanjut sikap terbuka (inklusif) yang
ditunjukkan dalam Mrk 9:39,40*. Tidak seorang pun yang berusaha melayani Tuhan,
tak peduli betapa remehnya pelayanan itu, akan disingkirkan oleh Kristus.
Pentingnya prinsip ini tampak di dalam penggunaan kata sesungguhnya (amen), dan
dalam ungkapan negatif ganda yang kuat yang dapat diterjemahkan,… tidak akan kehilangan upahnya.
5.
Ay 42 Pikiran yang terdapat di dalam ayat ini
berkaitan dengan pikiran dalam Mrk 9:37* oleh istilah anak-anak kecil. Demikian
pula, ayat Mrk 9:42-48* berkaitan karena berpusat di sekitar pengertian tentang
berbagai penyesatan. Mungkin tindakan para murid menegur si pengusir setan
yang tak dikenal itu (ay. Mrk 9:38*) telah menyinggung Kristus. Hal ini dapat
menerangkan Kristus berbicara tentang penyesatan di sini. Iman si pengusir
setan yang belum berkembang harus dikembangkan lebih lanjut dan bukan dihalangi.
Kritikan tajam terhadap ketidakdewasaan rohani hanya akan membuat seseorang
makin menjauh dari Tuhan. Menyesatkan. Istilah Yunani skandalizo- berarti menaruh sebuah perangkap atau jerat di jalan
yang akan dilalui seseorang, sehingga membuat orang itu tersandung. Anak-anak
kecil dapat dipahami secara harfiah sebagai mengacu kepada anak-anak kecil yang
percaya, atau bisa mengacu kepada orang-orang yang kecil imannya atau yang
kerohaniannya belum berkembang. Mungkin yang terakhir itulah yang dimaksudkan Kristus.
Batu kilangan adalah batu besar datar yang diputar oleh seekor keledai dalam
penggilingan gandum.
6.
Ay 43: Yesus beralih dari soal menyesatkan orang lain
kepada soal menyesatkan diri sendiri. Mungkin saja seseorang menempatkan batu
sandungan di jalan yang akan dilewatinya sendiri. Tidak diragukan lagi bahwa
perintah untuk memenggal tangan yang menyesatkan bersifat kiasan dan bersifat hiperbol. Pengertian dari ayat ini
ialah bahwa segala hal yang membuat
seseorang terjatuh ke dalam dosa harus langsung disingkirkan. Ayat-ayat ini
tidak boleh secara harfiah sebagai memerintahkan orang untuk hidup yang
ekstrem. Harus diingat bahwa tempat dari dosa
adalah jiwa, bukan organ tubuh jasmaniah tertentu. Masuk ke dalam hidup.
Ungkapan yang sejajar dalam Mrk 9:47* ialah masuk ke dalam Kerajaan Allah.
Istilah-istilah ini merupakan lawan kata neraka dan dipahami sebagai mengacu
kepada hidup orang yang diselamatkan di dalam kerajaan kekal. Neraka merupakan
terjemahan dari kata Yunani geenna
yang merupakan peralihan dari kata Ibrani gê
hinno-m, yang artinya "lembah Hinnom." Lembah ini terletak di
barat daya Yerusalem dan dikutuk karena pernah merupakan tempat penyembahan
dewa Molokh. Tempat itu kemudian menjadi tempat pembuangan sampah kota, di mana
api terus berkobar, dan memusnahkan sampah itu menjadi abu. Sampah dan kotoran
yang dibuang di situ juga pasti banyak berulat. Di dalam pemikiran Yahudi
lembah itu menjadi lambang dari tempat penghukuman kekal.
7.
Ay 48 Bahasa ayat ini diambil dari Yes 66:24..
Ulat-ulat bangkai yang tidak mati merupakan kiasan yang diambil dari lembah
Hinnom, di mana ulat-ulat itu bekerja terus tanpa berhenti. Yang dilukiskan
adalah penyiksaan tanpa akhir dan kehancuran yang ada di neraka.
8.
Ay 49-50: Dengan mengambil garam, yang dalam Mrk 9:49*
dipakai dalam hubungan dengan neraka, Yesus selanjutnya mengatakan bahwa para
pengikut-Nya harus seperti garam, membiarkan pengaruh mereka dirasakan oleh
dunia (bdg. Mat 5:13*). Mempunyai garam dalam dirimu. Kristus memerintahkan
para murid untuk diresapi dengan pengaruh yang memurnikan ini. Untuk menjadi
pengaruh yang baik, mereka sendiri harus memiliki kebaikan itu. Hidup berdamai.
Kristus mengakhiri pembahasan itu dengan satu acuan terakhir kepada perdebatan
tentang siapa yang paling besar sebagaimana tercatat dalam Mrk 9:34*. Kedua
perintah memakai bentuk waktu sekarang, yang artinya memerintahkan untuk
dilaksanakan terus-menerus.
Renungan:
1.
Bagaimana kita menghilangkan sikap eksklusif,
sektarian, primordialisme, fanatisme yang ekstrim, tetapi membangun sikap yang
terbuka, inklusif, hal ini sangat penting dalam hidup kita yang majemuk
(plural)
2.
Hendaknya hidup kita tidak menjadi batu sandungan bagi
orang lain: segala hal yang membuat
seseorang terjatuh ke dalam dosa harus langsung disingkirkan. Dosa akan selalu
membawa hiduo kita pa kesengsaraan
3.
Pengikut Kristus hendaknya menjadi garam yang
memberikan rasa, pengaruh, manfaat, melalui perbuatan yang baik terhadap
sesama, sekecil apapun perbuatan baik akan sangat bermanfaat bagi kehidupan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar