Rabu, 06 Desember 2023

1 Korintus 3:1-9, Tua i halak na daulat maroha

 1 Korintus 3:1-9

Topik: Tua i halak na daulat maroha

Patujolo

Pada dasarnya manusia memiliki potensi sikap yang baik, dan juka sikap yang buruk, adong keinginan lahiriah dan batiniah (hagiot pardangingon dohot partondion). Dilehon Debata do tu hita partingkian, kesempatan asa boi mangolu hita gabe huria na nabadia, huria na marojahan tu lomo ni Tuhan ni (manusia rohani:pneumatikoi). Marhite turpuk on dipaingot Ap Paulus do huria Korint laho pajamothon dohot manjagahon arga ni haporseaon dohot hasadaon nasida dibagasan Kristus, i marhite sikap ngolu:

1.      Unang pangasahon habisuhon ni portibion, kita harus menuju arah baru manusia spiritual(1-4) meninggalkan kedagingan/dosa, Pertumbuhan rohani datang ketika kita diubahkan oleh firman Tuhan, menjauhi dosa.

1.1.            Paulus mengkritik jemaat korintus yang mengganggap diri orang bijak namun mereka tidak dewasa secara rohani karena tidak mampu menerima hikmat Allah. Selama ada masih kecemburuan dan perselisihan nereka masih manusia duniawi, sebab inti dari identitas Krsten adalah kesatuan di dalam Kristus

1.2.            Dalanna asa boi; ingkon olo hita paubahon hadirionta, sian Kristen susu gabe Kristen makanan keras, sian kristen parroha daging gabe Kristen partondi (1-4) Ingkon adong proses pertumbuhan rohani hombar tu partingkian (1-2), menjadi dewasa secara rohani. Hata ni Debata do na margogo paulihon ngolunta ( 2 Tim 3:16)

1.3.            Tapadao ma pangiburuon dohot parsalisian (3-5) na boi patubuhon konflik, parbadaan, sikap meng adu domba,  sikap “membandingbandingkan”. Ndang adong na tapangsahon diadopan ni Tuhan i, Holan saguru di Tuhan i do saluhutna. Molo boi pe jolma mangula di portibion, ai Debata do namanompa portibion, molo boi pe jolma manaburhon boni, ai Debata do namanompa i saluhutna. Tudos tu si do dibahen si Palus di angka na mangula di ulaon ni Tuhan , laos songon ni ma sikap naeng tarida di halak Kristen diganub angka ulaon na be.

2.      Unang adong na mamintori diri sumurung ibana sian dongganna(sikap elitis, namun kekanakkanakan), jangan mengidolakan oknum manusia(jangan mau membandingbandingkan orang lain, gereja kita dengan yang lain): alai sarupa do hita di adopan ni Tuhan i gabe pangula ni Tuhan i (Diakonoi)[1]. Dilehon Debata do tu hita ragam ni angka talenta (1 Kor 12, Ef 4:11), potensi, alai naeng ma tapangke i laho pasangaphon Tuhan i, mamuji Tuhan pasangaphon Tuhan i. Didok si Paulus ”Ay 9: Ai dongan pangula ni Debata do hami; hauma ni Debata, bagas ni Debata do anggo hamu( Theou sunergoi, theou gergion, theou oikodome)[2]. Kita adalah rekan kerja Allah/hanya alatNya, Kita adalah ladang Allah, Kita adalah bangunan Allah, intinya adlah Kita adalah milik Tuhan. Dan di dalam Dia, kita saling memiliki satu dengan yang lain.Prinsipnya kita harus menjaga kesatuan (Ef 4:1-7). Allah melakukan pekerjaanNa dengan kita, dan tanpa kita, pekerjaan itu tidak selesai. Kita  membutuhkan satu dengan yang lain, kita tidak bisa bekerja dengan sendirian, kita harus memiliki pertolongan satu sama lain, oleh sebab itu kita jangan menyudutkan atau menyepelekan  kelemahan dan kekurangan orang lain,karena itu akan menimbulkan konflik/perpecahan[3]: Sikap mau menerima kelebihan dan kelemahan sesama adalah bukti dari sikap orang Kristen (huria naung matoras). Di dalam gereja tidak ada yang perlu di tokohkan, tidak ada yang paling berjasa.

3.      Unang adong parbolatbolanton(fasionalisme,seperti filsuf Yunani yang memiliki pengikut masing2), Pamatang ni Kristus do hita. Sada do ojahan ni ngolunta i ma Kristus Jesus Tuhan I, kita harus fokus kepada Allah (5-9).  Allah yang memberi pertumbuhan(kata kerja imperpect tense, tindakan yang terus menerus), manusia hanya melakukan/ikit terlibat saja, namun buahnya hanya Tuhan yang menentukan.  Ala ni unang masipatimbo dirina hita, marasingasing pe hita asa masitupahan do, taingot ma Kristus do ajahan ni parsaoranta. Tajamothon ma asa unang ala ni parasingan, peberdaan pilihan dan pendapat gabe mambahen hita marbolatbolat. Antong taehahi ma asa huria na matoras hita, huria lam tang, asa togu hadasaonta.

4.      Dengan menggunakan analogi bangunan, maka kita semua rekan sekerja Tuhan. Saat kita fokus pada Tuhan, maka segala sesuatu kita lihat dalam hubungan dengan Tuhan. Kita memili fungsi, dan talenta yang berbeda namun tujuannya adalah sama, menghasilkan panen yang berlimpah. Kita harus melawan harga diri kita, merendahkan diri dan meningglaja dosa dan fokus pada Tuhan, dan saat itulah kita benar2 bertumbuh.   

 



[1] Kata yunani diakonein artinya: melayani meja,melayani kebutuhan2 fisik Diakonoi yang diberi tanggungjawab tertentu oleh Tuhan.

[2] Oikodome dari kata dasar bahasa Yunani oikos dan doma. Oikos: semua manusia satu keluarga, keluarga Allah, Gereja, satu banga, satu groub. Doma artinya, sebuah bangunan, rumah, sebuah tempat meditasi danberdoa. (dari kata oikos tersebutlah muncul kata ekologi-ekonomi-oikumene), oikeoi: penghuni rumah tangga. Kata tersebut mengandung makna membangun persekutuan (komunitas), membangun persekutuan mencakup semuan orang termasuk di dalam oikodame (kata kerja). Oikudame adalah pembangunan yag terus menerus dari oikos sebagai satu keseluruhan. Agar semua mendapat pemulihan, baik yang menderita, dan saling berbagi satu dengan yg lain.

1 Orang yang berkonflik adalah sebuah kekalahan (1 Kor 6:1-9). Konflik akan selalu ada, jika tidak memiliki pemimpin yang berhikmat (1 Kor 6:4). Atasi konflik secara kristiani (1 Kor 1:10). Atasi konflik secepatnya (Poda 17:14)perli sikap menahan diri dan kepala dingin (Poda 17:27)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar