1 Korintus 3:1-9
Topik: Tua i halak na daulat maroha
Patujolo
Pada
dasarnya manusia memiliki potensi sikap yang baik, dan juka sikap yang buruk,
adong keinginan lahiriah dan batiniah (hagiot pardangingon dohot partondion).
Dilehon Debata do tu hita partingkian, kesempatan asa boi mangolu hita gabe
huria na nabadia, huria na marojahan tu lomo ni Tuhan ni (manusia rohani:pneumatikoi).
Marhite turpuk on dipaingot Ap Paulus do huria Korint laho pajamothon dohot
manjagahon arga ni haporseaon dohot hasadaon nasida dibagasan Kristus, i
marhite sikap ngolu:
1.
Unang pangasahon habisuhon ni
portibion, kita harus menuju arah baru manusia spiritual(1-4) meninggalkan
kedagingan/dosa, Pertumbuhan rohani datang ketika kita diubahkan oleh firman
Tuhan, menjauhi dosa.
1.1.
Paulus mengkritik jemaat
korintus yang mengganggap diri orang bijak namun mereka tidak dewasa secara
rohani karena tidak mampu menerima hikmat Allah. Selama ada masih kecemburuan dan perselisihan nereka masih manusia
duniawi, sebab inti dari identitas Krsten
adalah kesatuan di dalam Kristus
1.2.
Dalanna asa boi; ingkon olo hita
paubahon hadirionta, sian Kristen susu gabe Kristen makanan keras, sian kristen
parroha daging gabe Kristen partondi (1-4) Ingkon
adong proses pertumbuhan rohani hombar tu partingkian (1-2), menjadi dewasa
secara rohani. Hata ni Debata do na margogo paulihon ngolunta ( 2 Tim 3:16)
1.3.
Tapadao
ma pangiburuon dohot parsalisian (3-5) na boi patubuhon konflik,
parbadaan, sikap meng adu domba, sikap
“membandingbandingkan”. Ndang adong na tapangsahon diadopan ni Tuhan i, Holan
saguru di Tuhan i do saluhutna. Molo boi pe jolma mangula di portibion, ai
Debata do namanompa portibion, molo boi pe jolma manaburhon boni, ai Debata do
namanompa i saluhutna. Tudos tu si do dibahen si Palus di angka na mangula di
ulaon ni Tuhan , laos songon ni ma sikap naeng tarida di halak Kristen diganub
angka ulaon na be.
2.
Unang
adong na mamintori diri sumurung ibana sian dongganna(sikap elitis, namun
kekanakkanakan), jangan mengidolakan oknum manusia(jangan mau membandingbandingkan
orang lain, gereja kita dengan yang lain): alai sarupa do hita di adopan
ni Tuhan i gabe pangula ni Tuhan i (Diakonoi)[1]. Dilehon
Debata do tu hita ragam ni angka talenta (1 Kor 12, Ef 4:11), potensi, alai
naeng ma tapangke i laho pasangaphon Tuhan i, mamuji Tuhan pasangaphon Tuhan i.
Didok si Paulus ”Ay 9: Ai dongan pangula ni Debata do hami;
hauma ni Debata, bagas ni Debata do anggo hamu( Theou
sunergoi, theou gergion, theou oikodome)[2]. Kita adalah rekan kerja Allah/hanya alatNya, Kita adalah ladang Allah, Kita adalah bangunan Allah, intinya adlah Kita adalah milik Tuhan. Dan di dalam Dia, kita saling memiliki satu dengan yang
lain.Prinsipnya kita harus menjaga kesatuan (Ef 4:1-7). Allah melakukan
pekerjaanNa dengan kita, dan tanpa kita, pekerjaan itu tidak selesai. Kita membutuhkan satu dengan yang lain, kita tidak
bisa bekerja dengan sendirian, kita harus memiliki pertolongan satu sama lain,
oleh sebab itu kita jangan menyudutkan atau menyepelekan kelemahan dan kekurangan orang lain,karena
itu akan menimbulkan konflik/perpecahan[3]:
Sikap mau menerima kelebihan dan kelemahan sesama adalah bukti dari sikap orang
Kristen (huria naung matoras). Di dalam gereja tidak ada yang perlu di
tokohkan, tidak ada yang paling berjasa.
3.
Unang
adong parbolatbolanton(fasionalisme,seperti filsuf Yunani yang memiliki pengikut masing2), Pamatang ni Kristus do hita. Sada do ojahan ni ngolunta i ma
Kristus Jesus Tuhan I, kita harus fokus kepada Allah (5-9). Allah yang
memberi pertumbuhan(kata kerja imperpect tense, tindakan yang terus menerus), manusia hanya melakukan/ikit terlibat saja,
namun buahnya hanya Tuhan yang menentukan. Ala ni unang masipatimbo dirina hita, marasingasing pe hita asa masitupahan
do, taingot ma Kristus do ajahan ni
parsaoranta. Tajamothon ma asa unang ala ni parasingan, peberdaan pilihan dan
pendapat gabe mambahen hita marbolatbolat. Antong taehahi ma asa huria na matoras
hita, huria lam tang, asa togu hadasaonta.
4.
Dengan menggunakan analogi
bangunan, maka kita semua rekan sekerja Tuhan. Saat kita fokus pada Tuhan, maka segala
sesuatu kita lihat dalam hubungan dengan Tuhan. Kita memili fungsi,
dan talenta yang berbeda namun tujuannya adalah sama, menghasilkan panen yang
berlimpah. Kita harus melawan harga diri
kita, merendahkan diri dan meningglaja dosa dan fokus pada Tuhan, dan saat
itulah kita benar2 bertumbuh.
[1] Kata yunani diakonein artinya:
melayani meja,melayani kebutuhan2 fisik Diakonoi yang diberi tanggungjawab tertentu oleh Tuhan.
[2] Oikodome dari kata dasar bahasa Yunani oikos
dan doma. Oikos: semua manusia satu keluarga, keluarga Allah, Gereja,
satu banga, satu groub. Doma artinya, sebuah bangunan, rumah, sebuah tempat
meditasi danberdoa. (dari kata oikos tersebutlah muncul kata
ekologi-ekonomi-oikumene), oikeoi: penghuni rumah tangga. Kata tersebut
mengandung makna membangun persekutuan (komunitas), membangun persekutuan
mencakup semuan orang termasuk di dalam oikodame (kata kerja). Oikudame adalah
pembangunan yag terus menerus dari oikos sebagai satu keseluruhan. Agar semua
mendapat pemulihan, baik yang menderita, dan saling berbagi satu dengan yg
lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar