Kamis, 06 April 2014
Sijahaon:
Ev:
Hesekiel 37:1-14 Ep:
Rom 8:6-11
1.
Marende BE No. 177:3 NDADA
TARHATAON
Ø
Jesus do manaoni dosa ni sude
Nunga
digarari do utangta be
Nunga
pola mate Tuhan Jesus i
Paluahon
hita sian dosa i.
DIPAHEHE JAHOWA DO HITA ASA UNANG
MANDATE
2.HATORANGAN
Mungkinkah orang mati
dihidupkan kembali? Bagi manusia memang mustahil, tetapi tidak ada yang
mustahil bagi Allah. Pembaruan yang akan Allah lakukan terhadap umat-Nya bagai
suatu hal yang mustahil. Bayangkan saja, waktu Yehezkiel menerima firman ini
untuk disampaikan kepada umat di pembuangan, mereka sudah ada di situ sekitar
sepuluh tahun! Segala harapan untuk bebas sudah sirna (Yeh 37:11b). Ibarat
kematian, tidak ada harapan untuk hidup lagi. Namun justru ketika segalanya
tidak bergantung pada manusia, karya Tuhan dinyatakan (Yeh 37:3)!
Kebangkitan
dari kematian ini berlangsung dalam dua tahap. Pertama, tulang-tulang yang
berserakan bergabung, diikat dengan urat dan daging dan akhirnya dibungkus
dengan kulit (Yeh 37:7-8). Jadilah sosok tubuh manusia yang utuh, tetapi belum
ada kehidupan di dalamnya. Tahap kedua, nafas hidup dihembuskan kepada tubuh
yang mati itu dan tubuh itu menjadi hidup (Yeh 37:9-10*). Apa yang bisa kita
pelajari dari proses tersebut? Ketika firman Tuhan diberitakan, ada respons
positif yang terjadi, tetapi hanya ketika Tuhan menghembuskan nafas kehidupan
maka terjadilah kehidupan sejati. Bukankah itu proses yang terjadi pada
penciptaan manusia pertama ( Kej 2:7)? Dengan ilustrasi yang berbeda,
kebangkitan umat Tuhan diproklamasikan Tuhan sendiri (Kej 2:13-14). Dari kubur,
umat Tuhan akan bangkit dan hidup. Roh Tuhan sendiri yang menghidupkan mereka.
Perikop ini bukan hendak mengajarkan doktrin kebangkitan
melainkan hendak menegaskan bahwa hidup di dalam dosa adalah kematian.
Hukuman dosa secara esensial adalah kematian karena lepas dari sumber hidup,
yaitu Allah sendiri. Oleh karena itu lepas dari belenggu dosa sama dengan
bangkit dari kematian. Hal itu tidak bisa dilakukan oleh manusia karena semua
orang telah berdosa. Hanya kasih karunia Allah yang dapat menghidupkan kembali
umat yang binasa oleh durhakanya.
Renungan: Kita
perlu mewaspadai dampak-dampak kuasa dosa yang dapat menghancurkan sendi-sendi
hidup, keluarga, pekerjaan, dan pelayanan kita. Namun, di balik semuanya itu,
perlu disadari bahwa selalu ada harapan bagi orang percaya, sebab kuasa
anugerah Tuhan yang memulihkan lebih besar dari kuasa dosa yang mematikan. Di
tengah proses ini, kita membutuhkan firman Tuhan karena firman Tuhan adalah
sumber kehidupan yang menyalakan semangat yang pudar, memberikan pengharapan
dalam keputusasaan, dan memulihkan kehancuran.
3. Tangiang
Pangondianon
4. Marende No BE435:1
1.
Marolopoloptondingkiainaung di
tobus Jesus i.
Hamusude, bege ma I, sailasrohangkumandok
I Sonangni ting ki I,
Dung jumpang Jesus Tuhanki !Tondina manga
jari au, tarbaenmarlas
Ni ro ha au !Sonangnitingki I, dung
jumpang Jesus Tuhanki.
2.
Dihaolholongnarohangki,
tungna so boi be mago i.
MataNa do manatap au, pinggolNatumangihon au.
Sonang ni………….
5. TANGIANG
ALE AMANAMI
Sabtu, 12 April 2014
Manogot; Poda
12:1-14 Bodari,
Jeremia 36:1-19
1. Marende B.E. No. No.186:1 TONGTONG TUTU NA DENGGAN DO
Ø Jahowa do haposanki Na
mangapoi rohangku
Na patiurhon dalanki Bulus dibaen langkangku
Sonang tongtong Rohangkinon Binaen ni Debatangku PatikNa do
lomongku
2. Jamita: Efesus
4:26
Ia tarrimas hamu, unang ma mardosa! Unang ma sanga mate mata ni ari, so mintop
rimasmuna
MOLO MURUK UNANG MA GABE MARDOSA
HATORANGAN
Paulus
menginginkan agar jemaat Efesus berani tampil beda dalam kehidupannya.
Tujuannya adalah agar mereka menjadi berbeda dengan orang di luar Kristus. Oleh
karena itu Paulus memberikan beberapa penekanan, yaitu: [1] moralitas bagi
kehidupan orang Kristen, di antaranya tidak berkata dusta, mampu mengendalikan
diri dalam keadaan marah, tidak emosional, dan menjaga tutur kata sehingga
tidak berkata kotor (Ef 5:25-31); [2] landasan kehidupan yang telah diletakkan
oleh Kristus, yaitu kasih-Nya yang dalam untuk umat-Nya sehingga Ia rela
menyerahkan diri sebagai persembahan kurban yang harum bagi Allah (Ef 5:2).
Antong tapatuduhon ma ngolunta songon halak kristen na mangalehon tiruon dihata
nang dipambahenan tu ganub jolma diabagasan holong ni roha.Paulus menandaskan kepada kita,
bahwa persatuan dan persekutuan jemaat terbentuk, karena Kristus sendirilah
yang memanggilnya. Kita telah dipersatukan dan persekutuan itu adalah unugerah
Tuhan kepada kita. Persatuan, kesatuan maupun persekutuan tersebut perlu kita
pelihara, perlu lebih dikukuhkan agar hal tersebut dapat terwujud. Kepada kita
telah diberikan nasihat supaya dalam persekutuan itu kita menunjukkan sikap
hidup yang harus kita lakukan, yakini menjaga sikap jangan terlanjur marah
(harus ada kecerdasan emosional). Marah itu kebalikan dari sikp lemah lembuh
dan sabar. Lemah lembut, artinya: Tidak suka bertengkar, tidak cepat emosi,
menjauhi diri dari perselisihan yang membawa kita kepada perpecahan. Lemah lembut, dapat diartikan: (1)
Seperti: Angin sejuk, dan (2) Obat mujarab. Sabar, artinya: Tabah, tekun, tahan
uji karena keyakinan iman kita kepadaNya. Dalam kesabaran tersebutlah
terkandung harapan masa depan. Sikap marah itu akana membawa pada konflik batin
dan pada akhirnya menimbulkan rasa sakit hati, iri hati dan menjadi bibit perpecahan.
3. Tangiang
Pangondinon
4. Marende B.E. No. 122:1-2 IDA HINADENGGAN NI
BL. 13
1. Ida hinadengganniAngkanasaroha i
Parpambaenannaburju Nang hatanape tutu
2. Saihushusuapna i Songonbungabunga i
Angkanatinompa i Pajengkarhontano i.
5. TANGIANG
ALE AMA NAMI
Jumat Agung, 18 April2014
Ev:
Lukas 23:33-43 Ep:
Psalmen 22:2-12
1. MarendeB.E. No.202 :1-2 HUHAHOLONGI HO
Ø
Huhaholongi ho gogongku Huhaholongi ho tongtong
Marhitehite
pambaenanku Nang sian nasa rohangkon
Ai
Ho do sumondangi au Ro di na mate au
Ø
Huhaholongi ho ngolungku Ai Ho do alealengki
Sai
naeng tongtong Ho pujionku Saleleng au sinondangMi
Holong
mamolin rohangki Di Ho o Jesuski.
MATE KRISTUS ASA MANGOLU JOLMA I
HATORANGAN
Kematian Yesus
bukanlah kematian yang sia-sia, yang dicari-cari atau pun konyol. Sebaliknya
kematian-Nya memberikan makna dan tujuan baru bagi kehidupan manusia.
Kematian-Nya pun mengungkapkan betapa berharganya jiwa manusia di mata-Nya.Ketika
tergantung di kayu salib, para pemimpin Yahudi dan prajurit mengolok-olok
ketidakmampuan-Nya menyelamatkan diri-Nya sendiri (Luk 23:35-37). Tindakan
mereka itu hanya terpusat kepada keselamatan fisik. Yesus memang telah
membuktikan bahwa Ia mampu membebaskan rakyat Yahudi dari berbagai masalah
sosial seperti penyakit dan pangan. Namun mengapa sekarang Ia tidak berdaya dan
tergantung di kayu salib? Jika demikian Ia bukanlah Mesias yang
dinanti-nantikan.
Yesus menegaskan bahwa tujuan-Nya datang ke
dunia dan mati di kayu salib bukan untuk keselamatan manusia secara fisik.
Kematian-Nya merupakan penggenapan Paskah yang selalu diperingati dan dirayakan
bangsa Israel. Paskah pertama memang merupakan pembebasan bangsa Israel dari
kekuatan Firaun. Namun sebetulnya peristiwa Paskah itu terdiri dari 2 tahapan.
Sebelum mereka keluar dari negeri perhambaan, mereka telah dibebaskan atau
diselamatkan terlebih dahulu dari murka Allah dengan darah anak domba. Kematian
Kristus telah membebaskan umat manusia yang berdosa dari murka Allah (Luk 23:43).
Kematian Kristus juga mendamaikan manusia dengan Allah yang ditandai dengan
terbelahnya tabir Bait Allah (Luk 23:45). Semua itu tidak akan tercapai jika
Kristus tidak datang ke dalam dunia dan mati.Kematian Yesus adalah karya-Nya
yang terbaik buat manusia yang terburuk, agar mereka menerima anugerah yang
terbesar yaitu keselamatan kekal. Kristen harus melakukan karya terbaik dan
termulia bagi Allah, sebagai ungkapan terima kasih yang terbesar.
Molo marungkil jala marsitaonon pe hita di
portibi on, taingot ma nunga mate Tuhan Jesus manghophop hita jolma pardosa.
Ndang sadia dope na tinaonmu martimbanghon na tinaon ni Tuhan Jesus. Ala ni i:
a.
Tajalo jala tahangoluhon ma silang ni Tuhan Jesus na tau hangoluanta. Ai
nunga patar haluaon di angka na porsea. Nunga patar hatuaon dohot hasangapon ni
angka na marungkil ala Goar ni Tuhan Jesus Tuhanta i. ( 1 Petr 4: 14 – 19).
b.
Manongtong ma hita manjangkon Jesus, jala tapapatar ma panindangionta tu
Ibana. Ala Ibana: Naung mate humonghop hita patupa hangoluanta.
c.
Gabe marngolu na imbaru ma hita manjalo jaminan las ni roha di nanidokNa
i. “Sadarion do ho rap dohot Ahu di
paradeiso”. Asa ndang be haleon Silang i di ngolunta, alai nunga gabe
mahkota perdamaian di ngolu hajolmaonta rap dohot Tuhan Jesus.Tahangoluhon ma
SilangNa i ganup ari, ala rade do Ibana manghophop hita asa di hita hangoluan
sisaleleng ni lelengna i. Amen.
3.
Marende
No 150:1-2 NDANG
AU NAMPUNA AHU BL. 125
1. Ndang au nampunaahuHulehondiringkon. TuTuhan i
RajangkuSigomgomtano on
Ai dibagasan Jesus au DiidaDebatangki Na
pasonangkon au.
2. Ndang au nampunaahu Dung mate Jesus i .Dihophop do
tondingkuDisesadosangki
Tongtong ma
hupasahat au MangunduktuTuhanku Na lambokroha i.
5.
TANGIANG ALE AMANAMI
Kamis, 24 April i 2014
Sijahaon:
Manogot Poda 16:1-16 Bodari Jeremia 40:1-16
1. Marende B.E No. 2:1 NAENG PUJIONKU HO, JAHOWA BL.113
1. Naengpujionku ho Jahowa, ai ho do Debatana
tutu i.
SaisuruTondiParbadiatu
au, asahupujigoarMi.
Marhitehite Jesus
anakMi, asalomorohaM di endengki.
2.Johannes 21:18 Na tutu situtu do na
hudok on tu ho: Andorang umposo dope ho, ho do mangkohosi dirim, laho manopot
lomo ni roham; alai dung matua ho, surdukkononmu ma tanganmu, jadi hohosan ni
na leban ma ho jala togihononna ma ho tu na so hinalomohon ni roham
DIPAIMBARU TUHAN NI
HATORANGAN
Membangun suatu hal yang baru jauh
lebih gampang dibandingkan dengan memperbaiki yang sudah rusak. Memperbaiki
yang rusak, berarti mengerjakan suatu pekerjaan dua kali. Banyak waktu telah
disia-siakan, banyak tenaga yang mubazir. Tetapi itulah yang dibuat Yesus.
Untuk itu Yesus mengajukan satu pertanyaan yang sangat jelas dan tegas kepada
Simon Petrus, anak Yohanes: "Apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada
mereka ini?" Pertanyaan ini sangat penting untuk memulihkan kasih Petrus
kepada Yesus setelah ia menyangkali-Nya tiga kali.Yesus telah menunjukkan
perhatian dan pemeliharaan-Nya bagi para murid dengan menyiapkan hidangan pagi
mereka. Namun, masih ada hal penting lain yang Dia ingin kerjakan. Sesudah
menyaksikan kubur yang kosong, Petrus memang telah yakin bahwa Guru dan
Tuhan-Nya telah bangkit. Tetapi, penyangkalannya terhadap Yesus sebanyak tiga
kali berturut-turut pasti membuat dia ada dalam tindihan beban berat rasa
bersalah. Bisa jadi juga itulah sebab mengapa Petrus dengan motif yang tidak
jelas mengajak teman- temannya menjala ikan kembali. Kini sesudah melayani para
murid dengan pemeliharaan-Nya, Tuhan Yesus mengkhususkan pelayanan pemulihan-Nya
untuk Petrus.
Percakapan Tuhan Yesus dengan Simon
Petrus bukanlah percakapan biasa. Pertanyaan yang sama, tetapi yang dilontarkan
sampai tiga kali oleh Tuhan Yesus dan dengan tekanan makna yang berbeda (Yoh
21:15,16,17), pasti akan menyentuh nurani Petrus secara
mendalam. Pertanyaan tersebut tidak saja mengingatkan Petrus tentang tiga kali
penyangkalan yang telah ia lakukan kepada Tuhan Yesus (Yoh 18:17,26,27*),
tetapi juga menuntun dia untuk menyadari bahwa Dia tidak dapat setia dan
mengasihi Tuhan hanya dengan mengandalkan kekuatan kodrat dirinya. Kasih
adikodrati seperti yang ada pada Tuhan Yesus adalah kasih yang Tuhan tuntut
darinya dan karena itu yang perlu ia peroleh dengan jalan bergantung penuh
kepada Tuhan. Selain bertanya, Tuhan juga meresponi sebanyak tiga kali dalam
bentuk penugasan “gembalakanlah domba- domba-Ku.” Matius dan Lukas mencatat
bahwa ketika Petrus sadar telah menyangkali Yesus, ia pergi keluar dan menangis
dengan sedih. Petrus terhukum oleh rasa bersalahnya. Sangat mungkin ia merasa
tidak layak dan tidak berguna lagi. Namun, Tuhan Yesus memulihkannya. Pemulihan
dari Tuhan tidak saja mengampuni, tetapi membongkar akar kesalahan,
memperbarui, dan memperlengkapi agar orang kembali masuk ke dalam rencana Allah
yang sempurna atasnya. Petrus dilayakkan kembali menjadi pemimpin dengan
menyadari bahwa ia tidak boleh memimpin mengikuti suara hatinya sebab yang
dipimpinnya adalah milik sang Gembala yang baik yang telah mati bagi mereka.
Oleh sebab itu, Sesudah dipulihkan Tuhan, bersikaplah sebagai murid yang rendah
hati dan mengandalkan kekuatan-Ny, Amen.
3.Tangiang
Pangondianon
4.Marende B.E No. 202:1, 7 B.E.
No. No. 202 HUHAHOLONGI HO BL.102
1. Huhaholongi ho
gogongkuHuhaholongi ho tongtong. Marhitehitepambaenanku
Nang siannasarohangkon
Ai Ho dosumondangi
au Ro di na mate au
7.
HuhaholongiHo tumpalhu Ho Debatangkuna
tutu. ManangbehaparsorionkuIhuthononku
Ho burju
Haholonganku Ho
tongtong Nang tospehosangkon
5. TANGIANG
ALE AMANAMI
Rabu, 30 April
2014
Manogot:Poda
18:13-24 Bodari:
Jeremia 44:15-30
1. Marende BE
No 363:14 Hamu Saluhut Harajaon
Ø Ho, Debatangku,
pujionku Patimbulonku sai tongtong
Mauliate
ma rohangku Di Ho dibaen basaM inon
Hamu
sude pe, ale dongan Dok ma mauliate i
Ai
ndang he marpansohotan Do denggan ni basaNa i.
2. Yeremia
3:15 Jala lehononku tu hamu angka parmahan, hombar tu lomo ni rohangku, jadi
marparbinotoan, jala marroha nasida marmahan hamu
PARMAHAN NA DENGGAN ROHA
HATORANGAN
Tidak mudah
menjadi hamba Tuhan di tengah-tengah kedegilan umat. Tidak jarang hamba-hamba
Tuhan justru tergelincir menjadi hamba umat, bahkan hamba fasilitas dan uang,
dengan cara menjamu umat secara duniawi dengan berkedok rohani.Hanya oleh belas
kasih Tuhan, Ia tidak selamanya menghukum umat-Nya sendiri. Sebaliknya Ia akan
membangkitkan gembala-gembala setia yang mengabdi kepada-Nya (15). Tugas mereka
adalah mengembalikan umat yang tercecer ke Yerusalem, untuk beribadah lagi
kepada Tuhan (17-18). Melalui para gembala inilah Tuhan mendorong dan
menghimbau umat-Nya untuk bertobat (21-22a).
Hanya oleh kasih setia Allah yang tak pernah
surut kepada umat-Nyalah, anugerah-Nya sekali lagi dicurahkan. Itu sebabnya,
Yeremia mencoba mewakili umat yang degil ini untuk merespons dengan benar
panggilan kasih Ilahi tersebut (22b). Sesungguhnya, ilah-ilah yang selama ini
mereka sembah hanyalah kesia-siaan belaka. Mereka sama sekali tak berdaya
menolong umat Tuhan. Hanya satu jalan, yaitu kembali kepada Tuhan. Kembali
dengan rasa malu, menyesal, dan bersalah (25). Kembali karena kasih Tuhan tidak
pernah surut, melainkan Ia terus-menerus mengulurkan tangan-Nya untuk merengkuh
umat-Nya balik ke dalam pangkuan dan pelukan kehangatan kasih-Nya.
Isi hati Allah yang terdalam sudah dicurahkan.
Bukankah seharusnya kita, anak-anak Tuhan haru dan larut dalam perasaan
sanubari-Nya? Mungkin kita dulu adalah orang yang berkhianat pada Allah, namun
karena kasih-Nya sudah dinyatakan oleh darah Kristus, sehingga kita beroleh
kehormatan lagi untuk menikmati belaian kasih Bapa. Maukah sekarang kita
menjadi gembala-gembala pilihan Allah untuk menjangkau mereka yang masih
tercecer.
Dalam hidup bergereja, ada yang disebut Gembala
Jemaat, yaitu Parhalado, dalam keluarga, adalah Bapak dan Ibu sendiri. Yesus
sendirilah Gembala bagi kita, dan kita sendirilah domba-dombaNya. Mari kita
laksanakan tugas penggem-balaan kita menurut teladan yang telah diberikan Yesus
Sang Gembala yang baik itu.
Kita harus belajar dari Gembala yang baik itu. Ada tiga krakter, pola hidup seorang gembala
yang harus kita lakukan dalam pengembangan pelayanan kawanan domba Allah.
Sebagai gembala di tengah kehidupan keluarga, masyarakat dan Gereja Tuhan,
Yesus memberi teladan bagi kita jemaatNya.
Ø
Tuhan Yesus melayani domba-dombanya dengan cara yang lembut, penuh kasih
sayang untuk memelihara domba-dombaNya.
Ø
Mengutamakan pelayanan yang terindah demi kelang-sungan hidup kawanan
domba itu. Dengan penuh perhati-an, kewaspadaan dan kasih karuniaNya.
Ø
Dia mau menggembalakan domba-dombaNya Selasa, 06 Mei 2014
Sijahaon:
Manogot:
Poda 21:1-15 Jeremia
48:25-47
1.
Marende BE No. 6:1-2 PUJI JAHOWA NA SANGAP BL. 56
1. Puji Jahowa na sangap huhut marmulia,
hamu sude na parroha na
ringgas na ria;
Marpungu be,
marolopolop sude, hamu sude manisia.
2. Puji Jahowa sigomgom
sude parluhutan,
na manogihon ho songon niiring ni tangan
dohot hosam songon
hombar tu roham sai diramoti ibana.
2.
Turpuk:Jesaya
7:11 Pangido sada tanda di ho sian Jahowa
Debatam, pangido sian banua toru, manang sian banua ginjang sahali
POS MA ROHANTA DI TUHAN I
HATORANGAN
Apa
akibat bila seseorang menolak percaya Tuhan, padahal janji-Nya jelas dan nyata?
Tuhan tidak pernah ingkar janji, tetapi menolak Tuhan berarti menolak
penyertaan-Nya. Kadang cara terakhir Tuhan pakai untuk menyadarkan kita tentang
perlunya bersandar pada Tuhan, yaitu dengan membiarkan kita mengalami dan
merasakan hidup tanpa penyertaan-Nya. Saat kita harus berjuang sendirian
menghadapi tantangan kehidupan, kita sadar bahwa hanya bersama Tuhan kita bisa
menang terhadap pencobaan. Jadi jangan tunggu sampai Tuhan harus bertindak
demikian keras baru kita mau bertobat.
Apakah
yang dipikirkan Ahas ketika ia memutuskan untuk meminta tolong kepada Asyur?
Ketika itu Ahas dalam keadaan panik dan takut, sebab Aram dan Israel akan
menyerang Yehuda. Karena ketakutannya itulah maka Ahas melakukan tindakan yang
"rasional". Sebagai seorang kepala negara, ia harus memikirkan
keselamatan bangsanya dan dirinya sendiri. Ia tidak bisa menunggu lagi karena
Aram dan Israel akan segera menghancurkan Yerusalam dan Yehuda. Ia harus
bertindak cepat, berpikir logis dan minta bantuan kepada Asyur. Harus, harus,
harus! Kelihatannya Ahas sudah terjebak dengan situasi. Pada waktu itu, memang
tidak gampang — Ahas diminta Allah untuk beriman. Dalam situasi krisis,
bukankah beriman merupakan pilihan paling akhir yang akan diambil oleh seorang
yang berpikir logis?
Ahas
diminta untuk memohon sebuah tanda. Sayang sekali, Ahas sudah menutup hatinya.
Ia tidak akan mengubah keputusannya untuk meminta tolong kepada Asyur. Karena
itu, Tuhan memberikan tanda meskipun Ahas tidak memintanya. Pemberian tanda ini
merupakan sebuah demonstrasi yang dilakukan Allah untuk menentang Ahas. Allah
ingin menunjukkan bahwa janji-Nya pasti terlaksana namun Ahas tetap buta. Tanda
yang diberikan adalah akan lahirnya seorang anak sebagai simbol Imanuel, simbol
bahwa "Allah beserta dengan kita [umat-Nya]." Namun, Ahas tetap keras
hati. Maka, Allah menunjukkan bahwa Asyur akan memusnahkan Yehuda.
Renungan: Anda
boleh merasa takut. Namun, ingat bahwa mendengarkan dan menaati Allah adalah
tindakan paling logis yang dapat ditempuh!
3.
Tangiang Pangondianon
4. Marende No BE 352:4BEHA MA
PANJALONGKU BL. 156
Ø Tibu ma ro Ibana Ipe
sai dungo ma
Naung ro lumbalumbana Ipe tangihon ma
Di buha siang ari Lao ma na holom i
Dung i satongkin nari Tiur ma sasude
5.
TANGIANG ALE AMANAMI
Senin;
12 Mei
2014
Manogot;
Poda 23:17-35 Bodari, Jeremia 51:1-33
1.
Marende BE No 363:14 Hamu Saluhut Harajaon
Ø Ho, Debatangku,
pujionku Patimbulonku sai tongtong
Mauliate ma rohangku
Di Ho dibaen basaM inon
Hamu sude pe, ale
dongan Dok ma mauliate i
Ai ndang he
marpansohotan Do denggan ni basaNa i.
2.
Turpuk:
Efesus 5:19 :Hatahon hamu ma sama hamu angka ende psalmen, angka ende
pujipujian dohot ende partondion; endehon jala puji hamu ma Tuhan i di bagasan
rohamuna
BERSUKUR
HATORANGAN
Rasa syukur, adalah
merupakan bagian yang integral dari sukacita yang diberikan Tuhan Yesus kepada
kita. Ucapan syukur, adalah tanda rasa sukacita, tentang penyertaan Tuhan atas
perjalanan hidup kita. Rasa syukur, itu harus mengalir dari tindakan dan
perbuatan kita. Sebab rasa syukur itu adalah tanda kesukaan akan dekatnya kita
dengan Allah yang setia memelihara perjalanan hidup kita. Rasa syukur itu,
timbul dari pengenalan kita akan keselamatan yang diberikan Tuhan Yesus kepada
kita, sehingga kita bersukacita dan berpengharapan akan pemeliharaan Allah.
Hidup memang tidak mudah.
Namun kalau kita menoleh ke belakang, menatap ke depan dan mengadah ke atas
dengan beriman, maka hidup ini terasa indah. Kita jadi merasa bahwa hidup ini
sungguh berharga. Buktinya Allah sendiri menghargai hidup kita. Ia menolong
kita menapaki perjalanan hidup ini dengan tuntunanNya yang penuh cinta kasih
untuk menyertai kita, selamat kepada tujuan.
Merenung seperti ini,
membuka mata kita untuk mengaku: Perjalanan hidup ini sebetulnya sangat indah.
Kita harus dapat merasakan, bahwa hidup ini patut disyukuri. Hidup itu, sungguh
berharga, pakailah semaksimal mungkin untuk memuji dan memuliakan Allah.
Bagaimana kita
memakai hidup ini semaksimal mungkin untuk memuji dan memuliakan Allah?
Buanglah segala dosa, jangan sampai ada hari-hari kita yang menjadi sia-sia,
karena kita hanya bermalas-malas, tidak peduli pada kehendak Allah, tidak
memberi isi dan makna kepada hari-hari kita. Jangan sampai ada hari yang
menjadi rusak karena kita mewarnainya dengan rasa benci, iri atau cuma
memikirkan diri sendiri. Jangan sampai ada hari yang terlewat tanpa sukacita.
Ø
Semua orang yang mengenal Dia, akan menyatakan: Besarlah nama Tuhan dan
sangat terpuji Allah kita. Tuhan telah melakukan perkara besar bagi kita dengan
melakukan “Perkara besar”. Ia telah bertindak mengasihi umatNya, dan
tindakanNya itu akan menumbuhkan sukacita di tengah kehidupan umat percaya.
Ø
Orang yang terus-menerus melakukan kehendak Allah dan mencariNya setiap
waktu, tentu akan dapat membawa kebahagian dan perdamaian dan penyembahan yang
benar di hadapan Allah. Kita sekarang telah memperoleh sikap baru, dimana kita
akan lebih setia, hidup sesuai dengan kehendak Allah.
Ø
Mari kita buahkan hari-hari hidup kita menjadi berkat bagi semua orang,
sebab dengan demikian kita dapat mem-buahkan kebahagiaan, perdamaian di alam
sekitar kita. Sebab Tuhan telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita
bersuka cita.
Ø
Untuk itu: Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan
kita Yesus Kristus kepada Allah Bapa kita.Dan rendahkanlah dirimu seorang
kepada yang lain di dalam takut akan Tuhan. Amin.
3.
Tangiang Pangondinon
4.
Marende B.E. No. 257:3. 257 RAJA NA TUMIMBUL BL. 210
Ø O ale
JahowaHutundalhonhamiDosadohotjeanami.TondidohotdagingHupasahathamiTutanganmuTuhanami.Sada do i ma Ho
SioloannamiPasangaponnami.
5.
TANGIANG ALE AMA NAMI
MINGGU,
18 Mei2014
Ev:
Ulaon Apostel 7:54-60 Ep:
Psalmen 31:2-6+16-17
1. MarendeB.E. No.202 :1-2 HUHAHOLONGI HO
Ø Huhaholongi ho
gogongku Huhaholongi ho tongtong
Marhitehite
pambaenanku Nang sian nasa rohangkon
Ai
Ho do sumondangi au Ro di na mate au
Ø Huhaholongi ho
ngolungku Ai Ho do alealengki
Sai
naeng tongtong Ho pujionku Saleleng au sinondangMi
Holong
mamolin rohangki Di Ho o Jesuski.
RAP
DOHOT KRISTUS DI PARADESO
HATORANGAN
Seakan belum cukup umat Tuhan
menyalibkan Yesus, kini mereka menambah dosa dengan membunuh seorang murid
Tuhan. Kisah martir perdana ini menunjukkan satu hal penting. Manusia berdosa
tidak berdaya memerdekakan diri mereka sendiri. Hanya anugerah Allah yang bisa
melepaskan mereka dari belenggu dosa. Di
mata Allah dan juga gereja Tuhan, kematian Stefanus bukan merupakan kekalahan
melainkan kemenangan. Itu sebabnya Stefanus mendapatkan peneguhan bahwa
saat-saat genting musuh hendak menerkam, ia melihat kemuliaan Allah dan Yesus
yang berdiri di samping kanan Allah (ayat 56). Ungkapan \’ Yesus berdiri\’ bisa
dipahami sebagai suatu penghargaan kepada Stefanus yang rela mati demi
menyatakan kebenaran Allah. Menghadapi kematiannya, Stefanus menunjukkan
kebesaran hati seperti yang diperlihatkan oleh Tuhannya, yaitu mengampuni musuh
(Luk 23:34).
Tiap
penderitaan yang Tuhan izinkan terjadi pada umat-Nya sebagai bagian dari pikul
salib selalu mendatangkan kemajuan bagi kerajaan-Nya. Injil bertambah mahsyur,
dan hamba-hamba Tuhan sejati dibangkitkan untuk menjadi agen-agen Injil Allah.
Mungkin Anda adalah salah satunya! Bagian firman Tuhan yang baru saja kita baca
ini merupakan salah satu kisah yang paling mengharukan. Ada beberapa hal yang
membuat kisah ini begitu menyayat hati. Pertama, pembunuhan ini dilakukan atas
nama Tuhan. Mereka beranggapan bahwa Stefanus menghujat Allah maka,
selayaknyalah ia dihukum rajam. Kedua, pada saat meregang nyawa, Stefanus masih
sempat berdoa agar Tuhan tidak menanggungkan dosa ini atas para pembunuhnya. Keduanya
mengakui berbuat atas nama Tuhan, tetapi berbeda motivasi. Orang Yahudi
mengkambinghitamkan Tuhan untuk melampiaskan kebencian mereka, dan melahirkan
pembunuhan. Sedangkan Stefanus mengalami ini karena keyakinannya akan kebenaran
sejati yaitu Yesus Kristus, melahirkan pengampunan.
Di
mata manusia, kematian Stefanus adalah peristiwa tragis karena tidak seharusnya
terjadi. Namun, di mata Tuhan kematian Stefanus tidak tragis dan tidak sia-sia.
Kematian Stefanus adalah bagian dari rencana Allah yang tidak sepenuhnya kita
pahami namun sekurangnya bisa kita mengerti kendati hanya sebagian. Pada saat
Stefanus dirajam, ada seorang pemuda yang menyaksikan kebrutalan para pembunuh
itu, namanya Saulus, yang belakangan kita kenal sebagai Paulus. Di kemudian
hari Paulus menjadi Stefanus yang baru, sebagai pengikut Kristus yang
merisikokan hidupnya demi Yesus Tuhan. Seperti Stefanus, Paulus pun pernah
dilempari batu; Paulus memahami makna menderita dan mati bagi Kristus sebab ia
pernah melihat kematian Stefanus yang mulia.
Renungan: Apa
yang tidak seharusnya terjadi mungkin adalah tangan Allah yang sedang
memindahkan kita ke dalam rencana-Nya.
2. Marende No 128:1-2 DITANDA DEBATANTA BL. 162
Ø DitandaDebatanta Na
di Ibana i. Na
metmetnangnabalga Di nasabangso i. NdangmagoloasonNa
Nang sadasian i. Ditogu dosudenaTuhasonangan i. Ditogu do sudenaTuhasonangan i
Ø Ditanda do
nasidaDibaenporsea do. Nasida
di hataNaNaungtunasidaro. I
do hangoluanNa I do guruNa i
Laos i do
sinjatanaMangalodosa i. Laos i do sinjatanaMangalodosa i
3.
TANGIANG ALE AMANAMI
Sabtu,
24 Mei 2014
Sijahaon:
Manogot Poda 29:1-13 Bodari Jakobus 5:12-20
1. Marende B.E No.12 :1-2
DIPUJI ROHANGKON DO HO BL. 15
1. Dipujirohangkon do H,oJahowa, Tuhanki.
Huhuthubaritahon do sudepambaenanMi.
2. Huboto,
Ho do mualninadenggansasude.
Dilehon Ho do sian i godang di hami be.
2.Turpuk:Mateus9:22
Dung i humusor ma Jesus, dibereng ma ibana, laos ninna ma: Pos ma roham, ale
inang, haporseaonmi do na pangoluhon ho! Dung i hipas ma boruboru i olat ni na
sangombas
PORSEA
MA HITA DI HUASO NI TUHAN NI
HATORANGAN
Bagi Matius, Mesias mempunyai
kuasa atas hidup dan matinya manusia. Kuasa itu tampak pada Tuhan Yesus ketika
Ia menyembuhkan wanita yang sudah dua belas tahun mengalami pendarahan dan
membangkitkan anak kepala rumah ibadat (Mat 9:18-25). Mereka sama-sama datang
kepada Tuhan Yesus dan mendapat pertolongan. Tuhan Yesus berkuasa atas kematian
dan penyakit yang 12 tahun tidak tersembuhkan. Ini membuktikan bahwa Dia adalah
Mesias yang mereka tunggu.
Hanya dengan terbuka kepada karya Yesus, seseorang akan
menerima pembaruan hidup sepenuhnya. Bila kita menolak percaya bahwa kuasa-Nya
ada dan dapat kita alami, maka kita akan seperti orang Farisi yakni tetap
tinggal buta walaupun di sekeliling kita banyak mukjizat terjadi. Atau kita
akan seperti orang banyak yang tidak mengalami apa-apa saat perempuan yang
sakit pendarahan itu disembuhkan. Atau kita seperti para peniup seruling dan
orang banyak yang menertawakan Yesus, mereka tidak melihat kuasa-Nya
dinyatakan! Hanya waktu kita memakai kaca mata iman, kuasa-Nya yang dahsyat
menjadi nyata.
Yesus memiliki
kuasa mutlak atas segala sesuatu yang ada, yang sudah ada maupun yang akan ada.
Tidak satu kondisi pun yang dapat membatasi Yesus untuk melaksanakan
kehendak-Nya. Semua mukjizat itu bersumber dari Pribadi Yesus yang berkuasa.
Anugerah Tuhan Yesus sudah tersedia bagi semua umat manusia. Dia rindu menolong
kita semua. Dia mau membebaskan dan mengangkat beban yang membuat manusia
menderita di dunia ini. Dari kisah ini kita belajar, bahwa semua itu tidak
otomatis dapat dinikmati manusia. Anugerah tidak diobral begitu saja, tetapi
diberikan kepada orang yang sungguh-sungguh haus dan merindukannya. Kita patut
meneladani tindakan-tindakan iman yang berani dari kepala rumah ibadat, dari
perempuan penyakit pendarahan, orang buta yang tidak berhenti berseru dan
mengikut Yesus, juga dari sahabat-sahabat si bisu yang dirasuk setan.
Langkah-langkah iman inilah yang menyebabkan mereka menikmati anugerah Tuhan
Yesus. Iman yang menyelamatkan adalah
ketaatan kepada Tuhan Yesus, Amen.
3.
Tangiang Pangondianon
4. Marende B.E No. 202:3, 4 HUHAHOLONGI HO BL.102
Ø Tung so jumolo Ho
hutanda Ro di nahinauliMi
Tung so jumolo Ho
huida Hoartanasumurung i
Na marsak au
huhuttungkiDibahenotongki
Ø Na lilu au
huhutmapitungUmbaenna so hutanda Ho
Na sorat au dibaenhuusungSudepardosaonku
do
Alai nuaengmananda do Rohangkinon di Ho
5.
TANGIANG ALE AMANAMI
Jumat,
30 Mei
2014
Manogot:Poda
31:1-9 Bodaari:
Hesekiel 3:22-27
1.
Marende B.E. No. No.186:1 TONGTONG TUTU NA DENGGAN DO
Ø Jahowa do haposanki Na
mangapoi rohangku
Na patiurhon
dalanki Bulus dibaen langkangku
Sonang
tongtong Rohangkinon Binaen ni Debatangku PatikNa do lomongku
2.Turpuk:Mateus 9:13 Alai laho ma hamu mangguruhon na nidok
ni hata on: "Asi ni roha do huhalomohon, ndada pelean!" Ai ndada ro
Ahu laho manjou angka partigor, asa dipauba rohana, angka pardosa do
DISESA DO DOSANTA ALA ASI NI ROHANA
HATORANGAN
Orang Parisi mencela Yesus yang
bergaul dengan orang-orang berdosa. Apalagi, Ia memanggil Matius si pemungut
cukai menjadi murid-Nya. Matius pasti tidak pernah menduga, dirinya yang
disisihkan dan dibenci oleh masyarakat, diterima dan dikasihi Yesus. Berita ini
adalah berita yang sungguh luar biasa, yang harus disebarkan oleh semua orang
percaya. Betapa banyak orang putus harapan, sesat, merasa diri tak berguna,
dibuang bahkan dibenci masyarakat. Merasa gagal, karena tidak mampu mengejar
kesalehan dan kebenaran dengan kekuatan diri sendiri. Mereka mencoba berbuat
amal dan kebajikan untuk mencari berkat dan keselamatan dari Allah. Usaha ini
seperti menambal baju tua dengan kain baru dan mengisi kantong anggur lama
dengan air anggur baru.Perbuatan yang sia-sia dan mustahil.
Orang Farisi tidak dapat menerima Yesus makan
bersama dengan pemungut cukai dan orang berdosa lain. Bagi mereka dan
masyarakat Yahudi pada umumnya, pemungut cukai punya dosa tiga rangkap.
Dianggap pengkhianat bangsa karena mau menjadi antek-antek penjajah dengan
memungut pajak dari bangsanya untuk kepentingan bangsa penjajah. Dalam
pandangan Taurat, ia seorang yang najis (Im 20:5). Ia se-orang yang bergaul
dengan orang-orang berdosa (Im 20:10) sehingga patut dikucilkan oleh
orang-orang Yahudi yang mengaku saleh. Ketika Yesus masuk ke rumah Matius dan
makan bersama-sama dengan kelompok orang berdosa, Ia dianggap sudah mencederai
kehormatan pemimpin Yahudi. Tujuan Yesus jelas, Ia datang untuk memanggil orang
berdosa pulang. Maka ketika orang-orang seperti Matius merespons panggilan
Yesus, sesungguhnya Kerajaan Surga sedang ditegakkan!
Terhadap orang Farisi yang mengkritik sikap-Nya
mengundang Matius, Tuhan Yesus balik mengkritik mereka. Mereka tidak mengerti
hakikat undangan Tuhan Yesus. Tuhan Yesus mengundang Matius karena Ia mengasihi
orang berdosa dan ingin menyelamatkannya (Mat 9:13). Sikap orang Farisi ini
menunjukkan bahwa mereka tidak merasa perlu mengikut Tuhan Yesus. Oleh karena
itu, mereka tetap tinggal sebagai orang berdosa.
Peringatan Yesus ini juga berlaku bagi kita. Kita
harus berhati-hati agar tidak memaksakan ajaran-ajaran Yesus ke dalam pola
berpikir kita, karena Ia adalah Tuhan. Ia mempunyai hak mutlak untuk menentukan
cara hidup kita. Jangan pernah mencoba memaksakan ajaran Yesus agar sesuai dengan
prasangka-prasangka yang kita miliki. Marilah kita tunduk kepada-Nya, membuka
hati dan pikiran, agar pengajaran Yesus menyatakan kepada kita jalan dan cara
yang baru untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan.Tuhan Yesus menerima kita
apa adanya, bahkan sudah mati bagi kita agar kita hidup. Tugas kita sekarang
adalah mewartakan kabar baik kepada semua orang yang sama tidak layaknya dengan
kita, Amen.
3. Tangiang Pangondianon
4. Marende B.E. No. 357:2 AI BEASA
DI BALIAN ? BL. 177
2. Iluilu ni matangku Do hupangan sai tongtong
Ala sai didok musungku Tung di dia Debatam
?
Jala maras rohangki Mingot parmasuhonki
Ro di girgir ni endengku Lao tu joro ni Tuhanku.
5.
TANGIANG ALE AMANAMI
Sabtu,
31 Mei
2014
Manogot:Poda
31:10-31 Bodaari: Hesekiel 4:1-17
1.
Marende B.E. No. No.186:1 TONGTONG TUTU NA DENGGAN DO
Ø Jahowa do haposanki Na
mangapoi rohangku
Na patiurhon
dalanki Bulus dibaen langkangku
Sonang
tongtong Rohangkinon Binaen ni Debatangku PatikNa do lomongku
2.Turpuk:2 Samuel 7:21 Ala ni
hatam, jala hombar tu roham dibahen Ho saluhut halongangan na bolon on, laho
pabotohon angka i tu naposomon
HALONGANGAN DO NA
BINAHEN NI DEBATA
HATORANGAN
Kehidupan kerohanian seorang
Kristen dapat diukur melalui kehidupan doanya. Yang dimaksud di sini bagaimana
doa itu dipanjatkan, sungguh-sungguh berkualitas dan diperkenan oleh Tuhan.
Dalam bacaan kita hari ini, kita akan melihat doa Daud dan belajar untuk
meningkatkan kualitas doa kita.
Pertama, doa
Daud mengandung unsur kontras (2Sam 7:18-21). Ia membedakan dirinya yang begitu
kecil dengan Yahweh yang begitu agung. Setelah mendengar perkataan-perkataan
Natan sebelumnya, Daud tidak dapat menahan diri untuk merasa kagum karena Daud
mengakui bahwa ia tidak berjasa sedikit pun untuk mendapatkan posisinya yang
sekarang. Semuanya adalah belas kasihan Allah.
Kedua, doa
Daud mengandung unsur doksologi atau pujian yang memuliakan Allah (2Sam
7:22-24). Kesadaran Daud tidak membuatnya menjadi kelu dan bisu, namun justru
membuatnya mengagungkan Allah, bahwa Yahweh tidak bisa dibandingkan dengan
allah-allah lainnya. Hal ini sekaligus juga membuat Israel sebagai bangsa yang
khusus karena Allahnya khusus. Bangsa Israel perlu juga berdoa seperti Daud
berdoa, merayakan kebesaran dan kebaikan Yahweh.
Ketiga,
sikap Daud tidak minder atau malu di hadapan Allah. Setelah ia menaikkan
pujiannya, Daud meneruskan dengan permohonan (2Sam 7:25-29). Allah memang tidak
perlu memberikan anugerah-Nya yang begitu besar kepada Daud. Namun, Daud
berharap agar janji Tuhan tersebut ditepati selama-lamanya. Doa yang berani ini
adalah respons yang pantas setelah ia mendengarkan firman Tuhan yang
disampaikan Natan sebelumnya. Seperti leluhurnya, Yakub (Kej 32:26), Daud tidak
akan membiarkan Allah pergi sebelum ia mendapatkan berkat-Nya. Dengan demikian,
di dalam doa ini, Daud makin memahami siapa dirinya dan siapa Allah yang
disembahnya.
Renungkan: Belajarlah hari ini untuk
mengontraskan diri Anda dengan Allah, memuji kebesaran
dan kasih-Nya, dan memohon dengan berani agar janji pemeliharaan-Nya bagi hidup
Anda terwujud.
3. Tangiang Pangondianon
4. Marende B.E. No. 275 O JESUS TUHANKI BL. 245
1. O Jesus Tuhanki HoSiparmonang i Raja tongtong
Ndangnamargogo
au Molo so Ho di au
I
pedongani au Di tano on.
5.
TANGIANG ALE AMANAMI
atas kerela-anNya sendiri, serta mau
memberikan nyawaNya untuk kepentingan hidup domba-dombaNya. Memang jelas,
inilah keunikan Gembala yang baik itu.
4.
Marende
B.E. No. 357:2 AI BEASA DI BALIAN ? BL. 177
2. Iluilu ni matangku Do hupangan sai tongtong. Ala
sai didok musungku Tung di dia Debatam ?
Jala maras rohangki Mingot parmasuhonki. Ro di girgir ni endengku Lao tu joro ni Tuhanku
5. TANGIANG
ALE AMANAMI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar